Emulator Android Ringan

5 Emulator Android Ringan di Windows Edisi 2020

Penulis Herfia

Emulator Android Ringan - Perkembangan kemajuan teknologi selular sudah tak dapat di bendung lagi, dimana smartphone telah mendunia. Di gunakan oleh hampir semua orang untuk membantu berbagai keperluan sehari - hari, termasuk pekerjaan.

Android merupakan salah satu sistem operasi berbasis mobile yang paling populer saat ini. Belum lagi, pembaharuan sistem yang rutin di rilis setiap tahun membuat pangsa pasar ponsel selalu menarik untuk disimak.

Bentang layar smartphone yang kecil membuat para pengguna tidak kehabisan akal dalam menikmati canggihnya teknologi. Kita bisa melakukan transfer display kepada layar televisi, bahkan komputer di rumah pun mampu menjalankan Android secara mandiri.

Nah, Android Emulator ringan menjadi alternatif buat para developer maupun pengguna yang hobi gaming untuk menikmati pengalaman berbeda bermain game mobile di laptop.

LDPlayer

LDPlayer - Emulator Android

LDPlayer merupakan emulator android ringan untuk pengguna komputer yang ingin bermain game android pada sistem operasi Windows. Kompabilitasnya cukup baik dalam menjalankan game mobile berkinerja tinggi di PC.

Emulator ini dibekali dengan Android Nougat versi 7.1.2, dimana terdapat pengaturan tersendiri untuk meningkatkan permformanya, kamu tinggal mengaktifkan Virtualization Technologi. LDPlayer akan berfungsi dengan baik pada komputer yang memiliki Processor Intel maupun AMD.

Teknik pengaturan LDPlayer untuk kualitas gaming yang mulus :

  • Resolusi, CPU dan RAM samakan dengan spesifikasi komputer.
  • Disk Management pilih manual saja dengan ukuran 16 GB.
  • Pada tab "Properties" terdapat pilihan "Mobile Model for High Performance", sesuaikan dengan jenis game yang kamu mainkan.

Kamu dapat mengakses Google Play Store untuk memasang beragam aplikasi atau game sesuai selera. Oiya, ada juga LDPlayer 3.0 yang dibenamkan Android Masrhmallow 5.1, saran saya lebih baik memilih versi terbaru saja yang di klaim paling ngebut.

Prime OS

Prime OS - Emulator Android

Prime OS lebih dari sekedar emulator android ringan karena merupakan sistem operasi khusus yang berjalan secara mandiri. Hal ini membawa pengalaman komputasi kamu lebih kearah mobile, baik dari isis aplikasi maupun gaming.

Kenyamanan Android yang hadir di Personal Computer ( PC ) lebih terasa ketimbang hanya memasang emolator saja. Tampilan antar muka Prime OS cukup sederhana, bersih dengan nuansa yang menarik.

Fitur yang terdapat pada Prome OS :

  • Dukungan terhadap "multi window" yang dapat di ubah ukuran layar nya sesuai dengan keinginan.
  • Opsi untuk menonaktifkan multi jendela tersebut pada aplikasi yang tidak diperlukan.
  • Tersedia pinasan keyboard umum atau shortcut seperti alt+tab, alt+f4 dan sebagainya.
  • Fitur pemetaan keyboard dan mouse untuk keperluan gaming yang lebih baik.
  • Tersedia fungsi Fake GPU yang mampu memainkan game apapun.
  • Sudah terpasang Open Gapps ( Play Store ) agar memudahkan kamu mencari beragam aplikasi maupun game yang diinginkan.

Paket instalasi tersedia dalam dua pilihan yaitu dalam bentuk software Windows atau file ISO Image. Satu hal yang perlu kamu ketahui, pemasangan Prime OS secara otomatis akan membuat komputer kamu masuk dalam mode Dualboot.

Cara instalasi emulator android bernama Prime OS :

  • Unduh Prime OS windows installer versi terbaru pada situs resminya.
  • Buka paket instalasi yang memiliki ekstensi ".exe", kemudian pilih Drive dimana kamu akan memasang Prime OS.
  • Masukan ukuran penyimpanan misalnya sebesar 4GB.
  • Lanjutkan proses instalasi ( abaikan notifikasi pop up untuk memformat partisi baru ).
  • Sistem Windows kamu akan melakukan Restart, biarkan proses pemasangan dimulai dengan sendirinya.
  • Setelah instalasi selesai, ketika menyalakan komputer akan muncul tampilan dua sistem operasi yaitu Windows dan Prime OS.
  • Pilih Prime OS lalu nikmati serunya gaming mobile di komputer.

Nah, bagaimana cara pemasangannya, mudah bukan? Prime OS akan bekerja secara mandiri sehingga lebih cepat dibandingkan emulator yang bekerja pada OS Windows.

Phoenix OS

Phoenix OS - Emulator Android

Mungkin kamu pernah mendengar Phoneix OS yang memang telah lama dikenal sebagai emulator android ringan. Versi 3 dikembangkan berdasarkan basis Android Nougat 7.1 dengan dukungan kompabilitas tinggi.

Phoenix OS sendiri hadir dalam dua tipe yaitu versi utama untuk pengguna komputer dan model ARM. Tata cara pemasangan nya dapat disesuaikan dengan selera kamu, karena tersedia dalam pilihan software windows atau file ISO.

Cara pemasangan Phoenix OS :

  • Unduh file instalasi versi terbaru dari website resminya, pilih yang berupa exe installer saja.
  • Buka dan jalankan program instalasi yang memiliki ekstensi ".exe".
  • Pilih Install to Hardisk, biarkan hingga pemasangan selesai.
  • Komputer kamu nantinya restart, lalu akan muncul pilihan dua sistem operasi yaitu Windows dan Phoenix OS (dualboot).

Nah, secanggih apapun ponsel yang kamu punya, tetap saja ukuran layar nya memang kecil. Phoenix OS memberi pengalaman mobile gaming menjadi lebih menarik pada komputer.

Nox Player

Nox Player - Emulator Android

Nox Player merupakan emulator android ringan yang secara khusus mengedepankan pengalaman gaming. Performa super nya membuat game android lebih lancar dan stabil dimainkan pada komputer.

Berikut beberapa fitur yang terdapat pada Nox Player :

  • Pemetaan tombol keyboard, mouse dan gamepad.
  • Fitur rooting android dalam waktu kurang dari satu menit saja.
  • Pengaturan pemakaian CPU dan RAM untuk mendapatkan hasil permainan yang lebih baik.
  • Bersifat gratis tanpa adanya iklan.

Nox Player sedikit memberikan beban pada sistem komputer, oleh karena itu ketika menjalankan emulator ini, sangat disarankan untuk menutup aplikasi lain. Tampilan User Interface sangat sederhana dan mudah dimengerti.

Bluestack

BlueStacks - Emulator Android

BlueStacks merupakan emulator android ringan yang memungkinkan kamu untuk menjalankan berbagai aplikasi dan game mobile melalui Windows atau Mac. Pada awalnya di dirikan tahun 2011, kemudian menjadi salah satu emulator yang paling populer saat ini.

Pengaturan pada BlueStacks relatif lebih mudah jika kita bandingkan dengan software sejenis lainnya. Paket instalasi tersedia versi 32 dan 64 bit, jadi jangan sampai salah memilih, sesuaikan dengan jenis SIstem Operasi pada komputer kamu.

BlueStacks paling unggul dalam kinerja ketika menjalankan game mobile, namun sedikit berat pada saat menjalankan aplikasi android. Selain itu, terdapat iklan sponsor yang membuat emulator ini kalah saing.

Diperlukan spesifikasi komputer yang bertenaga untuk menjalankan BlueStacks dengan mulus. Komputer spek kentang sebaiknya mencari alternatif emulator lain yang lebih ringan.

Kesimpulan

Emulator Android adalah software yang dapat mensimulasikan sistem operasi Android di komputer untuk berbagai keperluan. Pengguna dapat mengoperasikan aplikasi atau memainkan game mobile secara normal.

Berikut beberapa alasan kenapa kamu membutuhkan emulator android :

  • Menjalankan aplikasi android pada komputer, misalnya Instagram, WhatsApp, Office dan sebagainya.
  • Game mobile lebih cepat dan lancar jika dimainkan di laptop, inilah yang sering menjadi alasan orang memasang emulator.
  • Terasa nyaman karena layar komputer itu besar dan kontrol game makin baik.
  • Tidak ada batasan kapasitas baterai yang terbatas ketika mengoperasikan emulator di komputer.
  • Tidak ada lagi aplikasi yang berjalan di background, jadi lebih enak buat pengguna.
  • Laptop cenderung lebih bertenaga dengan media penyimpanan besar jika dibandingkan dengan ponsel.

Nah, itulah pembahasan mengenai 5 Software Emulator Android Ringan untuk Windows Edisi 2020. Semoga bisa menjadi referensi dan bermanfaat bagi kamu yang sedang mencari emulator.

Tentang Penulis

" Mungkin tidak banyak kebaikan yang bisa kulakukan, hanya sedikit goresan pena ini yang berharap bisa bermanfaat untuk semuanya. By Herfia."

rocket linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram