Ad

Mengatasi Sinyal Hilang Saat Hujan pada Parabola Mini

Penulis Herfia
Sponsor

Sebenarnya parabola mini bisa tahan terhadap cuaca, termasuk hujan. Begini cara mengatasi sinyal hilang pada parabola mini.

Cuaca merupakan faktor utama yang mempengaruhi kinerja parabola. LNB C Band maupun Ku Band akan mengalami penurunan sinyal ketika hujan. Akan tetapi, LNB C Band lebih tahan terhadap gangguan cuaca. Sedangkan LNB Ku Band mudah sekali kehilangan sinyal bahkan pada saat mendung sekalipun.

Bagi anda yang baru menggunakan parabola mini mungkin sedikit kaget, ketika mendung siaran di televisi hilang atau macet. Anda bisa cek info signal pada receiver, biasanya sinyal akan turun.

Mungkin ibu-ibu rumah tangga akan komplen kepada suaminya atau teknisi parabola mini ketika siaran hilang saat hujan. Kamu bisa menjelaskan kepada user pada saat menawarkan perangkat parabola.

Terangkan apa saja kelebihan dan kekurangan dari parabola mini. Informasikan pula mengenai perbedaan sinyal C Band dan Ku Band. Jika kamu sudah mengedukasi pelanggan, biasanya mereka akan mengerti perihal sinyal Ku Band ini.

Jika anda masih belum tahu kelebihan dan kekurangan parabola mini dapat membaca artikel saya sebelumnya.

Baca : Cara Memilih Parabola Agar Tidak Menyesal Kemudian

Kualitas kekuatan sinyal sebesar 60% kebawah menyebabkan siaran menjadi macet, audio juga macet.

Mengatasi Sinyal Hilang Parabolla Mini

Parabola mini kebanyakan menggunakan LNB Ku Band. Saya membeli parabola mini merk tanaka dengan ukuran 45cm, sangat kecil dan mini. Target satelit yang saya tuju yaitu Chinasat 11 Ninmedia. Awal pakai sempat kaget, ketika mendung sinyal turun sedikit, gerimis turun lagi kemudian hujan lebat tambah merosot kualitas sinyalnya.

Menurut saya kelemahan ini tidak terlalu fatal, karena keuntungan memakai parabola lebih banyak.

Baca : Saatnya Beralih Ke Siaran Televisi Digital Satelit Yang Bebas Iuran

Nah, sebenarnya masih ada cara mengatasi sinyal hilang saat hujan pada parabola mini.

  • Pakailah dish dengan ukuran diameter lebih dari 45 cm, misalnya pakai ukuran dish 60 cm atau 80 cm. Saya sendiri pakai parabola ukuran 45 cm dan tidak ada masalah dengan cuaca. Dari pengalaman user di grup dish ukuran 80 cm itu paling mantap untuk urusan ketahanan terhadap cuaca.
  • Usahakan mendapat kualitas sinyal di atas 74%. Saya mendapat kekuatan sinyal sebesar 77%. Saat mendung turun jadi 74%, gerimis turun menjadi 72 atau 69%. Dan ketika hujan menjadi 66%. Siaran televisi masih bisa dilihat tanpa kendala yang berarti. Jika sinyal hilang tunggu sebentar pasti naik lagi. Cara mendapat sinyal kuat dengan memutar dish kanan kiri, atas bawah sampai mendapat sinyal terkuat, kemudian putar LNB sampai mendapat sinyal paling tinggi.
  • Tutup LNB dengan botol air mineral. Pastikan anda menutup LNB dengan botol plastik, ada juga beberapa user yang memakai plastik kresek biasa. Hal ini bermanfaat untuk menghindari LNB terkena air hujan, sehingga kekuatan sinyal tidak terlalu mengganggu.

Cara ini hanya untuk mengatasi kelemahan sinyal Ku Band saat hujan, tidak berlaku untuk kondisi berikut :

  • Indikator signal menunjukan angka nol artinya LNB tidak tersambung dengan receiver atau LNB rusak.
  • Pengaturan parameter LNB salah, misalnya frekuanesi LNB Ku Band seharusnya di set Universal. Bisa diatur pada STB pilihan kamu.
  • Singal menunjukan nol karena sambungan konektor kabel coaxial lepas.
  • Ganguang pada fokus parabola misalnya dish penyok atau LNB tertutup sesuatu.

Saya sudah mencoba dan membuktikannya sendiri dengan dish 45 cm merk Tanaka. Oiya sekedar tambahan, kamu bisa menggabungkan dua satelit sekaligus dalam satu parabola. Hal ini bermanfaat untuk mendapat siaran yang lebih banyak. Ada juga yang menggabungka 4 satelit.

Baca : Daftar Satelit Yang Dapat Di Tracking Wilayah Indonesia

Demikian informasi perihal Cara Mengatasi Sinyal Hilang Pada Parabola Mini. Semoga bermanfaat untuk anda.

Arttikel Lainnya :

Sponsor