Cara Menggunakan Mesin Cuci Otomatis dan Manual

Cara menggunakan mesin cuci yang baik dan benar. Seperti kita ketahui bahwa mesin cuci terbagi menjadi dua tipe yaitu otomatis dan manual. Prosedur pemakaian, biasanya sudah terdapat di dalam dus pembelian perangkat elektonik tersebut. Berupa brosur garansi dan standarisasi perihal cara pengoperasian mesin cusi yang benar.

Tujuan dibuatnya brosur cara pemakaian tersebut agar mesin cuci lebih awet dan tahan lama. Biasanya tercantum apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan oleh anda. Mencuci baju dengan mesin cuci akan menghemat waktu, tenaga, air, listrik dan uang para ibu rumah tangga.

Sebelum mesin cuci ditemukan, kegiatan mencuci pakaian merupakan pekerjaan yang sangat melelahkan. Bagaimana tidak, untuk mencuci pakaian saja anda harus menyiapkan air, detergen dan sikat. Kemudian anda harus menyikat, megucek, membilas dan memeras pakaian.

Mencuci pakaian secara manual membutuhkan waktu dan tenaga yang banyak. Nah, mesin cuci mampu mengerjakan semua tugas-tugas tersebut secara otomatis. Keberadaan-nya sangat membantu kita, dalam membersihkan pakaian sehari-hari terutama untuk ibu rumah tangga.

Cara Menggunakan Mesin Cuci Otomatis dan Manual

Apakah mesin cuci mampu mempermudah segalanya? Ya, anda cukup memasukan pakaian ke dalam tabung mesin cuci, tambahkan detergen, kemudian tinggal pilih siklus yang sesuai kebutuhan.

Herfia akan memberikan panduan perihal cara menggunakan mesin cuci dengan baik dan benar. Ketika anda mempelajari teknik dasar dalam mengoperasikan mesin cuci, selanjutnya anda tidak akan lagi menemui kesulitan yang berarti.

Baca Juga : Tips Memilih Mesin Cuci Yang Bagus dan Tahan Lama.

Manfaat Menggunakan Mesin Cuci dengan Benar

Tahukah anda, bahwa penggunaan mesin cuci itu berbeda-beda sesuai dengan jenisnya. Misalnya, untuk memakai mesin cuci satu tabung tentu berbeda dengan penggunaan mesin cuci dua tabung.

Pada mesin cuci dua tabung yang berdampingan, memiliki fungsi yang berbeda. Satu tabung untuk pencucian dan tabung lainnya untuk pengeringan. Hal ini berbeda dengan mesin cuci satu tabung, dimana pencucian dan pengeringan dilakukan pada tabung yang sama.

Nah, ibu-ibu sahabat herfia, untuk lebih jelas sebaiknya anda membaca buku petunjuk dalam pengoperasian mesin cuci tersebut. Berikut beberapa keuntungan yang bisa ibu dapatkan jikan memakai mesin cuci dengan benar :

  1. Membantu hasil cucian jauh lebih bersih.
  2. Membantu mencegah kerusakan mesin cuci.
  3. Membantu mengurangi biaya penggunaan listrik.
  4. Membantu mengurangi penggunaan air yang berlebihan.
  5. Membantu mengoptimalkan waktu lebih efektif dan efisien.
cara menggunakan mesin cuci

Baca :

Hal-Hal Yang Harus Di Perhatikan Sebelum Mencuci

Sebelum anda mencuci pakaian dengan mesin cuci, ada beberapa hal yang sebaiknya anda perhatikan agar hasil cucian lebih maksimal. Selain itu, ajarkan pula anggota keluarga yang lain agar memakai mesin cuci dengan baik sesuai buku petunjuk.

1. Pisahkan pakaian putih dengan pakaian berwarna, terutama yang mudah luntur.

Pisahkan pakaian putih dengan pakaian lain yang berwarna, apalagi jika ada pakaian yang mudah luntur harus segera dipisahkan. Tahu kan resikonya jika pakaian putih terkena wana pakaian lain yang luntur? Bisa repot nantinya.

2. Baca buku petunjuk penggunaan mesin cuci.

Ketika anda baru membeli mesin cuci, wajib untuk membaca petunjuk penggunaan yang tertera pada buku pedoman. Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya bahwa sekali anda mempelajari cara penggunaan mesin cuci pada buku pedoman, selanjutnya anda tidak akan menemui kesulitan yang berarti.

Setiap merk mesin cuci memiliki pengaturan yang sedikit berbeda satu sama lain. Baca petunjuk penggunaan untuk mengetahui siklus pencucian mana yang sesuai dengan kebutuhan anda.

3. Mencuci sesuai kapasitas tabung mesin cuci.

Sebaiknya jangan memasukan pakaian secara berlebihan ke dalam tabung mesin cuci, maksudnya jangan menjejali tabung mesin cuci melebihi kapasitas. Mengapa demikian? Hasil cucian tidak akan optimal dan menimbulkan resiko kerusakan motor penggerak pada mesin cuci jika terlalu sering beroperasi melebihi kapasitas.

4. Gunakan detergen sesuai takaran.

Gunakanlah detergen sesuai takaran saja, memperbanyak detergen melebihi takaran tidak akan menjadikan cucian lebih bersih karena takaran yang dianjurkan sudah diperhitungkan secara optimal. Malah boros detergen.

Tidak masalah menggunakan detergen bubuk atau cair, Tetapi lebih dianjurkan memakai detergen cair.

5. Biarkan pintu mesin cuci terbuka setelah digunakan.

Setiap kali anda selesai menggunakan mesin cuci, sebaiknya pintu atau tutup mesin cuci dibiarkan terbuka agar bagian dalamnya dapat mengering secara alami. Bau disertai jamur bisa tumpuh pada permukaan tabung mesin cuci yang lembab dan tertutup.

Mesin Cuci Otomatis dan Manual

Cara Menggunakan Mesin Cuci Otomatis dan Manual dengan Benar

Berikut standarisasi umum dalam menggunakan mesin cuci, ada baiknya anda juga membaca buku petunjuk yang ada dalam dus pembelian.

  • Masukan pakaian kotor ke dalam tabung mesin cuci. Pisahkan pakaian putih atau pakaian mudah luntur.
  • Isi tabung dengan air biasa atau air bersuhu sesuai dengan kebutuhan. Lihat buku pentunjuk untuk menentukan volume air yang sesuai.
  • Masukan detergen ke dalam tabung mesin cuci sesuai dengan takaran yang tertera pada kemasan.
  • Jalankan waktu atau siklus pencucian, semakin banyak pakaian dalam tabung maka atur waktunya semakin lama pula.
  • Setelah selesai, keluarkan air dari tabung. Isi kembali tabung tersebut dengan air bersih untuk menjalankan pembilasan pakaian.
  • Setelah pembilasan selesai, seharusnya pakaian anda sudah bersih. Untuk mesin Manual/Semi Otomatis pindahkan pakaian dari tabung pembilasan ke dalam tabung pengeringan.
  • Keluarkan cucian dari mesin cuci dan siap di jemur

Nah, itulah tips Cara Menggunakan Mesin Cuci Otomatis dan Manual. Untuk pemasangan mesin cuci, sebaiknya serahkan kepada tenaga profesional. Perawatan terhadap mesin cuci yaitu dengan membersihkan nya serta melakukan pengelapan. Cek juga kabel dan selah agar tidak terlilit. Semoga bermanfaat.

Ibu rumah tangga biasanya melakukan pekerjaan sekaligus, seperti mencuci, memasak dan menonton TV dilakukan pada saat yang sama. Nah, sekarang ini saya punya tips untuk ibu yang hobi menyaksikan sinetron. Sudah saatnya mengganti antena konvensional ibu dan beralih ke TV Digital.

Artikel Lainnya :

Penulis Herfia

"Sebagian kata atau kalimat mungkin merupakan opini pribadi. Jika ada isi konten maupun gambar yang memiliki Hak Cipta, dapat menghubungi kami melalui halaman Kontak, agar dapat kami perbaiki."

Copyright 2019 Herfia