Kertas A3

Ukuran Kertas A3 di Konversi Dalam Berbagai Satuan

Sponsor

Menghafal ukuran kertas A3 tentu tidaklah mudah, mengingat ada banyak sekali seri kertas baik yang sesuai standar internasional maupun lokal. Setidaknya diperlukan tabel referensi akurat untuk dijadikan acuan oleh kamu.

Definisi kertas adalah sebuah bahan tipis yang dihasilkan dengan kompresi serat yang berasal dari pulp, biasa dipergunakan untuk keperluan menulis dan percetakan. Menjadi media paling revolusioner sejak pertama kali ditemukan hingga sekarang.

Konsumsi kertas dunia cukup besar setiap tahunnya, termasuk negara Indonesia. Disamping itu, pelaku industri ditekankan untuk menjaga kelestarian lingkungan, karena bahan dasar pembuatan kertas itu dari pohon.

Hal ini bertujuan untuk menjaga kesinambungan antara proses produksi dan kelestarian alam. Sehingga, nantinya orang -orang tetap dapat memanfaatkan kertas dalam setiap generasi.

Mengenal Kertas A3

Mengenal Kertas A3

Saat ini, terdapat beberapa seri kertas terstandarisasi secara internasional dan lokal Amerika Utara. Penyeragaman tersebut memiliki tujuan untuk menyederhanakan ukuran media kertas agar lebih simpel.

Lembaga International Organization for Standarization menetapkan kertas seri A, B dan C, lalu seri F juga R muncul sesuai dengan permintaan pasar. Disamping itu kertas Letter, Legal, Ledger dan Tablod dikenal dengan ukuran umum Amerika Utara.

Nah, selanjutnya kertas A3 merupakan bagian dari seri "A" yang terdiri dari sebelas jenis yaitu A0, A1, A2, A3, A4, A5, A6, A7, A8, A9 dan A10. Telah menyandang lisensi ISO 216, menjadikannya seri yang paling banyak dipakai oleh masyarakat dunia.

Pemanfaatan kertas A3 memang cocok bagi bidang desain dan promosi produk. Berikut contoh penggunaan A3 dalam kehidupan sehari - hari :

Desain dan Promosi

Desain memang identik dengan kepentingan promosi yang mengutamakan tampilan menarik. Entah itu dalam bentuk digital atau media cetak memerlukan ukuran yang ideal.

Nah, ukuran kertas A3 ini mempunyai dimensi yang pas bagi konten desain, tidak terlalu besar ataupun kecil. Dimana, kalangan profesional sering memanfaatkannya untuk membuat selebaran, foto kampanye, brosur dan sebagainya.

Perkantoran dan Pemerintahan

Beberapa instansi pemerintah maupun swasta tentunya kerap kali berhubungan dengan berbagai macam barang yang menggunakan kertas. Barulah roda operasional sebuah instansi dapat berjalan sebagaimana mestinya.

Nah, seringkali kita melihat macam - macam barang di sebuah instansi yang memanfaatkan dimensi ukuran kertas A3 diantaranya agena, map perusahaan, amplop coklat dan lain - lain.

Tabel Ukuran Kertas A3

Ukuran Kertas A3

Referensi mengenai tabel ukuran kertas a3 sangat diperlukan oleh sebagian orang. Hal ini akan mempermudah mereka ketika mengatur ukuran dokumen atau kanvas pada software editing.

Ukuran disini memiliki pengertian dimensi lebar dan tinggi dari media kertas yang diletakan pada posisi tegak (potrait). Seri A3 terbagi menjadi dua tipe yaitu "A3" dan "A3 plus".

Berikut tabel ukuran kertas A3 dalam berbagai satuan panjang :

Satuan KertasLebarTinggi
A3 - milimeter297 mm420 mm
A3 - centimeter29,7 cm42 cm
A3 - inchi11.69 in16.54 in
A3 - pica70.16 pc99.21 pc
A3 - point841.85 pt1190.55 pt

Masyarakat Indonesia cenderung memakai satuan panjang centimeter dalam proses editing di komputer. Namun, kembali lagi kepada selera masing - masing pengguna.

Berikut tabel ukuran kertas A3 dalam satuan pixel :

Satuan KertasLebarTinggi
A3 - 72 ppi842 px1911 px
A3 - 150 ppi1754 px2480 px
A3 - 300 ppi3508 px4960 px
A3 - 600 ppi7016 px9920 px
A3 - 1200 ppi14032 px19842 px

Desain grafis bisa menggunakan satuan pixel dalam proses editing di komputer. Karena satuan jenis ini memang diperuntukan untuk membuat hasil cetak grafis terlihat bagus.

Ukuran kertas A3 plus muncul sebagai variasi dari A3 standar, dengan dimensi yang sedikit lebih panjang.

Berikut tabel ukuran kertas A3 plus :

Satuan Kertas LebarTinggi
milimeter329 mm483 mm
centimeter32.9 cm48.3 cm
inchi12.9 in19 in
point932.7 pt1369.3 pt

Mencetak ke dalam media kertas A3 hanya bisa dilakukan oleh printer laser kelas bisnis atau mesin cetak offset. Jadi, penggunaanya hanya untuk kalangan tertentu saja.

Cara Setting Kertas A3

Software editing biasanya telah menyediakan berbagai ukuran kertas yang memiliki lisensi internasional dan Amerika Utara. Namun, tidak semua ukuran disertakan secara bawaan, sehingga terkadang pengguna perlu melakukan pengaturan sendiri.

Berikut cara setting kertas A3 pada software editing :

  • Buka aplikasi editing dokumen atau foto yang akan kamu pakai.
  • Masuk ke pengaturan dokumen atau kanvas, letak menu berbeda - beda untuk setiap software.
  • Selanjutnya tentukan "Paper Size" atau "Canvas Size" dengan dimensi lebar dan tinggi kertas A3.
  • Simpan pengaturan kertas yang sudah ditentukan, lalu mulai bekerja dengan dokumen atau grafis.

Jenis kertas A3 di pasaran juga bermacam - macam diantaranya HVS, stiker cromo, art paper dan karton.

Berikut contoh merk kertas A3 yang cukup populer :

  • Sidu A3 - 70gsm
  • PaperOne A3 - 70gsm
  • Bola Dunia A3 - 70gsm

Kesimpulan

Penggunaan ukuran kertas A3 dan A3+ memang jarang, karena hanya kalangan profesional saja yang membutuhkannya. Dimensi lebar dan tinggi nya memang cocok untuk media desain dan promosi.

Prinsip dasar dalam mengatur ukuran kertas di software komputer ialah dengan masuk ke pengaturan dokumen, selanjutnya tentukan ukuran "Paper Size" atau "Canvas Size". Dengan demikian, siapapun pasti bisa setting kertas pada software.

Demikian pembahasan mengenai materi Ukuran Kertas A3 di Konversi Dalam Berbagai Satuan. Semoga bisa menjadi referensi dan bermanfaat bagi kamu yang memiliki rencana memakai rasio dari A3 ini.

enterlaptop-phone