Tips Memilih TV LED Bagus, Awet dan Berkualitas

4 Tips Memilih TV LED Bagus, Awet dan Berkualitas

Penulis Herfia

Memilih TV LED - Apakah kamu hendak berencana mengganti televisi tabung di rumah menjadi TV masa kini? Membeli suatu barang elektronik dengan model apapun itu, sebaiknya dilakukan dengan penuh perhitungan dan tidak tergesa - gesa.

Saat ini, hiburan sudah menjadi kebutuhan pokok dan kehadiran televisi di rumah terasa sangat diperlukan. Setelah anda sibuk bekerja dan beraktifitas, tentunya hiburan akan menjadikan suasana lebih rileks. Nah, diperkirakan sekitar 90% kehidupan masyarakat tidak dapat dipisahkan dari menonton TV.

TV LED murah cenderung hanya dibekali fitur yang apa adanya. Sedangkan masyarakat umum, biasanya membeli televisi dengan mempertimbangkan beberapa hal berikut ini :

  • Harga yang di tawarkan lebih murah
  • Ukuran layar yang dibutuhkan
  • Merk menjadi pertimbangan dalam memilih
  • Desain dan model TV LED

Kali ini, Herfia akan memberikan beberapa Tips Memilih TV LED, untuk memudahkan anda dalam menentukan kira - kira merk televisi mana yang nantinya akan dibeli.

1. Mengetahui Jenis-Jenis TV

Tips Memilih TV LED Bagus, Awet dan Berkualitas

Seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan, televisi juga terus mengalami pengingkatan baik dari segi ukuran produk, besaran layar, kualitas gambar dan teknologi yang digunakan.

Televisi memiliki beberapa jenis jika dilihat dari teknologi yang di pakainya. Masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangannya. Berikut jenis-jenis televisi :

  • TV Tabung
    Menggunakan teknologi lama dan sudah tidak cocok di pakai saat ini. Dinamakan juga TV CRT (menggunakan elektron yang ditembakan ke layar sehingga mewarnai menimbulkan suatu gambar)
  • TV Plasma
    Menggunakan sel Plasma yang merupakan Fluorescent sebagai dasar pencahayaan. Plasma TV masih membutuhkan daya yang lebih besar dari LCD.
  • TV LCD
    LCD bekerja dari serangkaian lampu teknologi CCFLs (Cold Cathode Fluorescent Lamps) di belakang layar. Kualitas gambar akan menurun jika dilihat dari sudut pandang yang lebar.
  • TV LED
    LED TV merupakan pengembangan dari LCD TV dimana jenis ini menggunakan LED Backlight sebagai pengganti cahaya fluorescent. LED TV merupakan penyempurnaan jenis TV yang lain dan memiliki banyak keunggulan.
  • TV OLED
    Lebih baik dari TV LED, tetapi saat ini harganya sangat tinggi. Jadi saya tidak akan membahasnya.

Saat ini, televisi dengan teknologi LED, OLED, dan AMOLED lebih berkembang dibandingkan dengan jenis yang lain. Harga setiap perangkat model baru nya pun cenderung mengalami penurunan dari setiap tahunnya.

Nah, hal pertama yang harus diperhatikan ketika memilih TV LED adalah jenis layarnya. Jangan sampai kita membeli televisi LCD atau Plasma karena sudah mulai ditinggalkan.

2. Resolusi Layar TV

Tips Memilih TV LED Bagus, Awet dan Berkualitas

Hal kedua yang perlu anda perhatikan dalam memilih TV LED berkualitas yaitu resolusi layar. Saat ini LED TV yang paling dominan beredar di pasaran memiliki resolusi minimal HD.

  • HD - High Definition ( 1280 x 720 )
  • Full HD - Full High Definition ( 1920 x 1080 ) - rekomendasi
  • UHD - Ultra High Definition ( 3840 x 2160 ), biasa disebut juga 4K.

Jika anda akan membeli TV LED, resolusi minimal yang saya sarankan yaitu FHD. Harganya juga sudah murah, selain itu memilih resolusi di atas Full High Definition tentunya lebih baik.

Bentuk layar televisi juga terbagi menjadi dua yaitu:

  • Televisi layar datar, lebih direkomendasikan karena tidak menimbulkan distorsi gambar dan sudut pandang lebih luas.
  • Televisi layar lengkung, memiliki kelemahan distorsi gambar dan mengurangi kualitas sudut pandang mata.

Tahukah kamu, bentuk TV LED yang tipis terkadang menimbulkan kesan ringkih bagi masyarakat umum. Banyak yang mengkhawatirkan kerusakan televisi tersebut akibat guncangan atau benturan. Untuk mengatasi hal ini, produsen mengembangkan teknologi pada panel TV.

Jenis panel layar televisi terbagi menjadi dua yaitu:

  • Panel VA
    Kelemahan jika layar di tekan akan ada bekas tekanan, gambar blur atau ada bercak putih. Soft panel.
  • Hard Panel IPS
    Gambar tetap stabil meskipun layar di tekan tidak menimbulkan blur atau bercak putih. Pergantian warna 20 kali lipat lebih baik dari panel VA.

Untuk layar anda dapat cek refresh rate yaitu berapa kali gambar  di "refreash" dalam satu detik. Refresh rate standar 60Hz, semakin tinggi refresh rate akan semakin bagus.

3. Konektivitas

Port TV LED

Hal lain yang perlu diperhatikan ketika memilih TV LED yaitu mengenai konektivitas, pastikan anda melakukan cek untuk ketersediaan port HDMI, port USB, dan port I/O RCA (port ini biasanya sudah umum ada).

USB port bisa digunakan untuk charge ponsel atau tempat Flash Drive. Anda bisa memutar lagu, photo dan video melalui port USB tersebut. Untuk memutar video, cek format yang didukung oleh TV LED yang anda pilih. Lebih banyak format yang didukung tentunya lebih baik, minimal sudah support MP4 dan MKV.

HDMI Port menyediakan konektivitas ke berbagai perangkat dan akan lebih baik jika TV LED anda sudah support koneksi WIFI. Hal ini tentunya memudahkan anda untuk menyambungkan ponsel atau HP ke televisi, bisa melihat tampilan ponsel, juga memutar video dari smartphone ke TV LED.

Nah, konektivitas yang lengkap memberikan keleluasaan bagi kita untuk mengeksplor seluruh fitur yang ada di dalam televisi tersebut. TV model baru sudah sangat umumu di bekali port yang lengkap.

4. Perhatikan Merk

Perhatikan Merk TV LED

Pembelian TV LED berdasarkan merk hanyalah sebuah pilihan. Tapi paling tidak, pilihlah brand yang sudah cukup populer. Baca review dari para pengguna perihal model tertentu. Pada dasarnya teknologi televisi pada saat ini sudah hampir sama untuk berbagai merk.

Mungkin yang membedakan hanya build quality dan komponen yang di pakainya.

Perhatikan juga perihal garansi resminya, garansi panjang akan lebih baik. TV LED saat ini jarang sekali rusak, kecuali karena guncangan atau benturan.

Kesimpulan

Meskipun era digitalisasi telah populer saat ini, namun kehadiran televisi di rumah masih belum bisa digantikan kedudukannya. Selain itu, peralihan dari siaran analog ke digital semakin memberi warna dalam dunia pertelevisian di Indonesia.

Memilih TV LED yang berkualitas memang gampang - gampang susah. Bagi mereka yang memiliki dana berlebih tinggal membeli yang paling mahal. Namun, jika budget kamu pas - pasan sebaiknya mempertimbangkan berbagai sisi ketika ingin membeli televisi baru.

Produk mahal sudah tentu dibekali komponen terbaik serta fitur yang lengkap, namun televisi yang murah juga tidak kalah bagus dan awet. Hal ini, jika kita pintar dalam memilih televisi dengan model terbaik.

Berikut rangkuman memilih TV LED yang berkualitas yaitu :

  • Ketahui jenis televisi sehingga kamu bisa menentukan teknologi minimum yang saat ini ialah berjenis LED.
  • Pilih resolusi layar minimal Full High Definition (FHD), atau diatasnya lebih baik misalnya UHD, 4K dan 8K.
  • Perhatikan konektivitas produk yang akan dibeli, apakah sudah tersedia port USB, HDMI, DCA dan Audio.
  • Perhatikan merk yang memberi fitur lebih banyak dengan rentang harga yang relatif sama.

Nah, demiikian pembahasan mengenai 4 Tips Memilih TV LED yang Bagus, Awet dan Berkualitas. Semoga bisa menjadi referensi dan bermanfaat buat kamu yang sedang bingung memilih jenis televisi yang akan dibeli.

Tentang Penulis

" Mungkin tidak banyak kebaikan yang bisa kulakukan, hanya sedikit goresan pena ini yang berharap bisa bermanfaat untuk semuanya. By Herfia."

rocket linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram