Kertas A1

Ukuran Kertas A1 di Konversi Dalam Berbagai Satuan

Herfia
Sponsor

Ukuran Kertas A1 - Sejak zaman dahulu, manusia berusaha mempresentasikan perasaannya melalui tulisan. Tetapi media pendukungnya belumlah memadai seperti saat ini memakai kertas.

Awalnya mereka menulis dan melukis pada dinding gua, kulit hewan yang dikeringkan serta pelepah daun. Seiring perkembangan teknologi, sekitar abad pertengahan ditemukanlah cara membuat kertas.

Meski proses pembuatannya masih sederhana, tetapi hal itu menjadi titik awal kebangkitan ilmu pengetahuan. Kita tidak bisa membayangkan, kira - kira bagaimana wajah dunia tanpa adanya kertas.

Media kertas mampu mengabadikan beragam ilmu, seni, politik dan hiburan. Dimana tulisan yang tertera akan tetap terjaga melewati lintasan masa atau waktu. Kini, kita bisa mengetahui isi sejarah, orang - orang hebat sebagai penemu serta catatan penting lainnya.

Semua bisa terwujud berkat adanya media kertas yang mengabadikan segala sesuatu yang ada di fikiran manusia. Nah, kini konsumsi kertas dunia terus meningkat walaupun era digitalisasi tengah populer.

Mengenal Kertas A1

Mengenal Kertas A1

Sebelum kita membahas ukuran pastinya, penting sekali mengenal asal usul kertas A1 ini. Ketika industri pengolahan kertas bergerak untuk pertama kalinya, di pasaran muncul banyak ukuran dan jenis kertas.

Setiap negara berbeda - beda, hal ini menjadi mimpi buruk bagi perindustrian dengan keberagaman ukuran tersebut. Berangkat dari sini, dibentuklah badan internasional yang mengatur standarisasi berbagai hal termasuk juga kertas.

Kertas A1 masuk ke dalam seri "A" yang terdiri dari A0, A1, A2, A3, A4, A5, A6, A7, A8, A9 dan A10. Ukurannya telah dilakukan standarisasi internasional berupa ISO 216. Dengan demikian, dimanapun kamu berada dimensinya akan sama dan tetap.

Berikut contoh penggunaan ukuran kertas A1 dalam kehidupan sehari - hari :

Poster

Hampir semua orang tentunya pernah melihat poster, berarti sebuah media publikasi yang terdiri dari gambar, tulisan serta keduanya. Tujuan poster dibuat cenderung bersifat komersil atau periklanan.

Kita bisa membuat poster sederhana dengan bantuan software komputer dan ke percetakan bila ingin hasil yang lebih baik. Nah, desain poster ini pada umumnya memanfaatkan ukuran kertas A1.

Koran

Sebelum ditemukannya smartphone, koran dan televisi menjadi media informasi yang paling laris pada masanya. Koran ini biasa disebut juga "Surat Kabar", yaitu sebuah penerbitan ringan yang berisi berita terkini dituangkan ke dalam kertas.

Sifat kertas koran sendiri biasanya tipis, memanfaatkan standar ukuran dari seri "A1", sehingga tulisan dan gambar terlihat jelas. Selain itu, mampu menampung lebih banyak konten di dalamnya.

Biaya pembuatan kertas koran relatif rendah, karena tidak mengutamakan kualitas. Hal ini bisa terlihat dari tampilannya yang buram, tipis dan mudah di daur ulang.

Beberapa vendor koran terkenal diantaranya :

  • Pikiran Rakyat
  • Kompas
  • Jawa Pos
  • Sindonews

Koran pada umumnya terbit setiap hari, namun kini pangsa pasarnya telah menurun. Hanya kalangan tertentu saja yang berlangganan surat kabar seperti pemerintahan dan perkantoran.

Desain

Dimensi ukuran kertas A1 yang luas sering dimanfaatkan sebagai media seni lukis dan desain. Kalangan professional dapat mengekspresikan ide mereka ke dalam sebuah karya diatas kertas.

Kertas desain berukuran A1 mengutamakan kualitas, sehingga bobot atau gramasi sangat diperhatikan. Kertas dengan berat minimal 160 gram disebut sebagai "Ketebalan Kartu".

Ukuran Kertas A1

Ukuran Kertas A1

Istilah ukuran mengacu pada perhitungan lebar dan tinggi sebuah dimensi kertas dengan posisi tegak (potrait). Bisa dibilang lebar kali tinggi sama dengan luas media.

Kertas A1 ada di dalam daftar seri "A" dengan standar ISO 216 yang ukurannya sama di manapun kamu berada. Yang membedakan hanya konversi satuan saja.

Beberapa jenis satuan yang sering digunakan misalnya milimeter, centimeter, inchi, pica, point dan pixel. Kamu hanya perlu memilih salah satu sesuai dengan kebutuhan masing - masing.

Berikut daftar ukuran kertas A1 dalam berbagai satuan :

SatuanLebarTinggi
milimeter594 mm841 mm
centimeter59.4 cm84.1 cm
inchi23.39 in33.11 in
pica140.3 pc298.6 pc
point1684 pt2384 pt

Satuan internasional berupa centimeter umumnya di pakai oleh masyarakat Indonesia. Jadi, pastikan pengaturan ukuran telah diubah terlebih dahulu kedalam "cm", pada software editing kamu.

Berikut daftar ukuran kertas A1 dalam satuan pixel :

ResolusiLebarTinggi
A1 - 72 ppi1684 px2384 px
A1 - 150 ppi3508 px4967 px
A1 - 300 ppi7016 px9933 px
A1 - 600 ppi14043 px19866 px
A1 - 1200 ppi28066 px30732 px

Satuan pixel ini hanya dibutuhkan untuk mengolah konten desain, hasil cetak ditentukan oleh ukuran resolusi yang dipakai oleh pengguna.

Kesimpulan

Kertas A1 menjadi bagian dari seri "A" yang telah mendapat standar internasional berupa ISO 216. Sehingga ukuran kertas ini akan sama di seluruh Negara.

Pemanfaatan ukuran kertas A1 cenderung bagi kalangan profesional, penerbitan dan percetakan saja. Mengingat dimensinya yang besar hanya cocok untuk keperluan komersil.

Demikian penjelasan lengkap mengenai Daftar Ukuran Kertas A1 di Konversi Dalam Berbagai Satuan. Semoga bisa memberi manfaat, menambah ilmu dan wawasan bagi semua.

enterlaptop-phone