4 Cara Ampuh Mengirim Surat Lamaran Kerja Via Email

Email Surat Lamaran Kerja - Kemajuan teknologi informasi membawa dampak perubahan terhadap tata cara perekrutan karyawan oleh instansi maupun perusahaan. Pada awalnya, orang melamar pekerjaan dengan cara mendatangi kantor yang membuka lowongan atau mengirimkan berkas melalui kantor pos.

Dulu, untuk mendapat pekerjaan kamu harus mencari iklan lowongan kerja melalui koran atau informasi dari teman. Mempersiapkan berkas lamaran, kemudian mendatangi perusahaan yang dituju. Berkas di titipkan kepada salah satu petugas atau security. Untuk menghemat waktu dan tenaga, sebagian orang akan mengirimkan berkas lamaran kerja melalui kantor pos terdekat.

Perusahaan akan menerima berkas permohonan lamaran pekerjaan dalam jumlah yang banyak. Menyeleksinya satu persatu, kemudian memilih beberapa yang cocok untuk di panggil interview atau wawancara. Proses perekrutan calon karyawan seperti ini tidak praktis dan memakan banyak waktu.

1. Persiapan Berkas Lamaran Kerja

Email Berkas Surat Lamaran Kerja

Di era modern ini, sebagian perusahaan besar atau instansi terkemuka mulai menggunakan internet dalam proses pembukaan lowongan pekerjaan. Mulai dari iklan lowongan kerja sampai proses berkas lamaran yang harus dikirim melalui Email. Kini lebih praktis, mudah dan efisien daripada memakai cara lama.

Untuk bisa mengirim surat lamaran kerja melalui email, kamu harus memenuhi beberapa persyaratan berikut :

  • Sudah membuat akun email seperti Gmail, Outlook, Ymail atau lainnya.
  • Memiliki koneksi internet sebagai sarana untuk pengiriman data melalui email.
  • Mempunyai berkas lamaran lengkap dalam bentuk softcopy dalam format PDF, bukan hardcopy.

Membuat berkas lamaran kerja dalam bentuk softcopy bisa dilakukan memalui scanner atau kamera ponsel. Akan tetapi saya lebih menyarankan agar memakai scanner asli untuk hasil gambar atau file yang lebih rapi, jelas dan bersih.

Scan dokumen lewat ponsel terkadang warnanya tidak natural, hasil scanner yang miring atau terlihat tidak rapi. Hindari hal-hal yang seperti ini, untuk menunjukan kerapihan cara kerja kamu yang tercermin dari berkas lamaran tersebut.

Berikut berkas softcopy lamaran kerja yang harus kamu persiapkan:

  • Surat Lamaran Kerja format pdf
  • Curriculum Vitae dalam format pdf
  • Scan ijasan dan sertifikat pendukung lainnya
  • Scan KTP
  • Pas Foto ukuran 3 x 4 atau sesuai ketentuan perusahaan
  • Berkas lain sebagai pelengkap permohonan kerja kamu
  • Beberapa berkas tertentu sesuai permintaan instansi yang membuka lowongan

Semua file di kompress dalam bentuk zip atau jika memungkinkan dapat di satukan menjadi satu file PDF. Jumlah ukuran semua berkas sebaiknya tidak lebih dari 20 Mb. Untuk mengatasinya kamu harus menyesuaikan resolusi ketika scan dokumen agar tidak terlalu besar, misalnya resolusi 150 dpi atau 200 dpi.

Baca :

2. Pengiriman Berkas Lamaran Melalui Email

email lamaran pekerjaan

Semua berkas yang diperlukan sudah terkumpul dalam bentuk softcopy, selanjutnya kamu tinggal mengirimkan nya melalui email. Bagaimana tata cara yang baik untuk mengirim email?

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam email lamaran pekerjaan :

  • Menggunakan bahasa yang formal, sopan dan jelas karena email bersifat kedinasan.
  • Pakai signature atau catatan kaki pada akhir percakapan dalam email.
  • Gunakan format atau struktur email yang sistematis.
  • Tambahkan Cc atau Bcc jika diperlukan atau sesuai permintaan perusahaan.

Signature Email merupakan teks yang terdapat pada bagian akhir dalam percakapan berupa informasi data diri beserta kontak. Signature sudah menjadi standarisasi perusahaan besar di seluruh dunia. Jadi, jangan lupan untuk memakainya.


Contoh signature perusahaan :

Cintia Melinda
HRD Officer

PT Herfia Jaya
Ruko Imperium No. 5
Jl. Raya Soekarno Jakarta Pusat
Telp. 021-210210


Contoh signature perorangan :

Siska Olivia
Perum Imperium Blok A5
Jl. Raya Soekarno Jakarta Pusat


Email : siska@gmail.com
Phone : 081230330240


Format signature emial yang baik yaitu terdiri dari huruf tebal ( Bold ) dan huruf reguler biasa. Ukuran huruf pada umumnya lebih kecil dari font yang dipakai dalam percakapan email, dibuat sama juga tidak masalah.

Nah, selanjutnya tata cara pengiriman email seperti apa yang baik sesuai dengan kedinasan?

Berikut cara mengirimkan surat lamaran pekerjaan melalui email:

  • Siapkan akun email kamu yang sesuai nama atau yang singkat ( jangan menggunakan email "alay" ).
  • Kumpulkan berkas dalam 1 file yang sudah di kompres atau dalam bentuk pdf, sesuai ketentuan perusahaan.
  • Buat email dan lampirkan berkas lamaran kerja.
  • Pakai Cc dan Bcc jika diperlukan.
  • Kirimkan.

3. Format Email Lamaran Kerja Resmi

Berikut saya akan memberi contoh format email lamaran kerja yang bersifat kedinasan. Sebagai acuan atau referensi buat kamu agar struktur email yang dibuat tertata secara rapi.


Kepada : PT Herfia jaya
Cc : herfia@herfia.com
Subject : Permohonan Lamaran Pekerjaan

Dengan Hormat,

Berdasarkan informasi lowongan pekerjaan pada website remi PT Herfia Jaya, saya mengajukan diri untuk mengisi posisi yang sedang dibutuhkan oleh perusahaan dan ikut bergabung dengan kerja tim.

Bersama email ini, saya melampirkan beberapa berkas berikut :

  • Surat Lamaran Pekerjaan
  • Curiculum Vitae
  • Fotocopy Ijasah dan Transkrip Nilai
  • Fotocopy Sertifikat Pendukung
  • Pas Foto Terbaru
  • Berkas Pendukung lain

Besar harapan saya agar dapat diberi kesempatan wawancara, sehingga saya dapat menjelaskan secara terperinci mengenai potensi yang saya miliki.

Demikian email permohona lamaran kerja ini dibuat, atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya

Siska Olivia
Perum Imperium Blok A5
Jl. Raya Soekarno Jakarta Pusat

Email : siska@gmail.com
Phone : 081230330240


Sebelum mengirimkan email lamaran pekerjaan, perhatikan kembali setiap kata yang di ketik agar tidak ada kesalahan penulisan kata maupun kalimat. Pastikan kembali berkas lampiran yang dikirim tidak terlewat dan dapat dibuka file nya.

4. Merespon Email Undangan Interview - Wawancara

Perusahaan atau lembaga yang membuka lowongan akan mulai menyeleksi email yang masuk. Bagian rekrutment karyawan mengambil beberapa kandidat calon pekerja berdasarkan kualitas berkas email.

Calon pekerja yang telah dipilih oleh perusahaan, akan mendapat undangan interview atau wawancara kerja melalui email. Jika kamu termasuk salah satu orang yang beruntung dan lolos seleksi, maka jangan lupa untuk menjawab atau membalas email undangan wawancara tersebut.

Mengapa demikian? Menjawab undangan seleksi wawancara dalam email merupakan suatu hal yang amat penting, sebagai bentuk perhatian kita yang akan menunjukan kesan baik. Bagian sebagian orang, mungkin hal ini dianggap sepele. Namum, perusahaan akan memberi nilai lebih untuk mereka yang me-reply atau merespon udangan interview dalam email.

Contoh format emai untuk merespon undangan wawancara :

Kepada : PT Herfia jaya
Cc : herfia@herfia.com
Subject : Ucapan Terima Kasih Atas Undangan Interview

Dengan Hormat,

Saya secara pribadi mengucapkan terima kasih atas pengajuan lamaran kerja sebelumnya, dimana telah mendapat perhatian dari perusahaan Bapak/Ibu. Sehingga saya di beri kesempatan untuk wawancara lebih lanjut.

Oleh karena itu, undangan interview yang Bapak/Ibu berikan, saya terima dengan penuh antusias. Sehingga saya berkesempatan untuk menjelaskan potensi yang saya miliki dalam sesi wawancara.

Demikian yang dapat saya sampaikan, atas perhatian Bapak/Ibu saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya

Siska Olivia
Perum Imperium Blok A5
Jl. Raya Soekarno Jakarta Pusat

Email : siska@gmail.com
Phone : 081230330240


Email dapat kamu kirim melalui notebook, laptop dan smartphone. Demikian pembahasan mengenai Cara Ampuh Mengirim Lamaran Pekerjaan Melalui Email, semoga dapat menjadi referensi dan memberi manfaat buat kamu.

Artikel Lainnya:

Penulis Herfia

"Sebagian kata atau kalimat mungkin merupakan opini pribadi. Jika ada isi konten maupun gambar yang memiliki Hak Cipta, dapat menghubungi kami melalui halaman Kontak, agar dapat kami perbaiki."

Copyright 2019 Herfia