Mengecilkan Ukuran Foto Tanpa Mengurangi Kualitas

Cara mudah mengecilkan ukuran foto tanpa mengurangi kualitas - Kamera smarphone menjadi salah satu sisi yang terus mengalami kemajuan. Mulai dari kamera single, double, triple bahkan saat ini sudah ada HP yang tertanam 4 buah lensa.

Kemajuan teknologi kamera ponsel ini semakin memudahkan kita untuk mengabadikan setiap momen berharga dalam bentuk sebuah foto. Hasil jepretan lensa kamera ponsel sudah hampir setara dengan DSLR, dan resolusinya pun semakin besar.

Pada awalnya HP hanya memiliki kualtitas lensa VGA, meningkat menjadi 1, 2, 8, 16 sampai 42 megapixel menjadi hal yang biasa saat ini. Di tambah dengan dukungan Led Flash ganda, membuat pengambilan foto di malam hari tetap tajam.

Nah, ukuran file foto semakin besar seiring dengan bertambahnya resolusi kamera ponsel. Mungkin kamu tidak mengalami masalah menyimpan banyak gambar, foto dan video di ponsel masa kini yang memiliki kapasitas internal besar.

Baca :

Mengecilkan ukuran foto terkadang dibutuhkan dalam situasi tertentu. Misalnya, di kantor tempat saya bekerja kapasitas email di batasi. Kantor hanya memberi ruang 100 Mb untuk email dan jatah maksimal 3 Mb untuk mengirim file email.

Nah, saat itu saya harus mencari cara untuk mengurangi ukuran foto agar menjadi lebih kecil dan bisa di lampirkan pada file emial di kantor.

Mengecilkan Ukuran Foto Secara Online

Cara termudah dan tercepat mengecilkan ukuran foto yaitu dengan memakai layanan foto resizer secara online. Namun, cara ini tentunya membutuhkan sedikit koneksi internet kamu.

Saya hanya akan membahas dua layanan untuk mengecilkan foto secara online.

1. Compressor

mengurangi ukuran foto

Compressor io merupakan website yang khusus memberikan layanan berupa mengecilkan ukuran foto secara online. Tampilan sangat simpel dan sederhana. Kamu cukup memilih foto yang ingin dikecilkan, kemudian compressor akan secara otomatis memproses file foto agar ukuran lebih kecil tanpa mengurangi kualitas dari foto aslinya.

Fitur yang tersedia :

  • Mendukung 4 format gambar yaitu JPEG, PNG, GIF dan SVG.
  • Dua tipe kompress yaitu Lossy dan Lossess.
  • Kompress tingkat tinggi.

2. Kraken

kurangi ukuran foto

Kraken io merupakan web yang dapat mengecilkan ukuran foto, tidak jauh berbeda dengan website yang lainnya. Paling hanya dari segi tampilan saja yang berbeda-beda. Tapi pada prinsipnya memiliki fungsi yang sama.

Fitur yang tersedia :

  • Tiga tipe kompress yaitu lossy, losses dan expert
  • Bisa mengecilkan ukuran foto dan mengurangi ukuran pixel foto

Perlu kamu ketahui, mengecilkan ukuran foto dan mengurangi ukuran foto itu berbeda.

Mengecilkan berarti mengkompress file tanpa mengurangi ukuran atau size kanvas dari sebuah foto. Sedangkan mengurangi berarti kanzas foto di kurangi ukurannya, misalnya dari 300 x 300 piksel menjadi 150 x 150 piksel.

Mengecilkan Ukuran Foto Secara Offline

Foto beresolusi tinggi tentunya mempunyai ketajaman warna dan detail yang baik. Akan tetapi, ukuran file foto nya pun relatif besar sehingga membuat penyimpanan internal cepat habis. Apalagi jika jumlah foto yang kamu punya cukup banyak.

Hobi mengerjakan segala sesuatu secara offline? Ada juga lho aplikasi android yang bisa mengecilakkn ukura foto tanpa memakai koneksi cata. Kamu cukup pasang dan gunakan aplikasi tersebut.

Saya memilih dua aplikasi terbaik yang layak untuk kamu coba.

1. Lit Photo

memperkecil ukuran foto resizer

Lit Photo merupakan aplikasi android untuk mengkompres atau mengubah ukuran foto. Membantu kamu mengurangi resolusi, mengubah ukuran, memotong dan memutar foto.

Lit photo menggunakan teknik kompresi lossy untuk memperkecil ukuran foto tanpa mengurangi kualitas ketajaman. Perbedaan antara asli dan yang sudah di perkecil hampir tidak terlihat.

File foto yang sudah kecilkan otomatis di simpan pada folder berbeda. Jadi kamu tidak perlu khawatir, karena file aslinya tetap ada. Oiya, gunakan fungsi pemotongan untuk menghapus bagian foto yang ingin dihilangkan. Tersedia banyak rasio pemotongan untuk menyesuaikan dengan gambar yang kamu miliki.

Fitur Lit Photo :

  • Kompres batch untuk mengubah banyak ukuran foto sekaligus.
  • Kompres foto ke ukuran tertentu sesuai keinginan.
  • Foto asli tidak terpengaruh karena file editan otomatis tersimpan di folder lain.
  • Kulitas foto yang terkompresi tetap baik, hampir tidak terlihat perubahan nya dibanding dengan file asli.
  • User interfcae atau tampilan yang sederhana.
  • Gunakan jari untuk memperbesar, memindahkan atau memutar area foto.
  • Bagikan foto ke media sosial seperti Instagram, WhatsApp, Facebook, Line, WeChat, Telegram, Hike dan lainnya.
NamaLit Photo
Pengembang Lit Photo
JenisFoto Resizer
Rating4.7 Bintang
Ulasan31 Ribu Orang
Unduhan1 Juta Lebih

2. Photo & Picture Resizer

photo resizer

Photo & picture Resizer berfungsi untuk mengubah ukuran dan resolusi foto. Membantu kamu memperkecil ukuran gambar tanpa mengurangi kualitas ketajaman.

Pada aplikasi ini, foto yang sudah diubah akan tersimpan pada foler lain tanpa mengganggu file asli. Ingat, kamu hanya bisa mengubah ukuran tetapi tidak dapat mengkompres foto.

Cara penggunaan :

  • Pilih foto atau gambar yang ingin kamu ubah.
  • Pilih resolusi foto yang kamu inginkan yaitu lebar kali tinggi.
  • Selesai, gambar akan di perkecil sesuai resolusi yang dipilih.
NamaPhoto & Picture Resizer
Pengembang Farluner App & Games
JenisPhoto Resizer
Rating4.5 Bintang
Ulasan124 Ribu Orang
Unduhan10 Juta Lebih

Demikian penjelasan mengenai Cara Mengecilkan Ukuran Foto yang dapat dilakukan secara online maupun offline. Semoga bisa menjadi refensi yang berguna untuk sahabat Herfia.

Artikel Lain :

Penulis Herfia

"Sebagian kata atau kalimat mungkin merupakan opini pribadi. Jika ada isi konten maupun gambar yang memiliki Hak Cipta, dapat menghubungi kami melalui halaman Kontak, agar dapat kami perbaiki."

Copyright 2019 Herfia