Distro Linux Untuk Programmer

5 Distro Linux Untuk Programmer dan Developer 2021

Sponsor

Memilih distro linux untuk programmer dan developer ternyata membutuhkan pertimbangan yang cukup cermat. Mengedepankan lingkungan sistem operasi yang mudah, stabil, ringan dan aman terutama untuk software pengkodean.

Ada ratusan distribusi linux yang disesuaikan untuk mendukung profesi tertentu seperti robotika, matematika, design grafis, video editing, programming dan sebagainya. Ketika OS linux pertama kali dibuat, terkenal dengan reputasi yang cenderung digunakan oleh programmer pada saat itu.

Namun, seiring dengan perkembangannya, linux telah banyak berubah menjadi semakin kompleks bersifat multifungsi yang mempermudah kehidupan manusia. Disisi lain, tetap merupakan pilihan terbaik bagi seorang pengembang.

Secara teknis, memang kamu dapat memilih distribusi linux yang cocok dengan selera masing - masing. Tetapi, sebaiknya pengguna tetap memperhatikan stabilitas, keandalan, ketersediaan software pendukung dan kemudahan proses instalasi.

Untuk membantu kamu menghemat waktu, kali ini kami akan memberikan rekomendasi distro linux untuk programmer. Tentunya dengan mengamati berbagai aspek seperti komunitas, regulasi pemeliharaan sistem maupaun tingkat kemutakhirannya.

Manjaro

Manjaro Distro Linux Programmer

Jika kamu menyukai sistem operasi berbasis Arch tetapi tak ada waktu untuk melakukan berbagai konfigurasi, maka Manjaro merupakan pilihan tepat. Distribusi ini memiliki tampilan tersendiri untuk proses instalasi maupun pembaruan software pendukungnya.

Manjaro merupakan distro linux baru yang mengalami perkembangan sangat cepat, menggeser yang lain hingga mampu menduduki strata teratas. Kekuatan Arch dan kemudahan pengoperasian memang menjadi poin plus untuk menarik banyak pengguna.

Dengan demikian, bisa dibilang manjaro pantas dipertimbangkan sebagai distro linux untuk programmer. Mengingat, database software yang tersedia paling lengkap.

Kini, sebagian besar developer di prediksi telah menggunakan Manjaro dalam aktivitas sehari - hari mereka. Selain stabil, distro ini juga berjalan sangat cepat dengan memakai sedikit sumber daya.

Sistem OperasiLinux
Distro LinuxManjaro
TurunanArch
PengembangAktif
PembaruanTeratur
ReferensiCukup Banyak
Asal NegaraPerancis

Ubuntu

Ubuntu Distro Linux Programmer

Ubuntu merupakan distribusi linux paling populer dan cocok digunakan untuk semua keperluan termasuk aspek pemrograman. Berkat dukungan komunitas Canonical yang solid, Ubuntu ini telah berkembang menjadi salah satu sistem operasi terbaik.

Pengguna tak akan kesulitan dalam mencari sebagian besar software untuk kepentingan pengkodean dan developing. Pemakaian Ubuntu tergolong mudah bagi siapapun, hal ini menjadi nilai lebih sehingga tidak terlalu banyak menyita waktu memahami opersionalnya.

Kamu sebaiknya memasang versi LTS (Long Term Support) untuk kenyamanan karena pihak Canonical mengutamakan kestabilan sistem yang ada dalam seri ini. Terdapat minim bug bahkan nyaris tidak ada, serta software yang telah diuji coba tingkat keamanannya

Pengguna Ubuntu termasuk banyak, tak heran bila menjadi distro linux untuk programmer yang paling digemari. Kemudahan maupun ketangguhannya memang telah terbukti sejak lama hingga kini.

Sistem OperasiLinux
Distro LinuxUbuntu
TurunanDebian
PengembangAktif
PembaruanTeratur
ReferensiBanyak
Asal NegaraAfrika Selatan

Debian

Debian Distro Linux Programmer

Tak diragukan lagi bahwa debian merupakan salah satu distro linux untuk programmer yang terbaik. Menjadi sistem operasi induk bagi ratusan distribusi turunannya, sungguh suatu prestasi yang membanggakan.

Dalam setiap pembahasan tentang distro linux terbaik, Debian selalu mendapat tempat khusus karena memang dapat diandalkan untuk berbagai keperluan. Terkenal paling stabil dengan tingkat temuan bug yang sangat sedikit membuat pengguna merasa nyaman.

Selain itu, Debian berjalan sangat cepat sehingga cocok bagi programmer maupun developer yang memang membutuhkan OS lancar. Dengan demikian, distro ini seringkali dibuat sebagai server karena tingkat keamanan yang cukup tinggi.

Debian begitu kokoh dengan dukungan repositori software banyak, sehingga mempermudah pengguna dalam setiap keperluan mereka. Pemula sebaiknya belajar terlebih dahulu, karena sistem operasi ini diperuntukan untuk tingkat menengah keatas.

Sistem OperasiLinux
Distro LinuxDebian
TurunanIndependen
PengembangAktif
PembaruanTeratur
ReferensiBanyak
Asal NegaraAmerika Serikat

Fedora

Fedora Distro Linux Programmer

Fedora menghadirkan sistem operasi paling mutakhir dengan siklus rilis setiap 9 bulan, ini menjadi kabar baik bagi programmer yang tak ingin membiarkan software versi lama tetap digunakan. Sponsor utama Red Hat Inc. merupakan sebuah perusahaan terkenal diantara ekosistem linux.

Dalam setiap perilisan versi, Fedora seringkali menginspirasi distro linux lain untuk mengadopsi beragam fitur terbaru. Nah, satu hal yang sangat keren yaitu fedora memiliki konfigurasi otomatis yang menjadikannya sistem operasi pemrograman yang tepat baik developer.

Bahkan, kabarnya Linus Torvalds sebagai penemu Linux lebih memilih Fedora dibandingkan dengan Debian maupun Ubuntu. Mungkin, beliau mempunyai alasan tersendiri mengenai distribusi Fedora sehingga terlihat menarik dan berbeda.

Berikut beberapa seri dari fedora:

  • Workstation, edisi resmi yang mudah digunakan untuk laptop dan paling banyak dipakai.
  • Server, mengutamakan pada teknologi pusat data agar pemilik dapat mengendalikan infrastruktur dan layanannya.
  • IoT, sebuah platform terbuka yang dapat dijadikan fondasi kuat untuk ekosistem internet of thing.
  • Coreos, sistem operasi inti yang bersifat minimal, berfokus pada kontainer dan diperbaharui secara otomatis.
  • Silverblue, sistem operasi desktop yang sengaja tidak dapat di ubah maupun kustomisasi untuk dukungan yang lebih baik akan tingkat keamanan.

Nah, tidak begitu mengherankan bila fedora menjadi salah satu distro linux untuk programmer yang cukup populer serta diminati. Bagaimana dengan kamu?

Sistem OperasiLinux
Distro LinuxFedora
TurunanIndependen
PengembangAktif
PembaruanTeratur
ReferensiBanyak
Asal NegaraAmerika Serikat

Arch Linux

Arch Distro Linux Programmer

Arch memang identik dengan distro linux untuk programmer karena proses instalasinya membutuhkan pemahaman tinggi. Hanya mereka yang sudah terbiasa maupun mengerti pengkodean bisa menguasai sistem operasi yang satu ini.

Arch linux memungkinkan penggunanya untuk membangun sistem sendiri yang lebih spesifik dan berbeda. Teknik ini memungkinkan komputer beroperasi sangat cepat dibandingkan OS sejenis.

Pengguna arch pada umumnya akan memahami bagaimana dan seperti apa linux bekerja, akhirnya mampu mengatasi kendala teknis yang mungkin muncul. Selain itu, sistem operasi yang satu ini cukup stabil dengan tingkat keamanan tinggi.

Developer sepertinya akan cocok berdampingan dengan Arch beserta segala kemampuan yang dimilikinya. Oiya, paket software pada Acrh termasuk yang paling lengkap daripada distribusi linux lainnya.

Sistem OperasiLinux
Distro LinuxArch
TurunanIndependen
PengembangAktif
PembaruanTeratur
ReferensiBanyak
Asal NegaraKanada

Nah, manakah yang kamu pilih dari lima distro linux untuk programmer yang sudah saja jelaskan tersebut? Semuanya kembali lagi kepada selera masing - masing, yang pasti sistem operasi berbasis linux memang terbaik.

Developer maupaun programmer hanya membutuhkan kualifikasi OS yang ringan, stabil, cepat dan aman. Dimana, semua faktor tersebut ada pada linux yang mampu di kustomisasi sesuai kebutuhan pengguna.

Sistem operasi lain seperti Mac OS lebih cocok untuk perkantoran, desainer dan video editing, sedangkan Windows cocok bagi penggemar gaming.

Itulah ulasan singkat perihal distro linux untuk programmer yang bisa saya sampaikan, semoga bisa menjadi referensi dan bermanfaat untuk semua sahabat Herfia.

enterlaptop-phone