Sponsor

3 Rekomendasi Mesin Cuci Terbaik dan Hemat Listrik

Penulis Herfia
Sponsor

Mesin Cuci hemat listrik - Terkadang beberapa ibu rumah tangga sering kali mengeluhkan besarnya tagihan listrik PLN setiap bulan. Mungkin karena memang penggunaan barang elektonik cukup banyak seperti Mesin Cuci, Televisi, Air Conditioner (AC), Kulkas, Setrika, Rice Cooker dan lainnya.

Di sisi lain, barang elektronik tersebut sudah menjadi kebutuhan primer ( utama ) di zaman sekarang ini. Contohnya, mesin cuci yang keberadaan nya sangat membantu bunda dalam menyelesaikan pekerjaan rumah.

Tugas bunda sangatlah berat, memasak untuk seluruh anggota keluarga, membersihkan rumah, mengurus dan mendidik anak - anak, mencuci pakain dan masih banyak pekerjaan rumah lain yang harus di selesaikan. Nah, hal ini membuat beberapa alat elektronik memang di perlukan keberadaan nya.

Beberapa cara pun dilakukan bunda di rumah untuk mengurangi beban biaya pengeluaran, termasuk tagihan listrik. Salah satu solusi yang bisa di ambil yaitu membeli perangkat elektronik yang hemat listrik. Misalnya mesin cuci hemat daya dengan teknologi inverter.

Mesin cuci dengan inverter sudah relatif terjangkau, mungkin sebelumnya memang mahal. Namun, seiring perkembangan zaman, akan terjadi kompteisi teknologi, sehingga membuat harga mesin cuci hemat listrik menjadi lebih terjangkau bagi semua kalangan.

Cara Memilih Mesin Cuci Hemat Listrik

Mesin Cuci Terbaik Hemat Listrik

Apakah mungkin ada mesin cuci yang hemat listrik? Tentu ada, salah satu perangkat yang bertanggung jawab membuat penghematan listrik pada mesin cuci yaitu inverter.

Nah, inverter adalah sejenis Rangkaian Konversi Daya yang secara elektronik meregulasi tegangan, arus dan frekuensi dari suatu perangkat listrik. Inverter tersebut akan mengendalikan suplai pasokan listrik ke mesin cuci.

Mesin cuci yang memiliki teknologi inverter cenderung sedikit lebih mahal daripada yang biasa. Sebenarnya ada faktor lain yang perlu kamu perhatikan selain masalah penghematan listrik. Misalnya perhatikan juga tingkat keawetan mesin cuci yang kamu beli.

Mesin cuci hemat daya merupakan faktor yang sangat penting untuk kamu perhatikan, karena menyangkut penggunaan jangka panjang. Daya mesin cuci biasa pada umumnya berkisar 300 - 450 watt sedangkan yang memiliki teknologi inverter memerlukan daya sekitar 20 - 230 watt. Selisihnya cukup jauh bukan!

Beberapa faktor lain mengenai cara ampuh memilih mesin cuci yang bagus, awet dan berkualitas sudah saya bahas sebelumnya secara lengkap. Namun, rangkuman yang bisa saya jelaskan adalah sebagai berikut :

  • Pilih mesin cuci dengan pemakaian daya listrik yang paling rendah
  • Pilih kapasitas tabung sesuai dengan kebutuhan, umumnya tersedia 2 kg sampai dengan 24 kg
  • Pilih tipe mesin cuci sesuai kebutuhan misalnya satu tabung, dua tabung, top loading atau front loading
  • Sesuaikan dengan budget yang kamu miliki, untuk keperluan rumahan tidak perlu mahal yang penting hemat energi
  • Lakukan riset merk mesin cuci, pilih brand yang sudah terpercaya
  • Perhatikan fitur yang di tawarkan oleh produsen, pilih yang paling banyak fiturnya
  • Perhatikan garansi dan juga layanan service after sales nya biar bunda lebih tenang jika ada kerusakan pada komponen tertentu
  • Perhatikan juga perihal konsumsi air, pilih mesin cuci yang hemat penggunaan air

Mesin Cuci Terbaik dan Hemat Listrik 2020

Sebenarnya memilih mesin cuci terbaik dan hemat air itu gampang - gampang susah. Terlihat mudah tetapi perlu memperhatikan beberapa pertimbangan yang sudah saya sebutkan di atas.

Jika kita membahas perangkat elektronik yang hemat istrik, tentunya bunda di rumah harus bersiap perihal harga. Memang terkesan mahal, tetapi ada juga lho mesin cuci hemat listrik dengan inverter yang harganya terjangkau. Saya menempatkannya di urutan nomor satu.

Nah berikut rekomendasi mesin cuci hemat listrik pilihan herfia.

3. Mesin Cuci Polytron Wonder Wash

Mesin cuci polytron hemat listrik

Mesin cuci polytron wonder wash merupakan produk terbaru yang sudah dilengkapi dengan inverter. Mesin cuci ini di klaim lebih hemat daya sekitar 20% meskipun sudah terdapat fitur steam wash ( mencuci dengan air panas biasanya membutuhkan daya besar ).

Beberapa fitur mesin cuci polytron wonder wash :

  • Sudah dilengkapi teknologi inverter menghemat 20% daya listrik
  • Minim getaran atau niose dan motor lebih awet
  • Bisa mencuci dengan air panas atau setam wash ( tentunya memakan tambahan daya )
  • Harga berkisar Rp. 4.000.000 di toko online
  • Bekerja pada daya 320 watt ( masih cukup besar, mungkin karena ada steam wash )

Polytron wonder wash ini hanya memiliki kapasitas drum sebesar 7 kg. Untuk saat ini, mesin cuci dengan bukaan depan masih relatif mahal.

2. Mesin Cuci Sharp ES-F1208X-SL

Mesin Cuci Sharp Hemat Listrik

Mesin Cuci Sharp ES-F1208-SL ini sudah di lengkapi dengan teknologi inverter juga, dimana ppenggunaan daya listrik bisa lebih hemat. Di balut dengan bahan stainless steal yang memberi kesan mewah. Cocok di tempatkan di mana saja.

Selain itu, Sharp juga merupakan merk yang terpercaya. Mesin cuci ini memiliki fitur 3D Wave yaitu putaran air di dalam drum bergerak vertikal, horizontal dan diagonal yang akan membantu menghilangkan kotoran pada pakaian secara menyeluruh.

Spesifikasi mesin cuci Sharp ES-F1208-SL :

  • Model sudah terdapat teknologi inverter
  • Bahan materia dari stainless steal
  • Fitur 3D Wave dalam pencucian pakaian
  • Kecepatan putaran motor dapat diatur sesuai jenis cucian
  • Fitur air bubble wash untuk hasil cucian lebih maksimal
  • Kapasitas drum besar yaitu 12 kg
  • Harga kompetitif sekitar Rp. 4.550.000,- di toko online

1. Mesin Cuci LG T2185V2SM

Mesin Cuci LG Hemat Listrik

Dari beberapa pengalaman dan review para pengguna yang pernah saya temui, mesin cuci merk LG memiliki daya tahan yang cukup baik. Rata - rata awet di pakai sampai bertahun - tahun, tanpa mengalami kerusakan yang berarti.

Mungkin hal ini menjadi nilai lebih, sehingga saya merekomendasikan menjadi pilihan pertama yang sebaiknya bunda perhitungkan.

Mesin Cuci LG T2185VS2M memiliki teknologi smart inverter motor yang akan mengontro penggunaan energi. Bahkan hanya memerlukan daya 36 watt hour saja. Buda tidak perlu khawatir mengenai tagihan listrik, karena masih ada fitur lainnya yang membatu mengontrol daya.

Pada saat aliran listrik putus, mesin cuci ini akan memulai ulang secara otomatis dan menyesuaikan dari saat mesin berhenti. Selain itu, meskipun saklar tetap tertancap ke mesin cuci yang dalam keadaan mati, hanya ada aliran listrik yang sangat kecil. Namun, saya lebih menyarankan untuk mencabut saklar ketika selesai mencuci.

Mesin Cuci Hemat Listrik LG

Berikut fitur lengkap mesin cuci LG T2185VS2M :

  • Penggunaan daya listrik sangat kecil yang hanya berkisar 36 watt saja
  • Semprotan air deras dan tabung drum berputar dengan berbagai gerakan untuk hasil cucian yang maksimal
  • Minim getaran yang tidak menimbulkan kesan berisik
  • Kapasitas cukup besar yaitu 8,5 kg, cocok dan tidak terlalu kecil
  • Harga relatif murah berkisar Rp. 2.899.000 s.d Rp. 3.250.000 di toko online

Tersedia jika tipe lain dengan harga yang lebih murah atau lebih mahal sedikit tergantung kapasitas drum. Semakin kecil kapasitas, semakin murah pula harganya.

  • Mesin cuci LG T2175VS2M dengan kapasitas cucian 7,5 kg
  • Mesin cuci LG T2108VS2M dengan kapasitas cucian 8 kg
  • Mesin cuci LG T2109VS2M dengan kapasitas cucian 9 kg

Demikian pembahasan mengenadi Daftar Mesin Cuci Terbaik dan Hemat Listrik tahun 2020, semoga bisa menjadi referensi yang baik untuk sahabat herfia.

Artikel terkait lainnya :

Sponsor