Sponsor
Sinyal Parabola Hilang

Begini Cara Mengatasi Sinyal Hilang Parabola Mini

Penulis Herfia
Sponsor

Sinyal Parabola Mini - Pernahkah kamu mengalami kondisi ketika sedang asik menonton televisi tiba - tiba layar blank atau no signal? Tentu hal ini akan membuat panik, jika tayangan yang kamu saksikan merupakan acara favorit.

Antena parabola berfungsi sebagai alat untuk menerima siaran televisi satelit, yang terdiri dari dish parabola, LNB dan Set Top Box. Gangguan terhadap penerimaan sinyal dari satelit akan mengakibatkan tayangan televisi terganggu atau bahkan hilang.

Banyak faktor yang mempengaruhi hal tersebut seperti pergeseran dish, LNB rusak, konektor lepas, gangguan cuaca dan sebagainya. Nah, gangguan sinyal satelit makanan sehari - hari bagi seorang teknisi. Mereka tentunya tahu betul bagaimana cara mengatasi sinyal hilang pada parabola.

Namun, bagi rekan - rekan pemula mungkin agak sedikit bingung mengenai apa saja yang perlu di perhatikan. Selain itu, bisa saja kamu memang belum pernah memperbaiki parabola sendiri.

Nah, kali ini Herfia akan memberikan penjelasan untuk mengenai cara mengatasi sinyal hilang pada parabola mini. Yuk, simak ulasannya!

Perhatikan Jenis Parabola

Jenis Parabola

Secara umum, televisi satelit terbagi menjadi tiga kategori yaitu frekuensi C Band, Ku Band dan S Band. Kanal frekuensi S Band biasa di gunakan oleh Pay TV, saya tidak akan membahasnya.

Frekuensi C Band

Sinyal frekuensi C Band biasanya dapat di peroleh dengan memakai perangkat parabola besar tipe jaring atau solid. Diameter yang ada di pasaran pada umumnya berukuran 6 feet atau 1.8 meter. Dish besar ini seringkali di pasang 1 sampai 4 buah LNB C Band.

Frekuensi C Band memang lebih tahan terhadap cuaca, namun kondisi cuaca ekstrim misalnya hujan lebat akan mengurangi penerimaan sinyal dari satelit. Maksimalkan penerimaan sinyak ketika melakukan tracking, sehingga ketika turun hujan sinyal masih tetap ada di batas stabil.

Selain itu, spektrum C Band rentan terhadap interferensi dari jaringan komunikasi dan Internet. Berikut cara mengatasinya :

Pengguna Prabola C Band wajib memaksimallkan sinyal pada saat tracking, sehingga penurunan sinyal masih berada di ambang stabil walaupun dalam kondisi hujan.

Frekuensi Ku Band

Frekuensi Ku Band lebih tahan terhadap interferensi, namun lemah terhadap gangguan cuaca seperti mendung dan hujan lebat. Sinyal satelit bisa langsung blank seketika.

Kelemahan parabola mini yang memakai frekuensi Ku Band tidak dapat dihilangkan sampai dengan saat ini. Namun, kita masih bisa mengurangi tingkat kelemahan tersebut.

Berikut cara mengatasi sinyal hilang pada saat hujan pada parabola mini :

  • Pada saat tracking satelit, usahakan memperoleh sinyal maksimal, atau paling tidak minimal harus 74%.
  • LNB di tutup dengan botol plastik atau benda apa saja yang kira kira dapat melindungi perangkat dari hujan. Dengan begini penurunan sinyal tidak terlalu kendara.
  • Semakin besar ukuran dish, maka penangkapan sinyal satelit akan lebih baik. Saya memakai dish 45 cm masih aman, namun diameter 60, 80 dan 100 lebih baik.

Cek Status Sinyal

signal satelit

Indikator sinyal dapat kamu tampilkan pada layar televisi dengan menekan tombol Info pada remote Set Top Box. Akan tampil dua status pada layar yaitu :

  • Signal, indikator paling atas berupa status sinyal dari LNB ke receiver. Jika menunjukan angka 60 atau di atasnya berarti penerimaan sinyal dari LNB ke STB sudah baik.
  • Kualitas atau Intensitas Sinyal, berupa indikator sinyal televisi yang diterima oleh perangkat parabola.

Jika signal menunjukan angka nol "0", bisa di pastikan bahwa LNB kamu rusak atau konektor ke LNB nya longgar. Coba cek konektor antara LNB dan Receiver, bila sudah kencang keduanya namun masih tetap nol berarti LNB nya rusak.

Jika kualitas atau intensiatas sinyal menuntukan angka nol "0", ini lebih gampang. Kamu tingal melihat faktor cuaca, mendung atau hujan dapat membuat sinyal blang. Namun, beberapa saat kemudian akan muncul lagi, tinggal tunggu saja.

Penurunan intensitas sinyal karena faktor cuaca dapat di minimalisir dengan cara di atas. Penggunaan istilah signal dan intensitas sinyal bisa saja berbeda untuk setiap receiver.

Lihat Parameter Receiver

parameter receiver

Pengaturan parameter pada receiver harus dilakukan dengan benar sesuai dengan yang diberikan oleh masing - masing satelit. Salah memasukan setting akan mengakibatkan sinyal satelit tidak dapat diterima.

Berikut beberapa pengaturan yang harus kamu perhatikan :

  • Frekuensi satelit harus di input dengan benar sesuai dengan nomor frekuensi dari provider.
  • Polaritas sesuaikan apakah horizontal atau vertikal.
  • Simbol Rate juga mesti di perhatikan agar tidak ada kesalahan input nomor.
  • Setting LNB untuk jaringan Ku band biasanya 9750 - 10600, spektrum C Band yaitu 5150

Menu pengaturan parameter pada setiap Set Top Box bisa saja berbeda, namum pada prinsipnya tetap sama.

Perhatikan Posisi LNB

Posisi LNB

Sinyal satelit juga tidak akan diterima jika penembatan posisi LNB salah. Pada saat tracking, jangan lupa untuk memutar LNB sesuai dengan arahnya, atau bisa kamu perkirakan.

  • C Band biasanya posisi LNB menghadap ke arah barat.
  • Ku Band umumnya LNB menghadap ke arah utara atau selatan dan ada juga yang mengadap ke bawah.

Tahukah kamu bahwa memutar posisi LNB juga bisa meningkatkan sinyal satelit. Kekuatan sinyal sebesar 60% kebawah, biasanya menyebabkan audio dan video pada layar televisi akan macet seperti kaset rusak.

Contoh, saya hanya mampu mendapat sinyal sebesar 66% ketika pertama kali tracking parabola mini. Kemudian saya memutar LNB sebagai langkah terakhir dan akhirnya sinyal sebesar 77 persen bisa di jangkau. Diameter dish yang digunakan yaitu 45 cm.

Perhatikan Dish Parabola

Dish Parabolaa

Cuaca ektrim seperti angin kencang dan hujan lebah terkadang dapat membuat posisi dish parabola bergeser. Hal ini dapat terjadi juga jika barut yang di pasang longgar. Posisi tiang dan dish yang bergeser akan mengakibatkan sinyal satelit hilang pada layar televisi kamu.

Untuk mengatasinya, cukup dengan menggerakan dish parabola agar kembali ke posisi semula. Pada kasus ini kamu sebaiknya tracking ulang frekuensi satelit dari awal.

Putar dan gerakan dish parabola secara perlahan hingga memperoleh sinyal maksimal.


Mengatasi Sinyal Hilang Parabolla Mini

Teknik jitu agar terhindar dari komplain pelanggan parabola mini :

  • Jelaskan kepada calon pembeli perihal produk antena parabola seuai dengan faktanya.
  • Jelaskan kelebihan dan kekurangan antena parabola mini.
  • Jelaskan bahwa teknisi hanya menjual jasa, tidak menjual channel.
  • Pasarkan produk dengan STB rekomendasi K Vision, Nex Parabolda atau Nusanatara HD

Parabola mini kebanyakan menggunakan LNB Ku Band. Saya membeli parabola mini merk tanaka dengan ukuran 45 cm, sangat kecil dan praktis. Target satelit yang saya tuju yaitu Chinasat 11 Ninmedia. Awal pakai sempat kaget, ketika mendung sinyal turun sedikit, gerimis turun lagi kemudian hujan lebat tambah merosot kualitas sinyalnya.

Selanjutnya saya memaksimalkan kualitas sinyal yang diterima yaitu sebesar 74% di tambah dengan menutup LNB dengan botol plastik. Hasilnya lumayan baik, penurunan sianyal saay mendung dan hujan gerimis tidak terlelu merosot.

Saya suka dengan antena parabola mini, karena keuntungan menonton siaran digital lebih banyak daripada analog. Oiya sekedar tambahan, kamu bisa menggabungkan dua satelit sekaligus dalam satu parabola. Hal ini bermanfaat untuk mendapat siaran yang lebih banyak. Ada juga yang menggabungkan 4 satelit di dalam satu dish.

Demikian informasi perihal Cara Mengatasi Sinyal Hilang Pada Parabola Mini. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi untuk sahabat herfia.

Arttikel Lainnya :

Sponsor