Menu Tutup

Cara Menjawab Pertanyaan Interview atau Wawancara Kerja

Interview atau wawancara kerja merupakan salah satu tahap lanjutan yang harus dilalui oleh mereka yang sedang mencari pekerjaan baru. Tahap ini akan dihadapi setelah calon pegawai lolos seleksi pemilihan berkas lamaran pekerjaan.

Hasil interview sangat menentukan apakah seorang pelamar akan diterima atau tidak. Tak heran, jika proses wawancara membuat para pencari kerja resah atau grogi walaupun sudah pernah interview berkali-kali. Apakah anda sering tidak diterima bekerja? Bisa jadi, salah satu penyebabnya yaitu performa saat wawancara masih kurang dan tidak bisa meyakinkan team rekrutmen bahwa anda pantas untuk dipilih.

Perusahaan tidak mau rugi dalam merekrut karyawan baru dan tidak mau salah memilih sumber daya manusia yang kurang potensial. Hal ini membuat pihak perusahaan sangat berhati-hati dan serius ketika melakukan interview kerja.

Wawancara terbagi menjadi dua tipe yaitu :

  • Interview yang dilakukan secara langsung antara perusahaan dengan pelamar kerja.
  • Interview yang dilakukan by phone, biasanya untuk efisiensi waktu dan biaya.

Beberapa hal yang harus diperhatikan ketika menghadapi wawancara langsung :

  1. Pakai pakaian yang formal sesuai standar umum perusahaan.
  2. Perhatikan penampilan mulai dari rambut, baju, celana dan sepatu harus bersih dan rapih.
  3. Jika perusahaan menentukan dress code tertentu, ikuti sesuai yang diminta.
  4. Pakai parfum secukupnya, tidak terlalu berlebihan.
  5. Selalu bawa alat tulis yang lengkap.
  6. Santai, tenang, tapi serius.
  7. Sopan santun dalam berbicara.
  8. Jabat tangan ketika bertemu dengan tim rekrutment.
  9. Jaga kontak mata dengan pe-wawancara, jangan menghindari tatap mata dan jangan memelototinya.
  10. Mengangguk saat menyimak perkataan pewawancara.
  11. Perhatikan posisi tangan saat di wawancara, misalnya jangan memainkan kuku.
  12. Sikap duduk yang tegak tapi santai.

Baca :

Nah, pada tahap wawancara ini, seorang pelamar akan di berikan beberapa pertanyaan dari perusahaan yang harus di jawab dengan baik. Untuk itu anda sebaiknya memahami apa saja pertanyaan yang sering diberikan oleh team rekrutmen dari perusahaan.

1. Tolong Jelaskan Mengenai Diri Anda?

Cara Menjawab Pertanyaan Interview atau Wawancara Kerja

Pertanyaan pertama yang umum di tanyakan yaitu tolong jelaskan tentang diri anda. Bagaimana cara menjawabnya?

Jawablah dengan ringkas, jelas dan langsung ke intinya, kemudian jelaskan perihal apa yang dapat anda tawarkan pada diri anda. Misalnya, berapa lama peengalaman kerja anda, bekerja di jenis perusahaan apa, dan hal yang pernah anda lakukan pada perusahaan sebelumnya. Kalau bisa, hubungkan pekerjaan di perusahaan yang dulu dengan hobi dan kesukaan anda.

Contoh:

“Saya pernah bekerja di bidang data entry selama 2 tahun. Dalam pekerjaan terakhir, saya memimpin team ini sebagai supervisor dengan jumlah team sebanyak 3 orang. Saya sendiri memiliki kemampuan analisa data dan debug data sehingga saya dipercaya memimpin tim. Saya sendiri pernah bekerja di beberapa perusahaan besar dan kecil.”

Nah, cukup mudah bukan. Ketika menjelaskan sebaiknya santai saja, jangan terlalu cepat dalam pengucapan tiap katanya.

2. Mengapa Anda Keluar dari Pekerjaan Sebelumnya?

Cara Menjawab Pertanyaan Interview atau Wawancara Kerja-herfia

Pertanyaan diatas terkesan seperti sebuah jebakan, terkadang membuat bingung calon pegawai. Pada kondisi ini, anda harus menjawab dengan nada yang mantap, tanpa ada keraguan dan tidak ada kebohongan. Jangan sekali-kali berbohong, siapa tahu nanti pernyataan anda di cek ke perusahaan sebelumnya.

Hal lain yang tidak kalah penting yaitu tidak memojokan salah satu pihak, baik pihak perusahaan sebelumnya atau pihak rekan kerja yang ada di dalam team.

Contoh :

“Perusahaan mengalami perubahan setiap waktunya, dalam perubahan itu saya beradaptasi dan mengembangkan diri. Namun, salah satu perubahan membuat saya tidak dapat mengembangkan diri dan akhirnya saya harus memutuskan pilihan mencari tempat lain untuk pengembangan diri saya.”

Untuk penataan kalimat yang baik, anda dapat mengkreasikan nya sendiri. Siapa tahu, kalimat anda lebih baik dari saya.

3. Mengapa Anda Ingin Bekerja di Perusahaan ini?

Cara Menjawab Pertanyaan Interview atau Wawancara Kerja

Berhati-hatilah menjawab pertanyaan ini, sangat sensitif dan terkesan menjebak juga. Untuk menghadapi kondisi seperti ini, jawablah dengan bijak.

Setiap pegawai pasti membutuhkan uang, tapi untuk menjawab pertanyaan, jangan hanya ber-orientasi terhadap uang saja. Meski mencari uang itu merupakan suatu kewajaran yang dilakukan oleh semua manusia.

Anda harus menyatakan hal ini secara sugestif. Kita memang harus jujur, dan bila anda tertarik dengan standar gaji di perusahaan tersebut, katakan saja bahwa anda ingin lebih produktif lagi serta ingin menyongsong masa depan yang lebih baik.

Atau anda bisa mengatakan seperti ini :

“Dalam pandangan saya, perusahaan bapak memiliki citra yang bagus, bonafit dan merupakan perusahaan besar. Tentunya, team yang ada di dalamnya memiliki sumberdaya yang kompeten dan saya ingin menjadi bagian dari team tersebut.”

Jawaban diatas hanyalah sebuah contoh, anda tidak harus mengikutinya. Sesuaikan dengan kondisi anda masing-masing.

4. Kenapa Kami (Perusahaan) Harus Mempekerjakan Anda?

Pertanyaan ini merupakan sebuah bumerang, mengapa? Patut anda ketahui, team rekrutmen biasanya mempunyai skill psikologi atau setidaknya mengetahui tentang psikologi.

Anda dapat menjelaskan kemampuan yang anda miliki, tapi sebaiknya jangan berlebihan atau over. Apalagi jangan sampai anda menjelaskan kelebihan anda dengan merendahkan orang lain. Jika ini dilakukan, bersiaplah untuk di coret dari daftar calon pegawai yang potensial diterima kerja.

5. Jelaskan Keunggulan Anda?

Jelaskan keunggulan dan potensi yang anda miliki secara jujur, sesuaikan dengan posisi yang akan di lamar. Kesesuaian posisi yang dilamar dengan keunggulan pada calon pegawai sangat penting.

Misal, perusahaan membutuhkan posisi IT sedangkan anda menjelaskan keunggulan bidang akutansi. Sudah jelas, ini tidak sesuai, posisi IT membutuhkan pegawai yang memahami betul perihal perangkat lunak, jaringan, perangkat keras maupun instalasi komputer.

6. Jelaskan Tentang Kelemahan Anda?

Cara Menjawab Pertanyaan Interview atau Wawancara Kerja

Selain keunggulan, perusahaan biasanya menanyakan juga perihal kelemahan yang dimiliki pelamar. Banyak calon pegawai mengalami kesulitan ketika menjawab pertanyaan ini.

Setiap karyawan atau manusia selalu mempunyai kelemahan, tidak ada pekerja yang sempurna seratus persen. Di dalam prakteknya, kelemahan bukanlah inti dari permasalahan. Tetapi, bagaimana caranya agar kelemahan itu tidak mengganggu produktifitas perkejaan yang sedang dilakukan.

Bagaimana cara mengatasinya? Pilih kelemahan yang positif, misalnya saya orangnya tidak sabaran ingin pekerjaan cepat selesai dengan baik sehingga tidak menumpuk. Efek positifnya saya tidak bisa menunda pekerjaan.

Atau ada dapat menjelaskan bahwa saya mudah kecewa terhadap diri sendiri ketika tidak dapat menyelesaikan pekerjaan tepat waktu.

7. Apa yang Anda Ketahui Tentang Perusahaan ini?

Nah, ketika anda mendapat panggilan untuk interview. Segera lakukan pencarian data perihal profil perusahaan, bergerak dalam bidang apa, alur pekerjaan nya bagaimana atau informasi lainnya perihal perusahaan yang akan anda lamar.

Anda akan dianggap sebagai orang yang peduli, serius dan memiliki wawasan ketika mampu menjawab pertanyaan ini dengan baik. Pewawancara akan memberi satu point lebih untuk kemampuan anda dalam menjelaskan profil perusahaan.

Namun, jika anda tidak mampu menjawabnya maka akan dianggap tidak seriur terhadap bidang yang dilamar atau nilai wawasan anda mendapat nilai minus.

8. Berapa Gaji Yang Anda Inginkan?

Cara Menjawab Pertanyaan Interview atau Wawancara Kerja-herfia

Gaji dan fasilitas pegawai mengangkut hal yang paling penting karena tujuan anda bekerja pasti untuk mendapatkan penghasilan.

Kandidat pegawai baru maupun yang sudah berpengalaman seringkali kebingungan menjawab pertanyaan tentang gaji pegawai. Jawaban yang kurang tepat akan mempengaruhi penilaian wawancara terhadap kandidat.

Trik menjawab pertanyaan perihal benefit gaji :

“Setiap perusahaan mempunyai ketentuan tersendiri yang mengatur gaji pegawai, tetapi gaji saya sebelumnya sekitar 3 juta dan 4 juta dalam beberapa tahun terakhir.”

“Saya tidak memiliki jumlah gaji khusus karena perusahaan mempunyai ketentuan tersendiri, tetapi gaji saya sebelumnya sekitar 3 juta dan 4 juta dalam beberapa tahun terakhir.”

“Saya terbuka untuk berdiskusi paket kompensasi yang pantas, namun gaji terakhir saya sekitar 3 juta sampai 4 juta.”


Semoga apa yang saya jelaskan dapat memberi manfaat dan semoga anda dapat diterima di perusahaan yang anda tuju.

1 Comment

  1. Siska

    Artikel nya membantu sekali untuk pengetahuan para pencari kerja. Keep work gan, mencari pekerjaan jaman sekarang susah susah gampang.

    Jadi lebih PD ketika interview

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *