Contoh Surat Resign Atau Pengunduran Diri Yang Baik

Pengunduran Diri atau Resign - Seorang karyawan yang bekerja di sebuah instansi maupun perusahaan, mempunyai hak untuk mengundurkan diri. Namun, sebaiknya tetap mengedepankan etika dengan tata cara yang baik dan benar.

Berhenti bekerja dari perusahaan, merupakan salah satu hal yang biasa di dunia kerja. Ini dapat terjadi kepada semua karyawan tanpa memandang level jabatan mereka. Mulai dari level staff hingga direktur sebuah perusahaan.

Banyak sekali faktor yang mempengaruhi seseorang, sehingga memutuskan untuk resign dari instansi tempatnya mencari nafkah selama ini. Namun, keputusan untuk mengundurkan diri, memang sebaiknya dilakukan dengan berbagai pertimbangan yang cukup matang.

Penyebab Karyawan Mengundurkan Diri

Jangan sampai resign yang terburu-buru membawa penyesalan di kemudian hari. Bicarakan dengan seluruh anggota keluarga, sebelum kamu memutuskan segala sesuatunya. Terutama diskusikan dengan pasanganmu di rumah.

Beberapa alasan seorang karyawan mengundurkan diri :

  • Faktor usia yang memasuki masa pensiun sehingga ia harus mengundurkan diri dalam bentuk pensiun.
  • Kondisi kesehatan yang membuat karyawan tidak mampu melanjutkan pekerjaan.
  • Pendapatan atau gaji yang tidak sesuai dengan tanggung jawab yang dipikul.
  • Keadaan yang membuat karyawan harus mengurus keluarga, biasanya dialami oleh karyawan wanita.
  • Adanya permasalahan di tempatnya bekerja sehingga membuat karyawan tersebut harus resign.
  • Karena ikut suami pindah ke kota lain yang mengharuskan seorang istri mengundurkan diri dari perusahaan.
  • Tidak bisa menerima tugas mutasi ke kota lain dan memutuskan pindah ke perusahaan lain.
  • Mendapat tawaran pekerjaan di perusahaan lain dengan gaji yang lebih baik.
  • Mendapat tawaran naik jabatan di perusahaan lain dengan level yang lebih tinggi.

Apapun sebab yang menjadi latar belakang kamu mengundurkan diri, sebaiknya lalukanlah dengan cara yang baik. Hindari regisn dengan pergi begitu saja, ada pepatah "Datang terlihat muka dan pergi terlihat punggung".

Khusus untuk pengunduran diri karena pensiun, hanya berlaku untuk karyawan yang sudah usia lanjut. Beberapa perusahaan mempunyai aturan tersendiri mengenai batas usia masa pensiun karyawannya.

Salah satu keuntungan pensiun dari perusahaan yaitu uang pisah yang cukup besar atau disebut juga "pesangon". Paling tidak bisa untuk modal wiraswasta, belum lagi di tambah pencairan BPJS Ketenagakerjaan.

Cara Resign Yang Baik dan Benar

Contoh Surat Pengunduran Diri
Pengunduran Diri Yang Baik

Mengundurkan diri dengan cara yang benar, menunjukan bahwa kita menghargai perusahaan tempat bekerja dan memberi kesan bahwa karakter diri kita adalah orang baik-baik. Selain itu, pihak perusahaan akan memberi apresiasi yang baik berupa surat keterangan kerja dan uang tanda pisah.

Berikut cara mengundurkan diri yang baik dan benar :

  • Sampaikan niat resign kepada pihak perusahaan minimal satu bulan sebelumnya.
  • Buat surat pengunduran diri resmi di beri keterangan tanggal berhenti bekerja.
  • Membimbing dan mengajari karyawan pengganti sebelum kamu meninggalkan perusahaan.
  • Berikan sambutan singkat pada saat doa pagi di hari kamu akan berhenti bekerja.

Ketika kamu menyampaikan niat untuk mengundurkan diri sebulan sebelumnya, pihak perusahaan akan segera mencari pengganti agar bisa di bimbing. Ilmu yang kamu berikan pastinya bermanfaat untuk karwayan pengganti tersebut.

Namun, tak dapat dipungkiri masih ada sebagian orang yang mengundurkan diri dengan cara tidak baik, misalnya pergi begitu saja. Jika kamu mendapati rekan kerja yang akan berbuat demikian. Sebaiknya dapat di informasikan memakai bahasa yang edukatif. Sebagai bentuk rasa peduli terhadap rekan kerja.

Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Resign

format surat pengunduran diri resign

Sebelum mengajukan pengunduran diri atau resign, sebaiknya kamu mempertimbangkan perihal baik dan buruknya untuk kehidupan masa depan keluarga. Perhatikan kebutuhan keluarga di masa setelah kamu resgin, minimal pasangan memiliki penghasilan sendiri.

Jangan sampai keputusan yang gegabah malah menyebabkan kamu termasuk orang pengangguran di masa depan. Resign akan menyebabkan penghasilan yang kamu peroleh dari perusahaan terhenti. Suka atau tidak, kamu harus mendapat pendapatan dari tempat lain atau beralih profesi menjadi wiraswasta.

Bayangkan jika kamu mengundurkan diri kemudian menjadi pengangguran. Bagaimana caranya memenuhi kebutuhan sehari-hari? Yang paling buruk mungkin akan bergantung kepada orang lain misalnya saudara dan orang tua.

Beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum berhenti bekerja :

  • Pastikan kamu sudah memiliki pekerjaan pengganti di perusahaan lain.
  • Pastikan kamu memiliki usaha sampingan yang sudah berjalan dan membuahkan hasil untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Sebagian orang menyiapkan segala sesuatu sebelum mengajukan resign kepada perusahaan. Mereka mencari pekerjaan baru terlebih dahulu, melakukan interview dan sudah dipastikan diterima. Sehingga pekerjaan pengganti telah siap, mereka biasanya meminta waktu kepada perusahaan baru untuk menyelesaikan perihal administratif di perusahaan lama.

Ada pula orang yang memiliki usaha sampingan yang sudah memberi benefit setiap bulannya. Biasanya mereka memutuskan untuk pindah profesi dari karyawan menjadi wiraswasta.

Nah, dengan demikian penghasilan kamu setiap bulan tetap berlanjut meskipun kamu mengajukan permohonan pengunduran diri kepada perusahaan yang lama.

Contoh Format Surat Pengunduran Diri

surat pengunduran diri resign

Surat pengunduran diri yang baik, dibuat dengan format terstruktur dan sistematis. Memakai bahasa formal dan jelas karena bersifat kedinasan.

Sebenarnya tidak ada standarisasi resmi bagaimana format surat pengunduran diri itu dibuat. Setiap orang memiliki pemahaman dan pemikiran yang berbeda-beda, sehingga bahasa yang dipakai dalam surat-menyurat sesuai dengan pemikiran mereka.

Namun, kita bisa mengambil beberapa pendekatan untuk surat yang bersifat kedinasan seperti ini.

Berikut format surat pengunduran diri yang benar :

  • Cantumkan tanggal pembuatan surat
  • Tuliskan kepada siapa surat pengunduran diri itu dibuat
  • Memakai bahasa pengantar "Dengan Hormat dan Hormat Saya"
  • Jelaskan secara pasti tanggal berapa kamu akan mengundurkan diri
  • Bahasa formal, sopan dan jelas

Jakarta, 1 September 2019

Kepada Yth,
Pimpinan PT. Herfia Jaya
di Tempat

Hal : Pengajuan Pengunduran Diri

Dengan Hormat,

Bersama dengan surat ini, saya mengajukan permohonan pengunduran diri atas jabatan saya di PT Herfia Jaya sebagai berikut :

Nama : Silvia Melinda
Jabatan : Finance Officer
NIP : 00001000

Saya mengajukan permohonan pengunduran diri dari jabatas tersebut diatas kepada perusahaan terhitung tanggal 1 Oktober 2019.

Sebelumnya, saya mengucapkan terima kasih kepada perusahaan karena telah memberi saya kesempatan untuk bekerja bersama dalam sebuah tim. Tak lupa ucapan terima kasih untuk pimpinan yang sudah membantu saya dan rekan-rekan semuanya.

Demikian surat pengunduran ini saya buat dengan kesadaran sendiri, atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya

Silvia Melinda


Surat yang saya buat diatas hanyalah contoh format ideal untuk pengajuan pengunduran diri kamu. Bahasa dan kata--kata dapat di ubah sesuai kondisi yang diperlukan, dengan tetap memperhatikan formalitas bahasa yang digunakan.

Demikian pembahasan herfia mengenai Contoh Surat Pengunduran Diri atau Resign Yang Baik.

Artikel Lain :

Penulis Herfia

"Sebagian kata atau kalimat mungkin merupakan opini pribadi. Jika ada isi konten maupun gambar yang memiliki Hak Cipta, dapat menghubungi kami melalui halaman Kontak, agar dapat kami perbaiki."

Copyright 2019 Herfia