Cara Memperhalus Hasil Rekaman Dengan Video Stabilizer

Video Stabilizer merupakan salah satu teknik yang dapat dilakukan untuk memperhalus hasil rekaman video yang diambil melalui kamera HP Android.

Fitur Image Stabilizer dan Video Stabilizer pada dasarnya mempunyai satu tujuan yaitu agar gambar atau video yang dihasilkan tetap tajam serta tidak blur. Secara umum, cara kerjanya dengan mengkompensasi getaran yang timbul dari tangan kita saat pengambilan gambar atau video.

Ketika kamu mengambil gambar dan video dengan HP, biasanya tangan akan mengalami sedikit guncangan atau getaran. Bagaimanapun hebatnya kita memegang HP dengan stabil, tetap saja tangan akan bergoyang. Nah, itulah penyebab hasil rekaman yang kamu ambil kurang bagus.

Oleh karena itu, kamu harus meminimalisir getaran dari tangan kamu dengan memposisikan tubuh dengan benar. Selanjutnya, kamu bisa melakukan dua hal berikut :

  • Mengaktifkan fitur video stabilizer atau memasang aplikasi video stabilizer, beberapa tipe ponsel tertentu biasanya sudah tertanam teknologi stabilizer pada lensa smartphone.
  • Memakai alat bantu tambahan berupa tripod atau monopod.

Beberapa orang lebih suka membeli alat bantu untuk mengurangi efek getaran dengan memakai tripod atau monopod. Hal ini diperlukan untuk pengambilan citra objek yang profesional. Kendati begitu, tripod dan monopod memang lebih unggul dalam berbagai kondisi.

Perlu diketahui, ada beberapa kondisi dimana Video Stabilizer dan Image Stabilizer sebaiknya tidak digunakan yaitu :

  • Jangan hidupkan stabilizer pada saat kamera HP dalam kondisi diam dan didudukan pada alat bantu tripod.
  • Jangan menghidupkan stabilzer pada saat pengambilan gambar Shutter Speed atau memotret mode cepat.

Nah, begitulah sedikit penjelasan pengertian video stabilizer menurut pendapat saya. Kamu mungkin seringkali aktif merekam video dengan smartphone Android, untuk keperluan di Instagram atau Youtube atau bisa jadi hanya sekedar hobi merekam video.

HP Android sebenarnya sudah mendukung fitur stabilizer, bahkan sudah banyak aplikasi di Google Play Store untuk mengaktifkan fitur video stabilizer tersebut. Dengan begitu, kamu bisa bebas merekam video dengan kualitas yang tajam.

1. Video Stabilizer Tanpa Aplikasi

HP Android keluaran zaman sekarang pada umumnya sudah mendukung video stabilizer. Seperti smarphone merk Xiaomi, Oppo, Vivo, Huawei, Samsung, Realme, One Plus dan lainnya.

Kamu bisa langsung mengaktifkan pada aplikasi kamera bawaan tanpa harus memasang aplikasi tambahan. Saya akan memberikan contoh cara mengaktifkan stabilizer pada HP Xiaomi.

video stabilizer
  • Buka HP Android kamu, merk apa saja boleh.
  • Buka aplikas kamera bawaan, kemudian pilih mode video.
  • Tap menu atau setelan, kemudian lihat daftar pengaturan kamera kamu.
  • Aktifkan Stabilisasi Gambar
  • Jika tidak ada, berarti HP kamu belum support secara bawaan.

Pada prinsipnya, mengaktifkan video stabilizer pada ponsel caranya hampir sama yaitu tinggak masuk ke pengaturan kamera bawaan saja. Semua merk smartphone hampir mirip caranya.

Jika sudah diaktifkan, tinggal mencoba merekam video dengan ponsel kamu. Dan lihat hasilnya, hasil video tampak halus, tajam dan tidak goyang.

2. Video Stabilizer Dengan Aplikasi Tambahan

Aplikasi pihak ketiga mungkin bisa membantu kamu jika ponsel yang dimiliki belum memiliki fitur stabilizer sacara bawaan. Saya hanya memilih 2 aplikasi yang terpilih sebagai yang terbaik.

a. Open Camera

Video Stabilizer Terbaik

Open Camera merupakan aplikasi kamera pihak ketika yang dibuat oleh pengembang Mark Harman, dimana salah satur fitur yang tersedia yaitu video stabilizer. Cara mengaktifkannya pun cukup mudah, berikut penjelasannya :

  • Buka Open Camera, klik setting atau pengaturan.
  • Pada pengaturan akan terlihat pilihan Video Setting
  • Tap Video Setting dan aktifkan Enable Video Stabilization
  • Selesai.

Fitur lain yang terdpat pada open camera yaitu noise reduction, support camera 2 API, mendukung mode HDR, time stamp dan lainnya.

b. Google Photo

video stabilizer android

Google Photo merupakan aplikasi resmi yang dibuat oleh google, biasanya sudah terpasang secara bawaan pada semua ponsel yang memakai OS Android.

Google Photo sebenarnya berfungsi sebagai media penyimmpanan online khusu foto saja ( album online ). Namun, dilengkapi dilengkapi dengan berbagai fitur edit dan salah satunya mampu mengedit video goyang menjadi stabil.

Cara mengedit video agar menjadi stabil di google photo :

  • Pertama buka aplikasi google photo.
  • Cari video goyang atau yang kurang bagus.
  • Klik tombol edit, pilih Stabilize.
  • Tunggu hinga proses selesai.
  • Done, vidoe kamu berhasil diperbaiki.

Itulah cara ampuh memperhalus hasil rekama dengan video stabilizer, kamu bisa mencoba nya sendiri. Buat dua buah video dimana tangan kamu harus bergerak, misal merekam video sambi berjalan.

Satu rekaman dengan video stabilizer dan satunya lagi tanpa menggunakan stabilizer, kemudian lihat perbedaannya.

Artikel Lain :

Penulis Herfia

"Sebagian kata atau kalimat mungkin merupakan opini pribadi. Jika ada isi konten maupun gambar yang memiliki Hak Cipta, dapat menghubungi kami melalui halaman Kontak, agar dapat kami perbaiki."

Copyright 2019 Herfia