Flashdisk Tidak Terbaca

Cara Memperbaiki Flashdisk Tidak Terbaca Edisi 2020

Herfia
Sponsor

Halo sahabat Sabiru! Memperbaiki Flashdisk tidak terbaca ternyata sangat mudah, hanya dengan sedikit trik maka permasalahan seperti ini bisa diatasi.

Flashdisk merupakan sebuah alat penyimpanan data yang bersifat portable dengan ukuran kecil dan ringan. Karena desain yang ringkas, perangkat ini mudah di bawa kemana - mana, serta seringkali dijadikan media untuk menyimpan file sementara.

Saat ini, kapasitas flashdisk cukup lega mulai dari 2GB hingga 512GB dan telah tersedia di berbagai toko baik offline maupun online. Kamu bisa memperolehnya dengan harga yang relatif murah.

Terkadang pengguna harus menghadapi beragam permasalahan pada flashdisk seperti :

  • Flashdisk tidak terbaca pada saat di koneksikan ke komputer atau televisi.
  • Flashdisk terkena virus sehingga file di dalamnya tak dapat dibuka.
  • Flasdisk tidak bisa di format sama sekali.

Nah, jangan panik bila kamu menemui kendala yang kami sebutkan di atas. Pada pembahasan kali ini, saya akan memberikan beberapa metode untuk mengatasi flasdisk tidak terbaca.

Cek Kondisi Flashdisk

Cek Kondisi Flashdisk

Analisa paling penting dalam memperbaiki flashdisk tidak terbaca yaitu cek kondisi perangkat. Pastikan terlebih dahulu bahwa flash drive tidak mengalami kerusakan dari sisi hardware.

Contoh kerusakan fisik misalnya pecah, penyok, port terputus, hangus terbakar dan sebagainya. Nah, masalah seperti ini tidak dapat diperbaiki, kamu perlu mengganti dengan yang baru.

Namun, ada kalanya flashdisk masih mulus tetapi pada saat terhubung dengan komputer malah tidak terbaca. Inilah yang bisa diselamatkan dengan cara tertentu.

Periksa Port USB

Flashdisk dapat berkomunikasi dengan komputer, televisi dan smartphone melalui port USB (versi 2 dan 3). Tanpa bantuan port ini, mustahil kedua perangkat mampu saling terhubung.

Bisa jadi, sebenarnya flashdisk kamu masih normal tetapi port usb pada PC bermasalah. Oleh karena itu, cobalah periksa dengan cara memindahkan flash drive ke port yang lain.

Biasanya komputer maupun laptop menyediakan lebih dari satu buah port USB.

Reinstall Driver USB

Driver USB Flashdisk

Driver USB memang diperlukan agar sistem operasi Windows mengenali flashdisk pada saat dihubungkan. Hal ini berlangsung secara otoamtis ketika perangkat terkoneksi dengan port.

Namun, ada kalanya driver yang terpasang mengalami kerusakan atau corrupt. Oleh karena itu, kita bisa melakukan metode reinstall driver USB dengan cara:

  • Hubungkan flashdisk ke komputer atau laptop.
  • Tekan tombol "Start" lalu pada kolom pencarian ketik "Device Manager".
  • Akan muncul jendela baru pilih "Disk Drive", lalu cari perangkat yang berisi kata "Flash Disk", kemudian klik kanan "Uninstall Device".
  • Cabut flashdisk kemudian restart komputer.
  • Hubungkan kembali flashdisk, maka windows akan memasang driver terbaru secara otomatis.
  • Selesai, silahkan gunakan flash drive seperti biasa.

Format Flashdisk

Mungkin, sebagian di antara kamu akan langsung memakai USB flash drive setelah membeli dari toko. Tak pernah terfikir untuk memformatnya terlebih dahulu atau memang sengaja seperti itu.

Sebenarnya, melakukan formatting pada USB Drive sebelum digunakan amatlah penting dan juga bukan hal yang sulit untuk dilakukan. Pada saat flashdisk di format, filling system akan dibuat agar data yang tersimpan dapat terorganisir, hingga pada akhirnya perangkat mampu bekerja dengan performa terbaiknya.

Windows Explorer

Formatting USB Flash Drive melalui Windows Explorer merupakan cara termudah, dimana kamu cukup melakukan klik kanan pada drive yang akan di format. Metode ini hanya berfungsi untuk menghapus semua data agar flashdisk tidak terbaca dapat digunakan kembali.

Hampir semua pengguna komputer tentunya mengetahui cara memformat media penyimpanan melalui Windows Explorer. Namun, bila metode ini belum membuahkan hasil, kamu tinggal mencoba solusi lain yang lebih spesifik.

Disk Management

Disk Management adalah sebuah tool bawaan dari Windows yang berguna untuk melihat sekaligus mengatur konfigurasi Harddisk, SSD, Flashdisk dan media penyimpanan lainnya.

Fungsi yang tersedia cukup banyak seperti membuat, menghapus dan menggabungkan partisi serta mengubah ukuran disk. Bukan hanya itu, kita juga bisa memanfaatkan nya untuk memperbaiki flashdisk tidak terbaca.

Cara format flashdisk melalui Disk Management :

  • Tekan tombol "Start" pada komputer Windows 7 / 8 / 10
  • Ketik pada kolom pencarian "Disk Manage" lalu pilih "Create and format hard disk partitions"
  • Kamu akan memasuki jendela Disk Management
  • Cari drive flashdisk kamu, kemudian "Klik Kanan > Format "
  • Selesai, flashdisk dapat berfungsi kembali.

HDD Low Level

HDD Low Level merupakan software khusus yang akan membantu kamu melakukan format tingkat rendah. Tidak hanya menghapus informasi perangkat, tetapi secara fisik me-reset drive.

Kemampuan ini bisa kita manfaatkan untuk mengatasi flashdisk tidak terbaca, namun tentunya semua data akan hilang. Cara memperbaiki flash drive melalui software pihak ketiga:

  • Pasang terlebih dahulu software HDD Low Level.
  • Sambungkah flashdisk ke komputer.
  • Buka software tersebut dengan hak akses administrator.
  • Pilih media penyimpanan flashdisk yang sedang tersambung lalu tekan "Continue".
  • Pilih tab "Low Level Format" dan tekan tombol "Format This Device".
  • Tunggu sampai proses selesai, selanjutnya flashdisk akan berfungsi kembali.

Scan Virus Flashdisk

Virus komputer jenis tertentu pada dasarnya dapat menginfeksi file pada flashdisk, sehingga pengguna tidak dapat melihat atau mengakses data di dalam media penyimpanan tersebut.

Apa jadinya bila file - file penting di dalam flashdisk tidak terbaca alias kosong. Namun, ketika kita melihat detail properti menunjukan bahwa sebenarnya data masih ada.

Kamu dapat melakukan scan virus dengan bantuan software antivirus pada flashdisk tersebut. Dengan cara ini, memang USB Flash Drive dapat berfungsi kembali.

Tetapi, terkadang file yang ada di dalamnya ikut rusak atau malah di karantina oleh Antivirus.

Buka Flashdisk di Linux

Buka Flashdisk di Linux

Sistem operasi Linux merupakan solusi paling ampuh untuk memperbaiki flashdisk tidak terbaca tanpa harus kehilangan data. Bagi sebagian orang, file yang ada di dalam media penyimpanan itu lebih penting daripada sekedar melakukan format ulang.

Jika belum mencoba, sebaiknya tidak langsung menghakimi bahwa linux itu susah. Virus komputer yang menyembunyikan file flashdisk hanya bekerja pada sistem operasi Windows.

Nah, ketika kamu menghubungkan ke Linux, maka virus tersebut tidak dapat beroperasi. Secara otomatis file yang ada pada flashdisk akan langsung terlihat.

Mengatasi flashdisk tidak terbaca lewat linux:

  • Nyalakan komputer yang sudah terpasang OS Linux.
  • Buka file manager pada sistem operasi linux tersebut.
  • Hubungkan flashdisk keport USB.
  • File di dalam flashdisk akan terbaca, silahkan kamu pindahkan data yang penting nya saja ke folder di komputer.
  • Format flashdisk di linux untuk menghilangkan virus.

Bagaimana seandainya kamu tidak memasang linux di komputer. Santai, siapkan saja flashdisk lain yang masih berfungsi. Kemudian cari distro linux sesuai dengan selera kamu, pilih yang paling populer saja.

Burning file ISO Linux ke dalam flashdisk, kalau sudah booting saja dari USB tersebut. Pilih try OS artinya ga perlu di install, bila sudah masuk desktop, silahkan hubungkan flash drive yang sebelumnya tidak terbaca di windows.

Kesimpulan

Masalah flashdisk tidak terbaca seringkali dialami oleh hampir semua pengguna media penyimpanan eksternal. Hal ini tentu membuat repot, apalagi bila file yang tersimpan di dalamnya begitu penting.

Banyak metode untuk mengatasi flashdisk yang rusak, salah satu yang paling mudah yaitu format. Namun, solusi paling aman ialah memanfaatkan sistem operasi linux untuk memperbaikinya.

Demikian pembahasan singkat mengenai Cara Memperbaiki Flashdisk Tidak Terbaca Edisi 2020. Semoga bisa menjadi referensi dan bermanfaat untuk sahabat Sabiru yang sedang kebingungan mengatasi kendala USB Flash Drive.

Tentang Penulis

" Mungkin tidak banyak kebaikan yang bisa kulakukan, hanya sedikit goresan pena ini yang berharap bisa bermanfaat untuk semuanya. By Herfia."

enterlaptop-phonerocket linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram