Menu Tutup

10 Cara Menghemat Baterai Android agar Awet dan Tahan Lama

baterai-android-awet-tahan-lama-herfia

Menghemat-Baterai-AndroidSudah menjadi hal yang umum bahwa kebanyakan smartphone android sangat terkenal dengan konsumsi baterai yang boros. Ada yang menganggap salah satu smarphone hemat baterai, padahal hanya kapasitas baterainya saja yang dibuat lebih besar. Sehingga terasa lebih awet, dan sebenarnya daya konsumsi baterainya sama saja boros.

Sebagian ponsel android hanya mempunyai waktu standby ( waktu menyala ) yang sebentar. Dalam waktu bebrapa jam saja ponsel sudah harus di charge kembali. Sebagian orang mengatasinya dengan menggunakan Power Bank atau memakai baterai Double Power yang sangat memiliki resiko.

Apa yang membuat baterai ponsel menjadi boros?

Banyak faktor yang menyebabkan baterai ponsel android cepat terkuras habis. Misalnya teknologi layar yang digunakan, luas layar yang digunakan, keadaan sinyal yang tidak stabil dan masih ada lagi penyebab lainnya.

Lalu, bagaimana cara menghemat baterai ponsel android agar lebih awet dan tahan lama?

Menghemat baterai smartphone android bukanlah perkara yang mudah, tapi sebenarnya sangat gampang bila kamu mengetahui caranya.

Berikut ada beberapa tips yang dapat kamu pakai untuk menghemat baterai ponsel android agar awet dan bertahan lebih lama. Tips ini dapat dipakai pada semua jenis ponsel anroid.

1. Jangan Pakai Aplikasi Penghemat Baterai

Mungkin kamu bertanya-tanya, loh kok bisa? Bukankan aplikasi penghemat baterai bertujuan untuk membuat ponsel menjadi awet dan tahan lama?

Jika kamu masih menggunakan aplikasi penghemat baterai, saran saya segera buang saja.

Yakin aplikasi android penghemat baterai benar-benar bekerja? Mari sedikit bermain logika. Ketika aplikasi penghemat baterai di pasang, saat itu aplikasi akan berjalan di latar belakang atau berjalan di background.

Aplikasi yang berjalan di background pasti menggunakan CPU, pasti menggunakan RAM, pasti menggunakan daya. Masih percaya? Akan lebih logis menggunakan cara lain.

2. Atur Tingkat Kecerahan Layar Ponsel

Menghemat-Baterai-Android-2Cara ini lebih masuk akal, tips yang kedua yaitu dengan mengatur tingkat kecerahan layar ponsel. Atur kecerahan layar dengan menggunakan fitur “Auto”.

Fitur Auto Brightness pada ponsel berfungsi menyesuaikan kondisi tingkat kecerahan layar sesuai dengan lingkungan sekitar. Ketika kamu berada di tempat terang, sensor layar akan menyesuaikan menjadi lebih terang agar ponsel jelas di lihat. Sebaliknya, ketika kamu di di tempat sedikit gelap maka sensor layar akan menurunkan tingkat kecerahan.

Ada beberapa ponsel yang belum memiliki fitur “Auto Brightness”, solusinya kamu harus mengaturnya secara manual.

3. Jangan Menggunakan Wallpaper Animasi

Wallpaper animasi memang bagus, ponsel akan tampak lebih hidup dan enak dilihat mata. Tentu saja baterai akan cepat terukas habis karena untuk menjalankan animasi secara terus menerus membutuhkan CPU dan RAM yang bekerja tanpa henti.

Gunakan juga wallpaper yang tidak terlalu cerah, sehingga layar tidak akan terlalu banyak memancarkan cahaya.

Mengatur wallpaper dengan bijak akan menambah waktu stanby ponsel kamu.

4. Atur Waktu Tidur Ponsel

Smartphone android memiliki pengaturan waktu tidur pada ponsel. Maksudnya, ketika ponsel selesai di gunakan, kemudian dalam waktu tertentu layar akan otomatis mati.

Saya sudah menjelaskan sebelumnya bahwa faktor yang paling utama menggunakan baterai yaitu layar. Jadi, waktu yang ideal untuk mengatur waktu tidur ponsel sekitar 2 menit.

5. Matikan Getaran dan Suara Papan Tombol

Fitur getaran pada ponsel merupakan penyebab terbesar kedua yang membuat baterai cepat habis. Motor elektrik untuk menggetarkan ponsel membutuhkan daya yang cukup besar.

Memang, ada kalanya fitur getaran pada ponsel di perlukan. Aktifkan hanya pada mode silent atau mode sunyi saja.

Selain itu, suara pada papan tombol sebaiknya di matikan. Suara papan tombol secara default menyala pada papan ketik dial dan pada keyboard.

6. Matikan Bluetooth, GPS dan NFC

Sebagian besar orang, termasuk teman saya tidak menyadari ketika GPS berjalan terus. Padahal GPS sangat menguras baterai. Untuk itu pastikan hanya menggunakan GPS atau Bluetooth atau NFC ketika perlu saja. Selesai digunakan, segera matikan.

Ada juga cara kirim file yang lebih cepat dari bluetooth yaitu Aplikasi Terbaik Untuk Kirim File Super Cepat Lewat WiFi.

7. Matikan Fitur Auto Sync

Auto Sinkronisasi atau Auto Sync merupakan fitur android yang bekerja secara berkala di latar belakang. Ketika fitur ini dinyalakan, android akan mengsinkronkan dan mengunduh informasi secara otomatis bila diperlukan.

Caranya sangat mudah :

  • Masuk ke pngaturan (setiap ponsel mungkin memiliki tampilan pengaturan yang berbeda)
  • Cari Auto Sync
  • Pilih Off

8. Matikan Animasi Pada Sistem Android

Menghemat-Baterai-Android-3Secara default, android akan mengaktifkan fitur animasi pada jendela pengoperasian sistem. Maksudnya, ketika kamu membuka atau menutup aplikasi sebenarnya ada animasinya.

Misalnya ketika membuka atau menutup aplikasi tertentu akan ada efek efek animasi perpindahan jendela.

Mematikan pada sistem android akan meningkatkan daya tahan baterai di tambah bonus meningkatkan performa kecepatan ponsel.

Caranya :

  • Masuk pengaturan ponsel
  • Aktifkan mode developer (setiap ponsel memiliki cara berbeda untuk mengaktifkan developer mode)
  • Kalau sudah ketemu, buka developer mode
  • Matikan window animation scale
  • Matikan transition animation scale
  • Matikan animator duration scale

Nah, kalau sudah selesai, coba deh rasakan perbedaan nya. Ponsel android kamu tambah wuzz wuzzz wuzz.

9. Kurangi Aplikasi Yang Berjalan di Latar Belakang

Ketika ponsel kamu terasa berat dan boros baterai, bisa jadi hal itu disebabkan karena banyak sekali aplikasi yang berjalan di latar belakang atau berjalan di background.

Berikut contoh aplikasi yang berjalan di background :

  • Whatsapp
  • Instagram
  • Twitter
  • Facebook
  • Line
  • Wechat
  • BBM
  • Batery Saver
  • Antivirus

Bijak dalam menggunakan aplikasi, jika kamu suka social media maka pilih saja yang penting dan jangan menggunakan semua aplikasi social media.

Ada beberapa aplikasi lain yang selalu berjalan di latar belakang, bahkan ada sebagian game yang selalu berjalan di latar belakang.

10. Jangan Gunakan Antivirus

Tanpa menggunakan antivirus sebenarnya android sudah aman dan tidak diperlukan adanya aplikasi antivirus. Hal ini berbeda jika anda menggunakan PC Windows. Tahukah kamu bahwa linux pun sebenarnya tidak perlu antivirus.


Kesimpulan :

Untuk menghemat baterai ponsel dapat dilakukan tanpa menggunakan aplikasi apapun. Hanya dengan menyesuaikan pengaturan ponsel dapat mempengaruhi daya tahan baterai. Semua tergantung kepada pengguna masing-masing. Jika ada aplikasi yang menjanjikan menambah daya tahan baterai maka abaikan saja.

Faktor yang menyebabkan hemat atau tidaknya baterai ponsel :

  • Jenis layar yang digunakan
  • Jenis processor yang digunakan
  • Kapasitas baterai
  • Pengaturan ponsel oleh user
  • Cara pemakaian ponsel oleh user

Tips Cara Menghemat Baterai Android agar Awet dan Tahan Lama diatas memang dapat meningkatkan daya tahan baterai ponsel. Semoga dapat memberi wawasan yang bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *