Ukuran Kertas A0

Ukuran Kertas A0 di Konversi Dalam Berbagai Satuan

Herfia
Sponsor

Apakah kamu pernah mendengar istilah "ukuran kertas A0"? Sebagian orang mungkin sudah tahu, tetapi ada juga yang tidak mengenalnya sama sekali.

Dalam aktivitas sehari - hari, kita seringkali menggunakan berbagai barang hasil dari olahan bubur kertas. Contoh sederhananya yaitu buku tulis, dus benda elektronik, nota belanja, struk ATM dan sebagainya.

Bisa kita bayangkan, tanpa adanya beragam barang olahan kertas tersebut, maka perekonomian dan tekologi tentunya tidak akan seperti saat ini. Begitu pentingnya, hingga konsumsi kertas dunia cenderung meningkat setiap tahunnya.

Disisi lain, pemerintah selalu menganjurkan kepada semua pihak agar tetap menjaga keseimbangan alam, dengan tidak menebang pohon sembarangan. Mengingat bahwa pohon ini menjadi bahan baku pembuatan kertas.

Mengenal Kertas A0

Mengenal Kertas A0

Bila kamu terjun di usaha percetakan, penting sekali untuk memahami beragam jenis, ukuran serta kegunaan kertas. Dengan demikian, setiap pembeli akan memperoleh apa yang mereka inginkan.

Kertas A0 merupakan salah satu tipe yang telah memiliki standarisasi paten mengenai ukuran pastinya. Kertas seri A terdiri dari sebelah bagian mulai dari A0, A1, A2, A3, A4, A5, A6, A7, A8, A9, A10. Jenis ini paling banyak dipakai oleh semua negara di dunia, dibandingkan dengan seri lainnya.

Kertas A0 cenderung di manfaatkan sebagai bahan baku untuk memproduksi seri A lain seperti A4 atau A5. Caranya dengan melakukan pemotongan menjadi bagian yang lebih kecil.

Alasannya, saat ini belum ada printer yang mampu mencetak dengan ukuran kertas A0. Oleh karena itu, penggunaan kertas A0 secara umum sangat jarang, karena cukup besar.

Beberapa keunikan tentang kertas A0 :

  • Dijadikan sebagai bahan dasar pembuatan kertas seri A lainnya dengan ukuran yang lebih kecil.
  • Hanya dimanfaatkan oleh industri produksi percetakaan atau pelaku usaha saja.
  • Menjadi kertas dengan ukuran paling besar dibandingkan seri A lainnya.
  • Terdaftar resmi di lembaga standarisasi internasional yang biasa disebut "ISO".

Ukuran Kertas A0

Daftar Ukuran Kertas A0

International Organization for Standarization (ISO) merupakan sebuah badan internasional yang menetapkan standar kertas seri A yang terdiri dari 11 bagian. Ukurannya telah ditetapkan secara paten dengan mengambil dasar mulai dari A0 yang luasnya setara meter persegi.

Selanjutnya terdapat A1, A2, A3, A4, A5, A6, A7, A8, A9, dan A10, setiap nomor di belakang huruf "A" menyatakan setengah ukuran dari angka sebelumnya. Misalnya A1 merupakan sebagian atau "1/2" dari A0, begitu seterunya.

Ukuran kertas merupakan dimensi panjang dan lebar dari sebuah media. Nah, seri A0 telah masuk dalam daftar standar ISO sehingga dimensinya akan sama dimanapun kamu berada. Hal ini tentu mempermudah pelaku industri dalam memproduksi beragam produk olahan kertas.

Yang membedakan hanyalah konversi satuannya saja, karena setiap negara menganut alah ukur yang berbeda - beda. Kita mengenal beberapa satuan yang umum seperti milimeter, centimeter, inchi dan pixel.

Berikut ukuran kertas A0 di konversi kedalam berbagai satuan :

SatuanLebarTinggi - Panjang
milimeter841 mm1189 mm
centimeter84,1 cm11,89 cm
inchi33,11 inc46,81 inc
meter0.8 m1,2 m
pica198,6 pc280,8 pc
point2384,2 pt3370,8 pt
pixel - 300ppi9933 px14043 px

Ukuran Kertas A0 di Komputer

Walaupun saat ini tidak ada printer yang mampu mencetak dokumen pada selembar kertas A0, tetapi kita masih bisa melakukan pengaturan ukuran A0 ini pada software komputer. Sebagai bahan pengetahuan bagi kamu, agar lebih memahami tata cara "setting layout".

Berikut beberapa software editing yang mampu mengatur ukuran kertas :

  • Microsft Office 2003, 2007, 2010 hingga yang paling baru.
  • Libre Office semua versi.
  • WPS Office.
  • Corel Draw
  • Inkscape
  • Adobe Photoshop
  • Adobe Ilustrator
  • Gimp
  • Krita

Sebenarnya masih banyak software lain yang tidak bisa saya sebutkan satu - persatu. Hal paling utama ketika ingin membuat ukuran kertas ialah masuk ke menu pengaturan dokumen, kemudia masukan "paper size" sesuai dengan kebutuhan kamu.

Kesimpulan

Kertas A0 merupakan salah satu dasar dari semua seri A, yang teah memiliki standarisasi internasional ISO. Dengan demikian, setiap negara di dunia mempunyai persepsi yang sama mengenai A0 ini.

Dalam kehidupan sehari - hari, kertas A0 memang jarang digunakan untuk kepentingan pribadi. Karena cenderung dibuat bahan dasar untuk pembuatan kertas seri A lainnya yang lebih kecil.

Demikian pembahasan mengenai Ukuran Kertas A0 di Konversi Dalam Berbagai Satuan. Semoga pembahasan singkat ini bisa menjadi referensi buat kamu dan bermanfaat bagi semuanya.

enterlaptop-phone