Cara Menggunakan Whatsapp Web

Begini Cara Menggunakan Whatsapp Web Edisi 2020

Herfia
Sponsor

Whatsapp Web - Tahukah kamu, bahwa WhatsApp merupakan aplikasi pesan instan yang paling populer sejagat. Di pakai oleh hampir semua pengguna smartphone di dunia, mulai dari anak muda hingga orang dewasa. Semuanya memang telah merasakan manfaat dari aplikasi ini.

Whatsapp mampu memudahkan komunikasi antara dua orang atau lebih yang tergabung dalam sebuah grup. Orang - orang cenderung memakai aplikasi ini untuk komunikasi sehari - hari, keperluan bisnis, atau sekedar hiburan. Kini kamu dapat menggunakan nya pada perangkat perangkat Android, Iphone, Windows Phone, Windows, Mac dan Linux.

WhatsApp atau biasa disebut juga WA, sudah dilengkapi dengan berbagai macam fitur, seperti pesan instan teks, suara, gambar, animasi, panggilan telepon, video call maupun lokasi. Semua jenis komunikasi tidak dikenai biaya apapun karena lebih mengutamakan internet atau koneksi wifi sebagai lalu lintas data.

Oiya, kamu juga dapat mengaktifkan fitur enkripsi, dengan demikian isi pesan hanya dapat dilihat oleh anda dan penerima, bahkan pihak WhatsApp sendiri tidak dapat mengintipnya. Gimana, cukup keren bukan !

Macam - Macam Whatsapp

Macam - Macam Whatsapp

Sudahkah kamu membuat akun WhatsApp? Agar dapat menggunakannya, kamu harus mendaftarkan salah satu dari nomor ponsel simpati, XL, As, Tri, Axis, atau Indosat.

Menurut pengamatan saya, sebenarnya wahtsapp sendiri dapat kita terbagi menjadi tiga mancam diantaranya :

  • Whatsapp Messenger, aplikasi pesan instan yang biasa orang gunakan pada umumnya.
  • WhatsApp Business, dikhususkan untuk para pemilik bisnis skala kecil atau menengah. Kamu dapat berinteraksi dengan pelanggan dengan cepat dan mudah. Terdapat fitur mengautomasi, menyortir dan menjawab pesan secara cepat.
  • WhatsApp Web, merupakan salah satu fitur yang memanfaatkan portal online yang berbasis web. Hal ini akan membantu pengguna komputer agar dapat memakai WhatsApp pada sitem operasi windows, mac dan linux. Peluncuran fitur ini resmi di umumkan oleh pihak develover pada tanggal 22 Januari 2015. Fitur WA Web dapat di operasikan memakai semua jenis browser komputer versi terbaru.

Nah, dari ketiga jenis yang saya sebutkan di atas, pembahasan kali ini lebih mengenepankan perihal bagaimana caranya kita memakai WhatsApp Web dengan mudah dan cepat.

WhatsApp Web

WhatsApp Web - WA

WhatsApp web sebenarnya sangat menguntungkan untuk para pemakainya, dimana terkadang kita menghadapi beberapa kondisi yang mengharuskan mengakses WA melalui web.

Berikut beberapa keuntungan menggunakan WhatsApp Web :

  • Dapat membaca dan mengirim pesan secara langsung dari komputer.
  • Memudahkan interaksi pesan WhatsApp di dalam komputer tanpa membuka ponsel atau HP.
  • Bisa di pakai untuk transfer data dari smartphone ke komputer.

WhatsApp Web Lewat Browser

Apakah kamu sibuk bekerja di depan komputer? Terkadang pegawai kantoran tidak sempat membuka ponsel karena kesibukannya menyelesaikan pekerjaan. Nah, kamu masih bisa mengirim pesan Wahtsapp dengan mudah langsung dari browser komputer atau laptop.

Berikut panduan memakai WhatsApp Web melalui browser :

  • Pertama nyalakan komputer atau laptop kamu dan nyalakan koneksi internet nya.
  • Buka software browser apa saja seperti Firefox, Opera, Safari, Microsoft Edge, Chrome, Chromium dan sebagainya.
  • Ketik secara lengkap alamat web.whatsapp.com kemudian tekan Enter.
  • Buka ponsel kamu yang sudah terpasang aplikasi WhatsApp.
  • Tekan Menu kemudian tap pilihan WhatsApp Web, akan muncul scanner.
  • Scan barcode di komputer menggunakan HP sebagai alat verifikasi akun, selesai.

Semua pesan yang ada pada WhatsApp Web akan ter-singkronisasi dengan WhatsApp di ponsel. Artinya, pesan yang ada pada komputer akan tampil juga di ponsel anda.

Selain itu, kecepatan membuka whatsapp web tergantung pada koneksi internet kamu. Sebaiknya memakai prioritas 3G ke atas, akan terkendala jika jaringan nya hanya EDGE.

WhatsApp Web Lewat Software

Tahukah kamu bahwa pihak pengembang telah membuat software Whatsapp khusus untuk komputer dengan sistem operasi Windows ( minimal win 8 ) dan Mac OS ( minimal OSX 10.10 ). Dengan demikian, kamu tidak perlu lagi repot - repot membuka browser dan mengetikan alamat WA.

Berikut panduang pemakaian software whatsapp di komputer :

  • Nyalakan komputer yang memiliki konek internet, kemudian buka website resmi whatsapp.
  • Unduh dan pasang WA web untuk pc, sesuaikan dengan OS laptop kamu.
  • Buka software yang sudah kamu pasang tersebut, selanjutnya kamu bisa memakai WA web tanpa membuka browser.
  • Cara login sama seperti biasa, tinggal scan saja barcode yang muncul.

Saya lebih merekomendasikan cara ini, karena lebih simpel dan cepat daripada kita harus membuka browser.

Keluar dari WhatsApp Web

Keluar WhatsApp Web

WhatsApp Web memang memberikan kemudahan tersendiri bagi mereka yang sering bekerja di depan komputer. Namun, terkadang kita lupa untuk keluar setelah dari WA web tersebut. Hal ini cukup berbahaya, yang dapat menyembabkan kemungkinan pembajakan akun oleh orang lain.

Nah, untuk mengatasi masalah tersebut sebaiknya kamu Log Out untuk semua perangkat yang terhubung whatsapp web. Berikut panduan singkatnya :

  • Pertama buka aplikasi whatsapp di ponsel.
  • Tap titik tiga di bagian pojok kanan atas.
  • Tap pilihan Whatsapp Web, lalu tekan " Log Out From All Device".

Nah, dengan demikian akun kamu sudah resmi keluar tanpa khawatir terjadi hal - hal yang tidak di inginkan.

Tanya Jawab

FAQ Whatsapp Web
  • Apa Itu WhatsApp Web?

    WhatsApp Web merupakan layanan resmi yang membantu memudahkan kamu untuk memakai WhatsApp secara langsung melalui komputer atau laptop.

  • Amankah Menggunakan WhatsApp Web?

    Semua layanan WhatsApp cukup aman tetapi jangan lupa untuk log out setelah kamu memakainya, agar terhindar dari hal - hal yang tidak di inginkan.

  • Apa Kelemahan WhatsApp Web?

    Kamu tidak bisa memakai fitur panggilan suara maupun video call melalui komputer, pemakaian baterai ponsel lebih boros dan tidak boleh lupa log out.

Kesimpulan

Layanan whatsapp web mampu memudahkan kita untuk tetap menggunakan pesan instan langsung dari komputer tanpa harus melihat ponsel. Namun, ada sedikit kelemahan yaitu kita tidak dapan melakukan panggilan telepon atau video call, pemakaian baterai ponsel menjadi lebih boros dan koneksi paket data harus tetap stabil.

Selain itu, kamu jangan sampai lupa untuk Log Out apabila telah selesai mengakses whatsapp web tersebut. Terutama jika mengakses WA web melalui kommputer umum atau kantor.

Berikut detail informasi whatsapp :

PlatformAndroid, IOS, Window Phone, Windows, Mac OS, Linux
Rating4.3 Bintang
UlasanDiulan lebih dari 97 juta pengguna
UnduhanLebih dari 1 Milliom
DeveloperWhatsApp Inc.
PeringkatSeringkali menduduki peringkat teratas
KoneksiData Internet EDGE / 3G / 4G / 5G dan seterusnya

Demikian pembahasan mengenai cara menggunakan whatsapp web, semoga dapat menjadi referensi dan memberi manfaat untuk semua sahabat Herfia.

Tentang Penulis

" Mungkin tidak banyak kebaikan yang bisa kulakukan, hanya sedikit goresan pena ini yang berharap bisa bermanfaat untuk semuanya. By Herfia."

enterlaptop-phonerocket linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram