Menu Tutup

HP Cepat Panas? Ini Cara Ampuh Mengatasi HP Panas

cara-ampuh-mengatasi-hp-panas-herfia

Cara-Ampuh-Mengatasi-HP-PanasBingung dan kesal karena HP kamu cepat panas, lebih panas smartphone kamu atau oven? Berikut herfia akan memberi informasi cara ampuh mengatasi HP panas.

Kamu mungkin termasuk pengguna android aktif. Sama seperti saya, karena zaman sekarang kita tidak bisa lepas dari ponsel untuk menjaga mobilitas yang tinggi. Ibarat kata, lebih baik ketinggalan dompet daripada ketinggalan ponsel.

Bagi kamu yang sering menggunakan ponsel untuk pekerjaan maupun tugas sehari-hari, tentunya daya tahan dan kecepatan ponsel menjadi hal yang sangat penting. Hal ini akan menjadi masalah ketika HP cepat panas, dimana kamu menjadi takut pekerjaan jadi tertanggu atau takut ponsel kamu rusak (meledak).

Untuk membuat HP memiliki daya tahan tinggi sudah saya bahas pada artikel sebelumnya yaitu 10 Cara Menghemat Baterai Android agar Awet dan Tahan Lama.

Apa saja efek ponsel yang panas atau overheat?

  • Ponsel overheat dapat menimbulkan resiko perangkat meledak
  • Ponsel panas menyebabkan komponen di dalam ponsel rentan mengalami kerusakan
  • HP panas menyebabkan kinerja smartphone menjadi lambat dan multitasking tertanggu

Sebelum kita mebahas cara untuk mengatasi HP cepat panas, alangkah baiknya kita mengetahui terlebih dahulu penyebab ponsel menjadi panas.


Penyebab Ponsel HP Cepat Panas

1. Kondisi Sinyal

Mengatasi HP Panas - HerfiaPonsel android secara otomatis akan mencari sinyal dan jaringan yang tersedia pada lokasi dimana kita berada. Sistem akan bekerja secara terus-menerus untuk mencari sinyal terbaik yang bisa di tangkap antena penerima sinyal.

Jaringan terbaik saat ini berada di jaringan 4G, ketika jaringan 4G hilang maka ponsel secara otomatis mencari jaringan di bawahnya yaitu 3G. Ketika jaringan 3G/HSDPA hilang, maka ponsel akan mencari jaringan di bawahnya yaitu EDGE atau di bawahnya lagi GPRS.

Kondisi sinyal yang lemah dan tidak menentu menjadi salah satu penyebab HP cepat panas.

2. Casing

Beragam casing ponsel sudah banyak beredar dengan berbagai macam bentuk dan pilihan. Menariknya berbagai model casing membuat para pengguna ponsel lupa akan pengaruh casing terhadap ponsel itu sendiri.

Misalnya, casing dengan bahan metal atau aluminium. Jenis casing ini mempengaruhi suhu ponsel android kamu. Suhu ponsel akan menjadi berlipat ganda, loh kok bisa?

Jika berada di ruangan dingin, casing metal akan semakin dingin begitu pula sebaliknya akan semakin panas.

3. Cuaca

Tips Mengatasi HP PanasCuaca dan kondisi lingkungan merupakan faktor eksternal yang menyebabkan HP cepat panas. Cuaca panas menyebabkan suhu di sekitar menjadi naik. Hal ini berpengaruh terhadap suhu barang-barang yang ada di lingkungan tersebut, termasuk ponsel kamu.

Selain itu, panas matahari juga menyebabkan suhu ponsel naik, coba saja HP kamu di jemur. Di jamin maknyosss.

Menyimpan ponsel di celana atau tas juga berpengaruh lho.

4. Baterai

Baterai double power atau baterai abal-abal sangat beresiko menjadi salah satu penyebab HP cepat panas. Kita tidak tahu pasti berapa daya yang dikeluarkan baterai double power dibanding dengan baterai original. Daya yang terlalu berlebihan tentu membuat ponsel menjadi panas.

Sedangkan baterai abal-abal saya tidak mengetahui secara pasti akan kualitas yang diberikan apakah sesuai standar atau tidak. Hati-hati terhadap baterai abal-abal.

5. Aplikasi

Semakin kesini, spesifikasi ponsel semakin meningkat seperti kapasitas penyimpanan yang lebih besar dan kecepatan proses yang semakin singkat atau cepat.

Hal ini mendorong kita untuk memasang aplikasi dan game sebanyak-banyaknya. Dan terlalu banyak aplikasi yang berjalan secara bersamaan akan membuat HP kamu panas.


Berikut Cara Ampuh untuk Mengatasi HP Panas

1. Jangan Gunakan Baterai Double Power

Nah, sebaiknya kamu menggunakan baterai original. Mengapa demikian? Baterai original sudah di rancang sedemikian rupa untuk mensuplai daya sesuai dengan spesifikasi ponsel yang dimiliki, sesuai dengan kondisi ROM yang dimiliki.

Memang, ada kalanya kita kesulitan mendapat baterai original dan akhirnya memakai baterai aftermarket. Pilih baterai aftermarket yang berkualitas.

Baterai yang sesuai dengan spesifikasi ponsel akan mengurangi resiko HP panas.

2. Kurangi Aplikasi Latar Belakang

Memasang aplikasi sebanyak-banyaknya memang boleh, sayang kalau spesifikasi ponsel yang cukup besar tidak di manfaatkan. Namun, hal yang harus di perhatikan yaitu pengaturan aplikasi yang berjalan di latar belakang.

  • Atur aplikasi yang berjalan di latar belakang
  • Nonaktifkan aplikasi bawaan pabrik yang tidak digunakan (berpengaruh terhadap aplikasi yang berjalan di latar belakang)
  • Batasi aplikasi social media, gunakan hanya beberapa yang perlu saja

3. Perhatikan Kondisi Sinyal

Perhatikan kondisi sinyal di tempat kamu berada, gunakan pengaturan manual saja seperti pilihan hanya EDGE atau hanya 3G atau hanya 4G.

Jika sinyal internet begitu lemah, sebaiknya matikan data untuk sementara waktu.

4. Perhatikan Spesifikasi Ponsel

Sebaiknya kita mengetahui spesifikasi ponsel yang dimiliki. Jika ponsel mempunyai spesifikasi rendah, batasi jumlah aplikasi yang di pasang. Jangan terlalu banyak memasang aplikasi online.

Hindari memasang game android yang berat, karena ponsel akan bekerja terlalu keras akibatnya panas berlebihan.

5. Perhatikan Casing dan Kondisi Lingkungan

Casing dengan bahan plastik atau silikon lebih baik daripada casing yang berbahan metal. Perubahan suhu ruangan yang berubah secara dratis tidak terlalu berpengaruh banyak terhadap casing berbahan plastik maupun silikon.

Hindari menggunakan casing yang berbahan metal seperti penjelasan diatas.

Kondisi lingkungan juga harus di perhatikan seperti hindari penggunaan ponsel di bawah sinar matahari langsung. Kecuali untuk mengambil photo atau video, karena ponsel di operasikan secara vertikal. Sehingga efek panas sinar matahari langsung dapat berkurang.

6. Bijak Dalam Penggunaan Ponsel

Nah, semua kembali kepada user atau pengguna masing-masing. Apakah kamu termasuk pengguna yang mengoperasikan ponsel untuk bermain game online secara terus menerus? Panas bukan?

Berikan waktu istirahan atau jeda dalam bermain game online sekitar minimal 10 menit untuk menurunkan suhu ponsel.


Kesimpulan

Apabila HP terlalu panas dapat menimbulkan resiko kerusakan pada komponen ponsel. Bahkan yang paling berbahaya bisa menyembabkan ponsel meledak. HP panas dapat di atasi tergantung dari pengguna nya sendiri. Mulai dari cara menggunakan ponsel, jumlah aplikasi yang berjalan di latar belakang, kondisi suhu kamar, pemakaian perangkat ponsel seperti casing dan baterai.

Semua itu berpengaruh pada suhu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *