Tv Digital Satelit Channel Lengkap

Daftar Provider Parabola TV Bebas Iuran Edisi 2021

Sponsor

Antena parabola TV bebas iuran bulanan cukup populer belakangan ini, masyarakat indonesia semakin banyak yang ingin menikmati acara dengan gambar jernih. Hal ini ditunjang oleh harga perangkat yang kian terjangkau bagi kalangan menengah kebawah.

Sebelumnya, siaran televisi digital berbasis satelit dikuasai oleh provider pay tv, dimana hanya masyarakat kelas atas saja yang dapat menikmati tayangan berkualitas. Memang, siaran melalui parabola memiliki beberapa kelebihan yaitu jumlah channel banyak dan jernih.

Kabar baik bagi masyarakat Indonesia bahwa saat ini ada sebagian provider yang memberi layanan siaran parabola tv bebas iuran bulanan. Artinya konsumen hanya perlu memasang satu set perangkat antena parabolanya saja.

Setelah pemasangan, pemirsa akan menikmati banyaknya channel berkualitas tanpa harus repot membayar tagihan setiap bulan. Sebelum membahas lebih jauh, mengenai provider mana saja yang menyediakan siaran parabola tv bebas iuran, yuk kita berkenalan terlebih dahulu tentang apa itu tv digital.

Analog, Digital & Satelit

TV Analog vs Digital vs Satelit

Siaran televisi terbagi menjadi dua jenis yaitu analog dan digital. Kedua frekuensi tersebut mempunyai sejarah panjang yang menyertainya. Begitupun dengan pesawat televisi yang bertugas menampilkan gambar serta suara ikut disempurnakan.

Saat kamu memutuskan untuk beralih dari analog ke digital, mungkin perlu mempertimbangkan berbagai hal. Mulai dari menyiapkan dana serta tipe frekuensi digital yang akan digunakan.

Oleh karena itu, saya akan memberi sedikit gambara mengenai perbedaan antara analog, digital dan satelit. Siaran televisi analog merupakan teknologi yang sudah usang, perlahan tapi pasti telah digantikan oleh frekuensi digital.

Kelemahan siaran analog yaitu :

  • Kualitas gambar tidak jelas, berbintik dan berbayang.
  • Kualiatas suara tidak jernih.
  • Resolusi gambar rendah.
  • Memakai pemancar terestrial UHF dan tidak merata sampau ke pelosok negeri.

Siaran televisi digital terestrial atau biasa disebut DVB T2 merupakan teknologi pengganti analog. Anda perlu perangkat tambahan berupa STB DVB-T2, dan bisa di beli di toko terdekat di kota anda.

Kelebihan DVB-T2 :

  • Kualitas gambar dan suara jernih.
  • Hanya perlu perangkat tambahan DTV-T2 untuk menangkap sinyal digital.
  • Harga perangkat relatif murah.
  • Bebas dari acakan pada acara tertentu seperti tayangan sepak bola.

Kelemahan DVB-T2 :

  • Menggunakan pemancar di darat dan hanya tersedia di kota-kota besar.
  • Sinyal belum tersedia di desa terpencil.

Tv Digital bebasis satelit terbagi menjadi 3 jenis yaitu frekuenasi C Band, Ku Band dan S Band. Anda perlu perangkat tambahan berupa Receiver atau Set Top Box DVB-S2. Saya akan menjelaskan secara sederhana mengenai kelebihan dan kekurangan secara umum.

Kelebihan TV Satelit :

  • Kualitas gambar dan suara jernih.
  • Mendukung resolusi tinggi, cocok untuk TV LED masa kini.
  • Sinyal kuat, merata di seluruh indonesia.
  • Harga perangkat cukup terjangkau.

Kelemahan TV Satelit :

  • Perangkat tidak praktis, butuh ruang besar untuk parabola C Band
  • Sinyal hilang saat hujan untuk parabola Ku Band
  • Praktis dan sinyal stabil tetapi hanya untuk pay TV, parabola dengan frekuensi S Band

Nah, pilihan terbaik saat ini yaitu siaran digital satelit dengan memanfaatkan layanan parabola tv bebas iuran bulanan.

Provider Parabola TV Bebas Iuran

TV Satelit Channel Lengkap

Beberapa channel televisi swasta indonesia belakangan ini sudah beralih dari Free To Air (FTA) menjadi Free To View (FTV). Dengan demikian pengguna perlu memberli Set Top Box rekomendasi provider agar dapat menyaksikan parabola tv bebas iuran bulanan.

Berikut perangkat yang harus anda siapkan :

  • Dish parabola, beli satu set dish antena tipe jaring atau solid. Bila ingin lebih murah kamu bisa memilih parabola mini ukuran 45, 60, 80 atau 100cm.
  • STB rekomendasi, sesuaikan dengan provider yang ingin kamu pilih.

Ada 3 provider yang menyediakan channel lengkap yaitu K Vision, Nex Parabola dan Nusantara HD. Jenis layanan berupa parabola tv bebas iuran, sementara pengguna bisa menambah channel premium dengan mengisi voucher, masa aktif siaran ekslusif tersebut sekitar satu bulan.

1. K Vision

K Vision

K-Vision merupakan provider prabayar yang ada di indonesia yang menjual layanan parabola tv bebas iuran. Pelanggan k-vision bisa mengisi voucher untuk berlangganan paket tertentu. Anda tetap dapat menyaksikan siaran gratis meskipun tidak membeli paket.

K Vision dengan mottonya On Terus memiliki visi menjadi provider yang memberikan tayangan menghibur, informatif dan edukatif dalam rangka mencerdaskan masyarakat indonesia. K-Vision cukup digemari karena menyediakan channel FTA dan FTV.

Berikut merk STB Rekomendasi K Kvision

  • STB K Vision Cartenz ku band
  • STB Gardiner Ottimo
  • STB LG Sat Star
  • STB Optus OP 66HD

K-Vision ini telah di akuisisi oleh perusahaan MNC Grup, mengudara di satelit Telkom 4 dan Measat 3a. Pemilihan satelit disesuaikan dengan jenis LNB pengguna apakah C-Band atau Ku Band. Jumlah channel nasional lengkap.

2. Nex Parabola

nex parabola

Nex Parabola merupakan provider tv prabayar dari Nexmedia yang baru di resmikan pada bulan oktober 2019. Menggandeng provider matrix untuk memprodukasi STB Nex Parabola dan hadir di satelit SES 9 dan Telkom 4.

STB Nex Parabola memakai sitem hybrid yang artinya bisa dipakai pada jalur C Band dan Ku Band. Dimana lebih mengutamakan siaran dari Emtek Grup yaitu SCTV dan Indosiar.

Belakangan ini, telah banyak user memasang STB Rekomendasi Nex parabola. Sebagai pilihan alternatif untuk tayangan digital dengan channel lengkap. Selain itu, banyak siaran yang berkualitas High Definition.

Jumlah channel nasional yang ada di Nex Parabola juga lengkap, sehingga pemirsa tidak usah khawatir. Masa pemakaian parabola tv bebas iuran bulanan hingga tahun 2039.

Karena Decoder yang bersifat hybrid, saya telah memasang Nex Parabola dan merasakan serunya nonton parabola tv bebas iuran. Jumlah channel banyak dan juga jernih, keluarga jadi betah di rumah.

3. Nusantara HD

Transvision

Transvision merupakan perusahaan gabungan dari Trans Media, Trans Corporation dan Telkom yang menjadi populer belakangan ini. Hal ini di tunjang dengan peluncuran STB Nusantara HD yang menyasar kalangan menengan kebawah.

Strategi baru ini diambil agar bisa bersaing dengan kompetitor lain. Dimana, STB Nusantara HD memiliki model bisnis seperti STB Rekomendasi yaitu sekali bayar hanya untuk membeli perangkat receiver nya saja. Tanpa biaya langganan peer bulan.

Peresmian STB Nusantara HD pada bulan oktober 2019 bersamaan dengan peresmian produk milik kompetitor yaitu Nex Parabola. Jumlah channel nasional pada provider ini juga lengkap.

Harga voucher tergolong paling murah diantara kompetitor lainnya dengan masa aktif 30 hari. Jadi, bila kamu ingin tambah channel tinggal isi voucher saja.

4. Ninmedia

Siapa yang belum mengenal Ninmedia? Provider ini sebelumnya menjadi satu satunya penyedia layanan televisi satelit paling populer. Menyediakan segudang channel FTA beserta siaran nasional yang lengkap.

Seiring dengan ketatnya kompetisi pasar, kini Ninmedia tetap menyediakan berbagai stasiun televisi yang mengudara secara gratis. Namun, tidak selengkap dahulu karena minus MNC Grup dan EMTEK Grup.

Ninmedia tetap populer hingga kini, menjadi satu - satunya provider yang di tempati oleh channel FTA terbanyak. Baru - baru ini telah melakukan rebranding menjadi TiviPlus, juga pindah ke satelit Asiasat 9.

Ninmedia juga menyediakan channel premium dengan cara mengisi voucher melalui aplikasu KUGO. Sayang sekali, jumlah siaran premium nya belum terlalu banyak.


Demikian pembahasan mengenai Daftar Provider Parabola TV Bebas Iuran Edisi 2021. Semoga bisa bermanfaat dan menjadi referensi untuk semua sahabat Herfia.

enterlaptop-phone