Tips Memilih TV LED Bagus, Awet dan Berkualitas

Tips Memilih TV LED Bagus, Awet dan Berkualitas

Sebelum membeli TV LCD / TV LED baru, cobalah untuk mempelajari bagaimana cara Memilih TV LED yang Bagus, Awet dan Berkualitas. Seperti mempelajari Merk TV LED Bagus dan Awet, juga mempelajari Spesifikasi TV LED yang anda butuhkan.

TV LED yang murahan akan cepat rusak, tetapi TV LED Murah belum tentu murahan. Saat ini, hiburan sudah menjadi kebutuhan pokok dan kehadiran televisi di rumah terasa sangat diperlukan. Setelah anda sibuk bekerja dan beraktifitas, hiburan akan menjadikan suasana lebih rileks. Diperkirakan sekitar 90% kehidupan masyarakan masa kini tidak dapat dipisahkan dari yang namanya TV.

Tips Memilih TV LED Bagus, Awet dan Berkualitas
Masyarakat umum biasanya membeli TV LED dengan mempertimbangkan beberapa hal berikut ini :

  • Harga yang di tawarkan lebih murah
  • Ukuran layar yang dibutuhkan
  • Merk menjadi pertimbangan dalam memilih
  • Desain dan model TV LED

Kali ini Herfia akan memberikan Tips Memilih TV LED Bagus, Awet dan Berkualitas untuk memudahkan anda dalam menentukan merk TV LED mana yang akan dibeli.

1. Mengetahui Jenis-Jenis TV

Televisi memiliki beberapa jenis jika dilihat dari teknologi yang di pakainya. Masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangannya. Berikut jenis-jenis televisi :

  • TV Tabung
    Menggunakan teknologi lama dan sudah tidak cocok di pakai saat ini. Dinamakan juga TV CRT (menggunakan elektron yang ditembakan ke layar sehingga mewarnai menimbulkan suatu gambar)
  • TV Plasma
    Menggunakan sel Plasma yang merupakan Fluorescent sebagai dasar pencahayaan. Plasma TV masih membutuhkan daya yang lebih besar dari LCD.
  • TV LCD
    LCD bekerja dari serangkaian lampu teknologi CCFLs (Cold Cathode Fluorescent Lamps) di belakang layar. Kualitas gambar akan menurun jika dilihat dari sudut pandang yang lebar.
  • TV LED
    LED TV merupakan pengembangan dari LCD TV dimana jenis ini menggunakan LED Backlight sebagai pengganti cahaya fluorescent. LED TV merupakan penyempurnaan jenis TV yang lain dan memiliki banyak keunggulan.
  • TV OLED
    Lebih baik dari TV LED, tetapi saat ini harganya sangat tinggi. Jadi saya tidak akan membahasnya.

Tabel Perbandingan TV Tabung – TV Plasma – TV LCD – TV LED

FiturTV TabungTV PlasmaTV LCDTV LED
HargaPaling MurahMurahMahalPaling Mahal
DayaBorosBorosHematPaling Hemat
KeawetanTahan LamaTahan LamaSedangSedang
Sudut PandangBaikBaikKurang BaikPaling Baik
Kualitas GambarSedangSedangBaikPaling Baik
Refresh RateTinggiTinggiRendahTinggi
UkuranBerat, Tebal, BesarBerat, Tebal, BesarRingan, TipisPaling Ringan, Paling Tipis


Dari tabel diatas dapat disimpulkan bahwa jenis TV LED pantas di beli dan menjadi pilihan utama.
Tips Memilih TV LED Bagus, Awet dan Berkualitas

2. Resolusi Layar TV

Hal kedua yang perlu anda perhatikan dalam membeli TV berkualitas yaitu resolusi layar. Saat ini LED TV yang paling dominan beredar di pasaran memiliki resolusi minimal HD.

  • HD – High Definition ( 1280 x 720 )
  • Full HD – Full High Definition ( 1920 x 1080 ) – rekomendasi
  • UHD – Ultra High Definition ( 3840 x 2160 )

Resolusi UHD biasa disebut juga 4K. Nah, jika anda akan membeli TV LED, resolusi minimal yang saya sarankan yaitu Full HD. Resolusi layar full HD merupakan resolusi minimal TV masa depan.

Bentuk layar televisi :

  • Televisi layar datar, lebih direkomendasikan karena tidak menimbulkan distorsi gambar dan sudut pandang lebih luas.
  • Televisi layar lengkung, memiliki kelemahan distorsi gambar dan mengurangi kualitas sudut pandang mata.

Bentuk TV LED yang tipis terkadang menimbulkan kesan ringkih. Banyak yang mengkhawatirkan kerusakan TV LED akibat guncangan atau benturan. Untuk mengatasi ini, produsen mengembangkan teknologi pada panel TV.

Jenis panel layar televisi :

  • Panel VA
    Kelemahan jika layar di tekan akan ada bekas tekanan, gambar blur atau ada bercak putih. Soft panel.
  • Hard Panel IPS
    Gambar tetap stabil meskipun layar di tekan tidak menimbulkan blur atau bercak putih. Pergantian warna 20 kali lipat lebih baik dari panel VA.

Untuk layar anda dapat cek refresh rate yaitu berapa kali gambar  di “refreash” dalam satu detik. Refresh rate standar 60Hz, semakin tinggi refresh rate akan semakin bagus.
Tips Memilih TV LED Bagus, Awet dan Berkualitas

3. Konektivitas

Hal lain yang perlu diperhatikan yaitu mengenai konektivitas, pastikan anda melakukan cek untuk ketersediaan port HDMI, port USB, dan port I/O RCA (port ini biasanya sudah umum ada).

USB port bisa digunakan untuk charge ponsel atau untuk USB Flash Drive. Anda bisa memutar lagu, photo dan video melalui port USB. Untuk memutar video, cek format yang didukung oleh TV LED yang anda pilih. Lebih banyak format video yang didukung akan lebih baik, minimal sudah support format MP4 dan MKV.

HDMI Port menyediakan konektivitas ke berbagai perangkat dan akan lebih baik jika TV LED anda sudah support koneksi WIFI. Hal ini akan memudahkan anda untuk menyambungkan ponsel atau HP ke TV LED, bisa melihat tampilan HP di TV atau memutar video dari HP ke TV LED.

4. Perhatikan Merk

Pembelian TV LED berdasarkan merk hanyalah sebuah pilihan. Tapi paling tidak, pilihlah merk yang sudah cukup populer. Baca review dari para pengguna perihal merk tertentu. Pada dasarnya teknologi TV pada saat ini sudah hampir sama untuk berbagai merk. Mungkin yang membedakan hanya build quality dan komponen yang di pakainya.

Perhatikan juga periihal garansi resminya, garansi panjang akan lebih baik. TV LED saat ini jarang sekali rusak, kecuali karena guncangan atau benturan.


Kesimpulan :

Untuk memilih TV LED yang berkualitas dapat mempertimbangkan dari resolusi layar minimal Full HD dengan menggunakan Hard IPS Panel dan memiliki konekstivitas lengkap seperti adanya port USB, port HDMI dan WIFI.

TV LED yang baik mampu mendukung berbagai macam format video seperti MPEG, MP4, MKV, DivX dan format video lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *