Distro Linux Terbaik

5 Distro Linux Terbaik Untuk Pemula Edisi 2020

Penulis Herfia

Berbicara mengenai distro linux terbaik bagi seorang pemula tentunya lebih mengedepankan segi kemudahan dan kesederhanaan dalam sebuah sistem operasi. Tidak perlu beragam fungsi yang bertele - tele, bahkan kalau bisa tanpa berurusan dengan kode sama sekali.

Sebagian besar pengguna linux kelas pemula adalah mereka yang mulai bermigrasi dari Windows. Dimana sebelumnya segala proses hanya membutuhkan dua langkah yaitu klik kiri dan kanan, disertai dengan tampilan GUI sebagai panduannya.

Para pengguna windows tersebut hampir tidak menyentuh kode sama sekali. Oleh karena itu, distro linux terbaik bagi mantan pemakai windows setidaknya harus mampu mengakomodir kemudahan dalam setiap prosesnya. Baik ketika instalasi sistem operasi maupun pemasangan beragam software pendukungnya.

Seperti yang kita ketahui bahwa sistem operasi linux memiliki banyak distro yang dikembangkan oleh komunitas resmi untuk berbagai tujuan pemakaian. Nah, hampir distro linux tersebut tersedia secara gratis yang dapat dipakai oleh semua orang.

Elementary OS

Elementary OS - DIstro Linux Terbaik

Elementary OS sebenarnya baru dikembangkan beberapa waktu belakangan ini, dengan mengedepankan kualitas tampilan yang cantik mirip Mac OS. Distro ini sengaja membuat Desktop Environtment ( DE ) sendiri, agar tampak berbeda dengan kebanyakan varian linux lainnya.

Langkah tersebut ternyata sukses menarik perhatian para pengguna komputer di seluruh dunia. Hanya dalam waktu singkat, kepopuleran Elementary OS terus menanjak, bahkan mampu posisi distro linux utama yang sejak lama bertengger di Distrowatch.

Sebagai seorang pemula yang mencoba pindah dari sistem operasi Windows, maka distro linux terbaik Elementary OS sangat layak untuk dijadikan pilihan utama bagi kamu. Bukan hanya tampilan saja yang keren, juga sangat mudah untuk dimengerti maupun dioperasikan.

Berikut beberapa alasan Elementary OS sangat cocok bagi pemula :

  • Tampilan paling keren dari semua distro linux yang ada di luaran sana, bahkan lebih bagus daripada Windows yang sebelumnya kamu pakai.
  • Sudah terpasang beragam Codec Multimedia termasuk driver bawaan hardware computer.
  • Mudahnya menambah driver pihak ketiga secara manual yang akan tampil pada App Center.
  • Pengaturan dan menu sangat sederhana sehingga mudah dimengerti.
  • Terdapat berabgai software khusus yang hanya ada di Elementary OS.
  • App Center menyediakan berbagai software tambahan yang bisa kamu pasang dengan mudah.
  • Cenderung lebih aman terhadap serangan meskipun tanpa terpasang Antvirus.

Versi terbaru Elementary OS hanya mendukung arsitektur processor 64 bit, sayang sekali komputer lama sebaiknya mencari distro lain yang cocok dengan spesifikasinya. Bisa dibilang bahwa disto linux ini khusus dibuat untuk komputasi masa kini.

Berikut syarat minimum agar sistem operasi elementary OS dapat berjalan dengan lancar :

  • Processor 64 Bit seri apa saja.
  • RAM minimal 4GB atau yang lebih besar.
  • Hardisk atau sangat disarankan menggunakan SSD ( Solid State Drive )
  • Display monitor 2014 x 768 pixel
  • Koneksi internet pada awal pemasangan untuk keperluan update.

Elementary OS mengedepankan kenyamanan pengalaman pengguna sehingga membutuhkan spesifikasi hardware yang agak tinggi. Jika dilihat dari aspek tampilan, sepertinya di masa depan mampu menyamai indahnya Mac OS.

Endless OS

Endless OS

Endless OS secara resmi hadir di Indonesia yang kemudian berkembang menjadi salah satu distro linux terbaik bagi pemula. Apa saja sih yang di tawarkan pengembang sistem operasi ini?

Paket instalasi Endless telah dilengkap dengan lebih dari 100 aplikasi siap pakai yang dapat langsung digunakan tanpa koneksi internet. Selain itu, Endless dikemas sedemikian rupa sehingga mudah digunakan walaupun kamu kamu belum pernah menggunakan komputer.

Kemudahan nya pantas di jadikan salah satu nilai lebih bagi pengguna yang ingin bermigrasi dari Windows ke Linux. Endless OS bebas di pakai secara gratis tanpa ada biaya tersembunyi dan tahan terhadap serangan virus.

Agar pemakaian Endless lebih nyaman dan lancar, setidaknya dibutuhkan spesifikasi processor yang mendukung 64 bit yang di gandeng dengan RAM minimal 4GB. Proses pemasangan begitu sederhana, kamu tinggal melakukan unduh dan intsall Endless OS melalui Windows, selanjutnya kedua Sistem Operasi tersebut sama - sama bisa digunakan.

Linux Mint

Linux Mint

Semua varian Linux Mint yang tersedia pada situs resminya bisa menjadi distro linux terbaik yang cocok bagi pemula. Yang membedakan hanya tampilan Desktop nya saja. Kita bisa memilih sesuai spesifikasi komputer dan jika spek hardware kamu tinggi dapat memasang yang mana saja.

Oiya, terdapat tiga tampilan desktop environment yaitu Cinnamon, Mate dan Xfce. Selanjutnya, Linux Mint menjadi salah satu distribusi linux desktop yang paling populer digunakan oleh jutaan orang diseluruh dunia.

Berikut beberapa alasan Linux Mint menjadi sangat disukai :

  • Di kemas secara out of the box beserta dukungan penuh untuk beragam codec multimedia, pada masa lampau hanya Linux Mint yang bisa seperti ini.
  • Bersifat gratis, aman dan open source yang kemudian dikemas dengan tampilan menarik.
  • Di kembangkan berdasarkan dua distro linux besar yaitu Debian dan Ubuntu.
  • Komunitas tersebsar di seluruh dunia sehingga memudahkan bagi siapa saja yang ingin sharing informasi mengenai Linux Mint.

Dalam perkemabngan dunia open source, tampilan desktop Cinnamon dan Mate secara khusus dibuat oleh tim pengembang Linux Mint. Hal ini terjadi ketika Gnome versi 2 berakhir, dimana para pengguna komputer masih belum siap untuk beralih dari jenis tampilan dekstop versi lama.

Xubuntu

Xubuntu

Xubuntu merupakan turunan dari Ubuntu yang kemudian menjadi Distro Linux terbaik untuk kelas pemula. Hadir dengan membawa tampilan Xfce yang cocok dipasang pada komputer jenis Desktop, Laptop dan Netbook.

Xubuntu mendukung keseimbangan antara tampilan, kinerja, produktivitas dan ketsabilan sebuah sistem operasi. Tidak perduli mengenai spesifikasi komuter kamu apakah sudah tua atau kelas atas, Xubuntu dapat digunakan dengan lancar.

Pada saat pemasangan awal, distro linux ini telah dilengkapi beberapa software bawaah penting seperti browser, email client, software office, pemutar musik dan video. Jika kamu merasa kurang, bisa menambahkan aplikasi lain melalui Ubuntu Software Center.

Xubuntu dapat berjalan lancar pada hardware dengan processor minimal 32 bit, yang disertai RAM sebesar 512 MB. Nah, komputer tua pun masih bisa memakai sistem operasi linux yang satu ini.

Zorin OS

Zorin OS

Zorin OS menjadi salah satu distro linux terbaik yang ramah untuk pemula serta dapat menjadi alternatif dari Windows maupun Mac OS. Dikembangkan berdasarkan kehandalan Ubuntu, kemudian dikemas sedemikian rupa agar mudah digunakan oleh siapapun.

Zorin OS kompatible terhadap Microsoft Office melalui Wine, software foto editing bahkan game yang bisa dinikmati lewat Stream. Pihak pengembang pun sangat menghargai privasi, dimana sistem operasi ini tidak mengambil data pribadi kamu. Jadi pihak manapun tak dapat memata - matai aktivitas kita.

Zorin OS Lite bisa bekerja dengan lancar pada komputer lama dan tua, sedangkan Zorin OS varian lainnya membawa beberapa paket bawaan secara out of the box. Kamu bisa memilih antara versi Core atau Education yang bisa di unduh secara gratis.

Pengguna windows tidak akan menemui kesulitan ketika mencoba mengoperasikan distro linux tersebut. Oiya, pada versi Ultimate kita di berikan beberapa pilihan tampilan desktop yang menarik. Namun, sayang sekali tidak gratis sepenuhnya.

Kesimpulan

Distro linux terbaik yang ramah dan mudah bagi pemula sudah mulai dikembangkan secara serius. Beberapa diantaranya mungkin belum pernah kita dengan, namun dari ribuan versi linux yang ada, Herfia telah memilih lima yang terbaik.

Seandainya kamu mempunyai rencana untuk memakai sistem operasi, maka jangan ragu. Tak perlu kita membandingkan antara Windows dan Linux, karena semua mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing - masing. Tapi, satu hal yang pasti ketika kita sudah memakai komputer untuk keperluan bisnis atau pekerjaan.

Maka keamanan data, produktivitas dan ketahanan terhadap serangan virus menjadi satu hal yang wajib di utamakan. Nah, linux menjawab semua itu, bisa di bayangkan jika data penting toko, bisnis, pekerjaan terkena virus. Sepertinya kita akan kesusahan sendiri, bahkan usaha bisa berantakan.

Lima distro linux terbaik yang berhasil menduduki peringkat versi Herfia ialah Elementary OS, Endless OS, Linux Mint, Xubuntu dan Zorin OS. Semuanya bagus, mudah, simpel dan memiliki tampilan menarik. Kira - kira manakah yang akan kamu pilih?

Demikian pembahasan mengenai 5 Distro Linux Terbaik Untuk Pemula Terbaru Edisi 2020. Semoga bisa menjadi referensi dan bermanfaat untuk kamu yang ingin berganti Operating Sistem, selamat mencoba!

Tentang Penulis

" Mungkin tidak banyak kebaikan yang bisa kulakukan, hanya sedikit goresan pena ini yang berharap bisa bermanfaat untuk semuanya. By Herfia."

rocket linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram