Kertas A2

Ukuran Kertas A2 di Konversi Dalam Berbagai Satuan

Herfia
Sponsor

Ukuran Kertas A2 - Dalam kehidupan sehari - hari, kita tidak dapat lepas dari sebuah benda yang bernama "kertas". Konsumsi kertas dunia semakin meningkat setiap tahunnya, seiring dengan bertambahnya populasi manusia.

Penggunaan kertas masih tetap eksis hingga saat ini, meskipun era digitalisasi sudah populer. Ini terjadi karena pada beberapa kondisi media kertas tetap dibutuhkan.

Contoh mudahnya yaitu Ijazah, Paspor, Buku Nikah dan sebagainya memang harus dalam bentuk fisik sebagai bukti yang otentik. Indonesia termasuk salah satu negara penghasil kertas terbesar di dunia.

Pihak industri sendiri memproduksi kertas dalam berbagai model dan ukuran yang salah satunya adalah "Kertas A2". Apakah kamu pernah mendengar istilah tersebut? Jika belum, yuk kita simak penjelasan lengkapnya!

Mengenal Kertas A2

Mengenal Kertas A2

Ukuran dapat di definisikan sebagai perhitungan dimensi lebar dan tinggi sebuah media, dengan persepsi bahwa benda tersebut terletak secara "potrait". Dengan demikian, kamu akan lebih mudah memahami pembahasan yang akan saya terangkan berikutnya.

Pada masa periode awal, menghafal ukuran kertas menjadi sebuah mimpi buruk bagi semua orang. Hal ini bukan tanpa alasan, kalangan industri dari setiap negara di dunia memiliki persepsi masing - masing. Oleh karena itu, dibuatlah sebuah standarisasi lokal Amerika Utara dan Internasional (ISO).

Hingga akhirnya lahir beberapa ukuran kertas seperti seri A, B, C, F, dan R. Disamping itu, kertas lokal Amerika Utara dikenal dengan letter, legal, ledger dan tabloid.

Ukuran kertas A2 merupakan bagian dari seri A yang terdiri dari sebelas jenis diantaranya A0, A1, A2, A3, A4, A5, A6, A7, A8, A9 dan A10. Setiap tipe mempunyai kegunaan yang berbeda - beda.

Khusus ukuran kertas A2 sering digunakan untuk kepentingan berikut ini :

  • Peta, merupakan gambaran permukaan bumi yang diperkecil dengan menggunakan skala tertentu.
  • Diagram, merupakan sebuah informasi dalam bentuk dua dimensi yang berisi grafik, tabel dan garis.
  • Poster, sebuah seni desain grafis berisi huruf dan gambar yang dituangkan diatas kertas khusus.
  • Arsitektur, sebuah seni perancangan struktur dan konstruksi bangunan.

Di pasaran, kertas A2 juga mempunyai gramasi yang berbeda, yang menandakan berat atau bobot dari sebuah kertas. Ketentuan GSM (gram per square meter) ini ditetapkan dalam ISO 536.

Berikut contoh gramasi kertas A2 yang bisa kamu pilih :

  • Kertas A2 - 110GSM
  • Kertas A2 - 150GSM
  • Kertas A2 - 160GSM
  • Kertas A2 - 200GSM
  • Kertas A2 - 220GSM

Ukuran Kertas A2

Ukuran Kertas A2

Ukuran kertas A2 telah memiliki lisensi standar internasional berupa ISO 216, bagian dari A series. Dengan adanya standarisasi, A2 ini akan memiliki dimensi yang sama dimanapun kamu berada.

ISO sendiri merupakan kesepakatan dari lembaga International Organization for Standarization yang beranggotakan perwakilan dari setiap negara di dunia. Bertugas menetapkan beragam standar termasuk ukuran kertas.

Berikut tabel ukuran kertas A2 dalam berbagai satuan :

Kertas A2LebarTinggi
milimeter420 mm594 mm
centimeter42 cm59.4 cm
inchi16.54 in23.39 in
point1191 pt1684 pt

Kamu dapat memilih salah satu satuan sesuai dengan keinginan, tetapi Indonesia cenderung memakai centimeter dalam aktivitas pengukuran.

Berikut tabel ukuran kertas A2 dalam satuan pixel :

Ukuran Kertas LebarTinggi
A2 - 72ppi1191 px1684 px
A2 - 96ppi1587 px2245 px
A2 - 150ppi2480 px3508 px
A2 - 300ppi4961 px7016 px

Satuan pixel ini sangat cocok bagi mereka yang terjun di dunia desain grafis. Ketajaman gambar dalam pencetakan tergantung dari besarnya resolusi yang digunakan oleh pengguna.

Cara Setting Kertas A2

Setelah kamu mengetahui ukuran kertas A2 secara pasti, selanjutnya tinggal membuat pengaturan dokumen pada software komputer. Dengan demikian, hasil printing akan presisi dan tidak terpotong.

Berikut cara mudah setting kertas A2 di semua software :

  • Buka software dokumen atau grafis editor favorit kamu.
  • Masuk ke pengaturan dokumen, kemudian pilih "Paper Size" atau "Canvas Size".
  • Entri ukuran kertas A2 sesuai dengan satuan yang kamu pilih, jika perlu atur pula "Margin".
  • Selesai.

Berikut ini beberapa provider kertas A2 yang ada di pasaran :

  • Canson Fino Face A2 - 110GSM
  • Canson Montival A2 - 220GSM
  • Arto A2 - 200GSM
  • A2 - Karton
  • A2 - Manila

Nah, banyak sekali software editing yang cukup tangguh untuk urusan pengolahan dokumen dan grafis, baik yang gratis maupun berbayar. Diantaranya MS. Office, WPS Office, Libre Office, Gimp, Inkscape, Scribus, Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, Corel Draw, Corel PaintShop Pro dan sebagainya.

Kesimpulan

Kertas A2 merupakan salah satu bagian dari seri "A" yang telah memiliki standar internasional ISO 216. Ukurannya dapat di konversi kedalam berbagai satuan sesuai keinginan pengguna.

Pemanfaatan kertas A2 ini memang tidak terlalu banyak, cenderung hanya untuk keperluan komersil, pendidikan dan pemerintahan. Contoh penggunaanya seperti Poster, Peta, Diagram, Lukisan dan lain - lain.

Demikianlah pembahasan mengenai Ukuran Kertas A2 yang di Konversi ke Dalam Berbagai Satuan. Semoga bisa menambah ilmu dan wawasan kamu, terutama bila ingin terjun di dunia percetakan maupun penerbitan.

enterlaptop-phone