Cara Mudah Membuat Google Form Yang Menarik

Google Forms merupakan salah satu layanan dari google yang cukup inovatif. Perlu diketahui, dengan Google Forms anda dapat membuat formulir khusus untuk survey dan kuesioner tanpa memerlukan perangkat lunak tertentu.

Google Forms memungkinkan anda untuk membuat, mengolah dan menganalisis data dari peramban selular maupun web. Informasi yang dikumpulkan akan terhubung ke Spreadsheet Google Docs secara otomatis. Hasil analisa data dapat diperoleh secara instan melalui grafik atau diagram.

Manfaat Menggunakan Google Form

Survey data yang dilakukan secara konvensional memerlukan waktu, biaya dan dana yang tidak sedikit. Membutuhkan perangkat lunak tertentu untuk membuat data survey dan memerlukan hardcopy dalam bentuk kertas. Cara survey konvensional ternyata lebih repot bukan?

Berikut manfaat menggunakan Google Forms :

  • Biaya rendah bahkan gratis karena pengumpulan data tidak memerlukan kertas.
  • Akses data otomatis dan realtime, ketika responden memasukan data, hasilnya akan terlihat secara instan.
  • Waktu yang singkat, Google Form merupakan metode survey online. Pendistribusian survey dan feedback secara online dilakukan sedemikian cepat.
  • Kenyamanan untuk responden, karena mereka dapat menjawab sesuai dengan jadwal dan waktu mereka sendiri.
  • Minim terjadinya human error, jadi aspek kesalahan dapat dikurangi.

Cara Membuat Google Forms

Untuk menggunakan layanan Google, tentunya anda harus membuat akun Gmail. Pastikan akun email Google sudah dibuat sebelumnya.

Baca :

Login akun gmail kemudian masuk ke Google Drive.
Klik tombol New, More, Google Forms.

Cara Membuat Google Forms 1

Sebenarnya anda dapat memilih dua jenis workspace yaitu blank forms atau menggunakan template. Untuk survey dan kuisioner yang formal sebaiknya menggunakan blank form saja.

Survey non formal dapat memakai template. Ada banyak template yang disediakan Google Forms, pilih saja yang menurut anda menarik.

Setelah itu anda akan masuk ke halaman workspace google forms. Silahkan masukan judul survey, masukan pertanyaan sesuai keinginan anda, kemudian tentukan jenis dari pertanyaan tersebut ( bisa radiobar, short answer, paragraf, date, time dan masih banyak lagi).

Cara Membuat Google Forms 2

Berikut saya membuat Form Pendaftaran Les untuk murid-murid sekolah yang akan mengikuti les tambahan. Form dibuat hanya sebagai contoh saja, saya sengaja membuat formulir sederhana.

Cara Membuat Google Form 3

Setelah form di isi lengkap sesuai keinginan anda, selanjutnya klik tombol Preview untuk melihat hasil form yang sudah dibuat. Tombol berada di kanan atas, lihat gambar di bawah.

Cara Membuat Google Forms 4

Nah, berikut tampilan form yang sudah selesai dibuat. Akan muncul tombol Submit.

Cara Membuat Google Forms 5

Google Forms Field Option

Google Forms menyediakan berbagai field untuk memudahkan dalam pembuatan formulir survey. Field yang ada sudah cukup lengkap menurut saya. Anda dapat melihat pada gambar di bawah.

Cara Membuat Google Forms

Short Answer

Field ini dapat digunakan untuk jenis pertanyaan yang hanya memiliki jawaban pendek. Contoh pertanyaan yang menggunakan field short answer yaitu Nama Lengkap, Email, Asal Sekolah, Nomor Ponsel, Kelas dan masih banyak pertanyaan lainnya.

Paragraph

Filed paragraph digunakan untuk suatu pertanyaan yang membutuhkan jawaban panjang. Bisa berupa kalimat atau paragraf.

Multiple Choice

Filed multiple choice digunakan untuk pertanyaan pilihan dimana responden hanya dapat memilih satu diantara semua jawaban yang diberikan.

Contoh pertanyaan Jenis Kelamin :

  • Laki - laki
  • Perempuan

Checkboxes

Hampir mirip dengan multiple choice tetapi responden dapat memilih lebih dari satu jawaban.

Dropdown

Field dropdown mengizinkan responden untuk memilih satu jawaban yang disediakan. Tetapi pilihan jawaban baru muncul ketika field dropdown di klik.

File Upload

Field ini mengizinkan responden untuk mengupload file, misalnya mengupload file gambar foto.

Linear Scale

Mengizinkan responden untuk memilih jawaban dalam bentuk skala. Misalnya skala rating antara 1 sampai 10.

Multiple Choice Grid

Field multiple choice grid akan menampilkan jawaban dalam bentuk grid atau kolom. Responden hanya dapat memilih satu jawaban.

Checkbox Grid

Sama seperti filed checkbox biasa, tetapi tampilan jawaban dalam bentuk grid atau kolom. Responden dapat memilih lebih dari satu jawaban.

Date

Field yang berguna untuk menampilkan tanggal.

Time

Filed yang dapat menampilkan waktu atau jam.


Google Forms juga menyediakan fitur desain formulir. Maksudnya anda dapat membuat template sendiri sesuai dengan keinginan. Selain itu Google Forms Add-Ons dapat dipakai untuk menambah fungsi spesifik pada formulir yang anda buat.

Nah, itulah penjelasan singkat mengenai Cara Mudah Membuat Google Form. Selamat mencoba membuat formulir kuesioner online, jangan lupa share form yang sudah jadi agar bermanfaat untuk orang lain.

Artikel Lainnya :

Penulis Herfia

"Sebagian kata atau kalimat mungkin merupakan opini pribadi. Jika ada isi konten maupun gambar yang memiliki Hak Cipta, dapat menghubungi kami melalui halaman Kontak, agar dapat kami perbaiki."

Copyright 2019 Herfia