Contoh Daftar Riwayat Hidup - Curriculum Vitae (CV)

Daftar Riwayat Hidup - Curriculum Vitae (CV) merupakan sebuah dokumen yang isinya memberikan gambaran perihal pengalaman, potensi dan kualifikasi seseorang.

CV ini biasanya berisi biodata, riwayat pendidikan, pengalaman kerja, dan gambaran kemampuan yang dimiliki oleh seseorang. Nah, fresh graduate pada umumnya sudah mengenal istilah curriculum vitae.

Di universitas, biasanya terdapat materi perihal dunia kerja untuk menambah wawasan pada anak didik, agar dapat bersaing ketika lulus nanti. Mengingat, jumlah lapangan kerja lebih sedikit dibandingkan dengan calon pelamar yang mencari pekerjaan.

Struktur Curriculum Vitae

Curiculum vitae - daftar riwayat hidup di tulis dengan bahasa format dan terstrktur yang berisi data pribadi, riwayat pendidikan, pengalaman kerja dan kompetensi yang dimiliki oleh calon pekerja.

Simak ulasan singkatnya berikut ini.

Data Pribadi

Biodata dapat berupa penjelasan nama, jenis kelamin, status, agama, alamat, tanggal lahir, nomor kontak, email dan website.

Riwayat Pendidikan

Riwayat pendidikan berupa uraian singkat mengenai daftar pendidikan yang pernah di jalani, mulai dari sekolah dasar sampai dengan universitas. Sektor non format dapat di tambhakan jika masih ada space yang memungkinkan.

Pendidikan non format misalnya beberapa kursus atau pelatihan yang pernah di ikuti serta mendapat sertifikatnya.

Pengalaman Kerja

Untuk pengalaman kerja, kamu bisa menjelaskan beberapa perusahaan yang pernah menjadi tempat bekerja beserta jabatan yang di pegang. Sebutkan nama perusahaan, jabatan, tahuan mulai bekerja dan tahun berkahirnya.

Kemampuan atau Komptensi Pribadi

Selain itu, jangan lupa juga untuk menguraikan perihal kemampuan yang kamu miliki seperti, penguasaan bahasa inggris bagaimana, kemampuan dalam pengoperasian software office dan yang lainnya.

Hobi

Beberapa orang ada yang mencatumkan mengenai hobi yang biasa mereka lakukan. Contoh hobi yang bisa di cantumkan yaitu membaca, musik, kuliner, bersepeda atau hobi lain yang sifatnya positif.

Pada awalanya, daftar riwayat hidup - curriculum vitae (cv) di buat dalam format biasa, bahkan beberapa orang memakai tulis tangan. Memang, tidak ada standarisasi khusus mengenai hal ini.

Namun, sebaiknya kamu mulai mengikuti perkembangan zaman dengan membuat daftar riwayat hidup - curriculum vitae yang unik, bagus dan menarik.

Nah, bagaimana tujuan, manfaat dan cara membuat daftar riwayat hidup yang benar? Simak ulasannya.

Tujuan Membuat Curriculum Vitae

Curriculum Vitae CV

Pada saat sebuah perusahaan ternama membuka lowongan kerja, para pelamar kerja berlomba-lomba memberikan berkas terbaik mereka. Dengan harapan, perusahaan dapat memilih berkas mereka.

Nah, untuk menjadikan surat lamaran kerja kamu terpilih, tentunya berkas yang di buat harus menarik pada kesan pertama, bagus pada saat di lihat pertama kali.

Boleh jadi, penampilan di pas foto biasa saja. Tetapi perusahaan tertarik untuk mengetahui kamu lebih jauh ,hanya karena berkas yang di buat berbeda dari yang lain. Peluang untuk dipanggil wawancara menjadi lebih besar.

Curriculum vitae bertujuan untuk menjelaskan secara singkat mengenai data diri dan potensi yang dimiliki oleh calon pekerja. Data ini dibutuhkan oleh tim seleksi calon pegawai.

Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup

Daftar riwayat hidup - curriculum vitae (cv) merupakan tiket kamu dalam memasuki dunia kerja. Dokumen ini akan di lampirkan pada berkas lamaran pekerjaan. Pastikan untuk membuatnya se-menarik mungkin agar lebih menonjol dan memikat petugas rekrutment di perusahaan yang kamu impikan.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan daftar riwayat hidup:

  • Sebaiknya tidak menulis daftar riwayat hidup secara manual.
    Membuat dan mengisi curriculum vitae melalui komputer kemudian di print. Hal ini akan menunjukan bahwa anda termasuk orang yang rapi dalam mengerjakan sesuatu. Selain itu, berkas lamaran anda setidaknya bisa bersaing dengan calon pekerja yang lain.
  • Hindari membuat daftar riwayat hidup yang sudah umum.
    Tampilan dari curriculum vitae bisa lebih fleksibel dibanding dengan tampilan surat lamaran kerja yang harus baku sesuai standar umum. Cukup banyak model cv, jadikan berkas anda tampil beda.
  • Tulis data diri, pendidikan, potensi diri dan gambaran lainnya secara singkat. Tidak bertele-tele dan jangan menulis yang tidak penting.
  • Buat daftar riwayat hidup dalam 1 lembar, bila tidak memungkinkan maksimal hanya 2 lembar.
  • Masukan pas foto anda, tidak di tempel. Tapi di print menjadi satu halaman saja.
  • Masukan lembar daftar riwayat hidup di halaman kedua setelah surat lamaran kerja.

Baca :

Berikut merupakan contoh curriculum vitae yang sudah umum dibuat, sebaiknya jangan menggunakan format umum di bawah ini :


DAFTAR RIWAYAT HIDUP

Data Pribadi
Nama : Herfia
Jenis Kelamin : Laki-Laki
Tempat Lahir : London
Tanggal Lahir : 05 Mei 1995
Kewarganegaraan : Indonesia
Status : Menikah
Agama : Islam
Alamat : Jl. Imperium No. 5 London
Telepon : 081666555444
Email : herfia@gmail.com


Pendidikan
1995 - 1996 : SDN I London
1996 - 1997 : SMPN I London City
1997 - 1998 : SMAN I Imperium
1998 - 1999 : Universitas Teknologi IT

Kemampuan
Menguasai software office seperti ms office, libre office dan wps office
Menguasai bahasa inggris yang bersifat pasif

Pengalaman Kerja
PT. London Sky sebagai branch manager 1999 - 2017
PT. Herfia Tbk sebagai direktur utama 2017 - 2018


Nah berikut ini merupakan contoh daftar riwayat hidup atau curriculum vitae yang menarik, baik dan benar. Mampu bersaing dengan format yang lain. Saya lebih merekomendasikan cv dengan tampilan unik, tanpa mengabaikan unsur formalitas dan kebakuan bahasa yang digunakan.

Curriculum Vitae Herfia

Format curiculum di atas hanyalah contoh, kamu bisa mencarinya di internet atau pada pembahasan saya selanjutnya.

Demikian sedikit ulasan yang dapat saya sampaikan. Jangan ragu untuk memberikan saran atau tambahan lain perihal pembahasan daftar riwayat hidup atau curriculum vitae.

Semoga anda bisa diterima di perusahaan yang anda harapkan. Bekerja ialah ibadah, untuk menghidupi diri, keluarga dan saudara sesama. Salam Herfia.

Artikel Lainnya :

Penulis Herfia

"Sebagian kata atau kalimat mungkin merupakan opini pribadi. Jika ada isi konten maupun gambar yang memiliki Hak Cipta, dapat menghubungi kami melalui halaman Kontak, agar dapat kami perbaiki."

Copyright 2019 Herfia