Sponsor
Power Bank Xiaomi

3 Cara Memilih Power Bank Terbaik Agar Tidak Kecewa

Penulis Herfia
Sponsor

Bingung memilih Power Bank terbaik? Tahan dulu, begini cara membeli powerbank yang berkualitas, awet dan tahan lama.

Sebuah perangkat elektronik yang berfungsi untuk menyimpan daya listrik secara sementara dan bisa di isi ulang kembali dinamakan Power Bank atau bisa disebut sebagai Bank Daya. Sesuai dengan namanya, energi listrik akan ditampung ke dalam powerbank yang bersifat potabel, setelah penuh daya tersebut bisa dipakai untuk menyalakan atau mengisi peralatan elektonik lainnya.

Cara mengisinya yaitu, hubungkan powerbank dengan arus listrik yang berasal dari PLN rumah kamu. Tunggu sampai terisi penuh, biasanya ada lampu indikator yang menunjukan daya sudah penuh atau belum.

Kapasitas penampungan energi pada powerbank berbeda-beda, yang umum mulai dari 4000 mAh, 5000 mAh, 9000 mAh, 10.000 mAh hingga 20.000 mAh dengan tegangan output standar 5 volt. Semakin tinggi kapasitas, maka harga nya pun lebih mahal.

Lama pengecasan tergantung seberapa besar kapasitas powerbank yang kamu miliki. Untuk teknologi fast charging bisa mengurangi waktu pengisian daya.

Kegunaan Power Bank

Kegunaan Power Bank

Power Bank sebagai alat pengisi daya portable memiliki kemampuan yang serbaguna. Mungkin kamu hanya mengetahui fungsi powerbank hanya untuk mengisi baterai ponsel. Tapi bukan hanya itu, masih banyak keuntungan lainnya.

  • Mengisi baterai ponsel atau smartphone, paling banyak dipakai untuk hal ini.
  • Bisa dijadikan lampu darurat atau emergency dengan aat tambahan yaitu USB LED.
  • Untuk menghidupkan sepaker portable, bisa pakai trik di colok ke bank daya.
  • Bisa untuk menyalakan modem WIFI yang memiliki konektor USB.
  • Untuk menyalakan kipas angin portable yang memiliki port USB, misal kipas laptop.
  • Berfungsi sebagai alat darurat untuk men-charge laptop.
  • Bisa untuk jumper aki mobil dan menyalakan kulkas mini.
  • Sebagai jalan keluar untuk mengatasi baterai HP yang ngedrop.

Cukup banyak bukan kegunaan yang bisa dilakukan si mungil powerbank.

Cara Memilih Power Bank

Mi Power Bank
Mi Power Bank

Nah, saatnya untuk membahas bagaimana cara memilih powerbank yang bagus, awet dan tahan lama. Teliti sebelum membeli, agar kamu tidak kecewa kemudian.

1. Perhatikan Harga Power Bank

Hal pertama yang harus di perhatikan adalah masalah harga. Sudah bukan rahasia umum, setiap akan membeli apapun yang dilihat pertama kali yaitu harga. Berapa harga barang tersebut? Murah atau mahal relatif tergantung kondisi setiap orang.

Berikut beberapa hal yang harus di perhatikan mengenai harga Power Bank :

  • Jangan tergiur harga murah, sebaiknya kamu lebih berhati-hari ketika ada powerbank yang harganya sangat murah. Jauh di bawah pasaran pada umumnya. Power bank ini akan dipakai dalam jangka waktu lama. Saya meragukan keamanan perangkat jika harganya terlalu murah.
  • Harga standarisasi pasar, untuk powerbank dengan harga umum standar pasaran, mungkin lebih baik daripada harga murah. Paling tidak tingkat keamanan nya lebih baik. Tinggal kamu memilih merk bank daya yang terbaik saja.
  • Harga mahal, untuk powerbank dengan harga mahal biasanya memakai material berkualitas, di tambah dengan keamanan yang bagus, tingkat keawetan yang lebih baik.

Sebaiknya kamu menghindari powerbank murahan atau imitasi, jangan sampai barang abal-abal dipakai keperluan sehari hari. Mengapa demikian? Bank Daya berkaitan dengan listrik ketika pengisian, resiko meledak bisa dikurangi.

2. Perhatikan Merk Power Bank

Merk Power Bank

Power Bank yang bermerk pantas kamu lirik untuk menjadi target pembelian. Barang yang sudah memiliki merk bagus dengan branding yang oke tentunya memiliki Quality Kontrol terhadap produk yang mereka jual.

Produsen tidak asal menjual, mereka memperhatikan segi maretial pembuatan barang, ketahanan perangkat, keamanan terhadap resiko meledak atau konslet, pengecekan ulang terhadap produk gagal sebelum dijual ke pasaran.

Jangan main-main dengan bahaya powerbank yang meledak. Lebih baik kamu mengeluarkan uang yang sedikit lebih banyak demi keamanan dan kenyamanan pemakaian sehari-hari.

Beberapa merk power bank terkenal :

3. Fitur Yang di Tawarkan Produsen

Fitur Power Bank

Setelah kamu menentukan harga dan merk yang akan di beli, jangan lupa untuk memperhatikan fitur yang diberikan juga. Apakah ini penting? Tentu saja, perangkat yang berkualitas akan ditanamkan segudang teknologi terbaru dengan sistem keamanan yang lebih baik.

Agar lebih jelas, berikut beberapa fitur yang sebaiknya ada pada power bank yang kamu beli :

  • Fast Charging, berguna untuk mengurangi waktu pengisian power bank sehingga cepat penuh hanya dalam wakti yang tidak terlalu lama.
  • Dual Output atau lebih, output USB yang lebih dari satu tentu lebih baik. Kamu bisa mengisi daya ke beberapa perangkat ponsel sekaligus. Atau satu port untuk mengisi daya HP kamu dan port lainnya dipakai untuk lampu emergency ketika PLN padam. Bagus bukan?
  • Kenyamanan dalam genggaman, powerbank yang dibeli sebaiknya nyaman untuk di pegang oleh satu tangan. Tidak terlelu tebal dan juga tidak terlalu besar.
  • Tahan benturan, material dan model yang dibuat harus tahan terhadap benturan. Misalnya, saat powerbank jatuh dari ketinggian tidak cepat rusak, jadi sebaiknya membeli yang bermerk.
  • Perlindungan Suhu, memiliki mekanisme pengontrol suhu untuk memastikan baterai lithium beroperasi pada suhu yang aman.
  • Perlindungan Input Berlebih, memiliki sirkuit yang mampu mencegah terhadap input energi listrik yang berlebih dari PLN sehingga mencegah kerusakan pada Back End Sirkuit.
  • Perlindungan Output Berlebih, memiliki sirkuit untuk memeriksa keluaran daya yang berlebih ketika pengisian perangkat lain seperti ponsel. Saat tegangan melebihi batas, maka secara otomatis output akan di tutup untuk melindungi perangkat yang akan diisi daya.
  • Perlindungan Korsleting, perlidungan otomatis saat terjadi korsleting listrik untuk melindungi mainboard dan baterai power bank dari kemungkinan meledak.
  • Perlindungan Over Charge, terdapat sirkuit untuk melindungi power bank dari charge yang berlebih ketika di isi. Setelah penuh, power bank akan memutus aliran listrik secara otomatis.

Fitur kecanggihan dan keamanan powerbank yang saya jelaskan diatas bisa dilihat pada spesifikasi yang tertera di dus pembelian. Contoh powerbank berkualitas yang sudah saya sebutkan diatas yaitu merk Mi Power Bank dari Xiaomi, Asus Zen Power, Samsung Battery Pack dan Sony Powerbank.


Nah, itulah penjelasan dari herfia mengenai Cara Memilih Power Bank Agar Tidak Menyesal Kemudian. Semoga dapat menjadi referensi untuk kamu yang sedang bingung memilih powerbank mana yang bagus, awet dan berkualitas.

Artikel rekomendasi lainbya :

Sponsor

Tentang Penulis

" Mungkin tidak banyak kebaikan yang bisa kulakukan, hanya sedikit goresan pena ini yang berharap bisa bermanfaat untuk semuanya. By Herfia."

rocket linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram