Tips Cerdas Memilih HP Android Murah Berkualitas

tips-cerdas-memilih-hp-android-murah-berkualitas-herfia

Apakah anda ingin membeli HP Baru? Tunggu dulu, jangan terburu-buru, saya akan mengulas Tips Cerdas Memilih HP Android Murah Berkualitas agar tidak kecewa. Lebih baik teliti sebelum membeli daripada kecewa kemudian.

Perkembangan smartphone android begitu pesat, di imbangi dengan kemajuan teknologi perangkat keras dan jaringan internet yang sangat cepat, membuat berbagai vendor ponsel berlomba untuk menjadi yang paling laris dengan mengeluarkan produk baru setiap tahun nya. Hanya dalam setahun satu vendor biasanya mengeluarkan banyak produk baru. Jika semua vendor ponsel mengeluarkan produk baru tentunya pilihan ponsel menjadi sangat beragam.

Saya seringkali bingung ketika akan membeli HP Android baru. Bagaimana dengan anda, bingung juga bukan?

Banyak iklan dengan tawaran yang menggirukan, cash back pembelian, diskon tertentu dan iming-iming fitur baru atau teknologi baru membuat calon pembeli mengalami kebingungan dalam memilih ponsel android terbaik.

Bigung membeli dan memilih HP, yang di inginkan pastinya smartphone yang murah tapi berkualitas bagus dengan spesifikasi tinggi. Bagaimana caranya?

Baca Juga :

Tips Cerdas Memilih HP Android Murah Berkualitas

Nah, kali ini saya mempunyai tips ampuh untuk memilih ponsel android yang terbaik. Setidaknya bisa menjadi solusi untuk anda yang bingung memilih ponsel baru.

1. Tinggalkan semua “Gimmick” dari produsen ponsel

Tahukah anda apa itu istilah gimmick? Gimmick atau tipuan atau pemanis merupakan salah satu strategi pemasaran yang dilakukan oleh penjual barang dan jasa dengan menggunakan cara-cara yang tidak biasa (menggunakan faktor X). Dengan faktor X tersebut, sebuah produk akan cepat dikenal oleh masyarakat. Bisa di bilang gimmick itu merupakan strategi pemasaran untuk produk yang tidak berkualitas.

Nah…lho… baru tau ya? Contoh kecil gimmick, ponsel A harganya Rp. 1000 dengan kamera belakang 8 MP dan ponsel B dijual seharga Rp. 800 dengan kamera belakang 13 MP. Pertanyaan nya ialah yakin kalau ponsel B itu lebih baik?

Kamera belakang ponsel B memang lebih besar yaitu 13 MP tetapi belum tentu lebih baik dari kamera belakang ponsel A yang hanya 8 MP. Yang membuat kualitas photo itu bagus bukan dari berapa mega pixel kamera saja tetapi ditentukan juga dengan sensor lensa kamera yang di pakai. Nah, jelas bukan! Jumlah mega pixel kamera itu hanya gimmick dari produsen ponsel.

Gimmick yang biasa di pakai oleh produsen :

  • Tawaran cash back ponsel
  • Tawaran diskon
  • Tawaran bonus aksesoris
  • Tawaran spesifikasi ponsel lebih tinggi
  • Tawaran brand merk sebagai ego

Untuk mendapatkan ponsel android murah berkualitas, sebaiknya anda mulai meninggalkan gimmick tersebut. Abaikan semua itu.

Tips-membeli-hp

2. Lihat Review Kualitas Produk dari Pengguna Ponsel

Review dari pengguna ponsel biasanya lebih jujur daripada review dari produsen atau dari media tertentu yang di bayar. Sebelum membeli ponsel pastikan bahwa kualitas ponsel dari merk A pada umumnya bagus.

Jangan terpaku pada brand, misalnya produk ponsel samsung memang cukup populer. Dengan pemasaran yang bagus membuat ponsel samsung banyak diminati. Ponsel merk samsung secara baha buid quality memang bagus tapi spek yang di tawarkan cukup rendah dibanding merk kompetitor seperti xiaomi.

Ponsel samsung relatif lebih mahal harganya tetapi spesifikasi yang diperoleh cukup kecil. Bandingkan dengan ponsel xiaomi yang mampu memberi harga lebih murah dengan spesifikasi ponsel jauh diatas samsung. Mengapa bisa demikian?

Samsung memggunakan strategi pemasaran secara konvensional dengan iklan, sedangkan memasang iklan butuh biaya.  Sebenarnya biaya iklan itu di bebankan ke harga ponsel yang seharusnya Rp. 1.000 menjadi Rp. 1.200 karena yang Rp. 200 itu untuk biaya promosi.

Xiaomi tidak memasang iklan, berkembang dari komunitas dengan sistem awal penjualan secara online. Nah itulah salah satu alasan mengapa xiaomi bisa menjual lebih murah dengan spesifikasi lebih tinggi. Review produk xiaomi kebanyakan dari pengguna, bukan dari media yang di bayar atau dari produsen nya.

Ini hanya contoh, bukan promosi, anda bisa menentukan dan membandingkan sendiri.

3. Perhatikan Update Android dari Produsen

Siapa yang ponselnya tidak mau ada update resmi dari produsen ponsel? Tidak ada bukan. Semua pengguna android sangat mengharapkan bahwa produsen mengeluarkan update resmi secara berkala untuk setiap ponselnya.

Kebanyakan produsen hanya memperhatikan update android untuk ponsel baru. Ponsel lama di abaikan, inilah salah satu gimmick produsen agar anda membeli ponsel baru mereka. Jika produsen pelit update, ganti merk saja heheheheh.

Bukan promo, hanya review :

Salah satu produsen yang rajin memberikan update android secara berkala atau update ROM resmi secara berkala yaitu xiaomi. Bisa anda tanyakan kepada pengguna xiaomi, semua jenis ponsel dari tipe lama sampai tipe baru di berikan update resmi MIUI ke versi terbaru.

Untuk update android xiaomi disesuaikan dari spesifikasi ponselnya. Ponsel xiaomi dengan spesifikasi tinggi biasanya mendapat Update Android dan Update MIUI sedangkan ponsel tua yang spesifikasinya rendah hanya mendapat Update MIUI saja.

4. Perhatikan Spesifikasi Ponsel

Setelah memperhatikan gimmick, review kualitas produk dari pengguna dan update yang di tawarkan produsen, barulah anda memperhatikan spesifikasi ponsel android.

Spesifikasi ponsel tidak dapat di pandang sebelah mata, justru hal inilah yang akan menjadi perhatian utama sebelum memutuskan produk mana yang akan dibeli. Jika anda termasuk melek teknologi bisa memperhatika spesifikasi ponsel secara detail.

Tapi, hal umum yang dapat dijadikan pertimbangan dalam memilih spesifikasi ponsel yaitu :

  • Jumlah Processor apakah single core, dual core, quad core dll.
  • Besar RAM apakah 2Gb, 3Gb, 4Gb dan seterusnya.
  • Besar penyimpanan internal ponsel seperti 8Gb internal, 16Gb internal dll.
  • Kamera depan dan belakang jangan lupa sensor lensa yang digunakan.
  • Besar layar ponsel dan bahan yang digunakan IPS LCD, LED, OLED, AMOLED.
  • Kapasitas baterai yang terpasang.
  • Konektifitas seperti USB, bluotooth 4, wifi direct, NFC dll.

5. Harga Yang di Tawarkan

Tips kelima yaitu lihat harganya, bandingkan dengan produk lain. Harga harusnya jadi prioritas terakhir. Buat apa ponsel mahal tapi fitur dan spek rendah dan buat apa juga ponsel murah tapi kualitasnya jelek.

Anda bisa mencari ponsel dengan harga wajar, kualitas bagus dan spesifikasi juga bagus. Nah, keempat indikator yang saya jelaskan diatas bisa dipakai untuk menentukan apakah harga ponsel wajar atau tidak.


Demikian Tips Cerdas Memilih HP Android Murah Berkualitas yang dapat anda gunakan sebelum memutuskan membeli produk ponsel. Semoga anda bisa mendapatkan ponsel android murah berkualitas terbaik yang mungkin selama ini anda idamkan.

Saya senang jika anda bisa mendapatkan ponsel baru, saya juga pengen soalnya. Heheheh… semoga bermanfaat. Salam Herfia.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *