Cara Mempercepat Koneksi Internet Komputer dan Android

Cara Ampuh Mempercepat Koneksi Internet - Setiap orang sudah pasti menginginkan koneksi cepat. Tren konten internet sudah beralih dari sebelumnya hanya berupa teks dan gambar, menjadi konten berbasis video streaming serta media sosial.

Internet merupakan salah satu teknologi yang paling populer, baik di indonesia maupun dunia. Memudahkan orang-orang dalam aktivitas sehari-hari, mulai dari mencari informasi, berinteraksi dengan orang lain, hingga melakukan transaksi keuangan.

Selain itu, Usaha Kecil dan Menengah ( UKM ) yang merupakan motor penggerak perekonomian indonesia, juga sudah mulai menggunakan koneksi internet.

Bagaimana jika koneksi internet kamu lambat dan tidak stabil? Hal ini akan mengganggu aktivitas dan kebutuhan layanan internet. Game online, Streaming Youtube, Netfliks, Transaksi Keuangan bahkan kegiatan lainnya akan otomatis terhambat.

Sebenarnya, ada cara mempercepat koneksi internet yang jarang diketahui orang.

Penyebab Koneksi Internet Lambat

Sebelum kita membahas cara meningkatkan kecepatan internet, alangkah baiknya kamu mengetahui penyebab internet menjadi lambat.

  • Sinyal yang diterima perangkat komputer atau ponsel terlalu lemah.
  • Terlalu banyak pengguna internet di satu area pada jaringan yang sama secara bersamaan.
  • Adanya pembatasan banwidth atau batasan kecepatan dari operator internet.
  • Wilayah pengguna internet belum tercover teknologi baru seperti 4G / 5G / 6G.
  • Penggunaan APN yang salah sehingga kecepatan yang diterima kurang maksimal.
  • Perangkat modem yang terpasang pada komputer atau ponsel belum memadai serta masih menggunakan teknologi lama.
  • Salah melakukan setting jaringan, biasanya dapat diatur menggunakan jaringan 3G / 4G / 5G.
  • Perangkat terkena serangan virus komputer atau virus smarphone.

Itulah beberapa penyebab internet kamu menjadi lambat. Kamu masih bisa mengatasi hal tersebut dengan melakukan beberapa pengaturan pada perangkat komputer maupun ponsel.

1. Pasang Antivirus Pada Komputer atau Ponsel

Mempercepat koneksi internet - antivirus

Mungkin secara tidak sengaja, kamu mengunduh sesuatu ketika perangkat terkoneksi jaringan internet. Dimana file yang kamu unduh sebenarnya merupakan sebuah virus.

Bisa saja, virus itu bekerja dengan mengambil alih pengaturan banwidth kemudian menurunkan kecepatan internet pada perangkat kamu. Nah, sebaiknya kita memasang software antivirus yang terpercaya untuk mengatasi masalah ini.

Pengguna Windows harus memasang antivirus, untuk kamu yang menggunakan linux tidak di haruskan. Tetapi, memasang antivirus pada linux pun merupakan sebuah pencegahan.

Saya sendiri pakai Elementary OS serta HP Android. Jadi kedua perangkat tersebut tidak saya pasang antivirus. Biasanya linux dan turunan nya lebih tahan terhadap serangan virus komputer.

Kenapa saya memilih Elementary OS? Baca : Beralih Ke Aplikasi dan Software Legal

2. Matikan Perangkat Lain Yang Sedang Tidak Dipakai

Apakah kamu pasang IndiHome dirumah? Pelanggan IndiHome rumahan biasa menggunakan banyak perangkat yang aktif secara bersamaan serta terhubung jaringan internet. Misalnya smartphone, Smart Tv, laptop, game console dan peralatan elektronik lainnya dinyalakan secara keseluruhan.

Baca : Cara Mengganti Password Wifi IndiHome

Sebaiknya matikan perangkat ketika sudah tidak membutuhkan koneksi internet. Karena, bandwidth akan terbagi ke sejumlah peralatan yang sedang aktif.

Jika ada device yang tidak dikenal menggunakan jaringan internet kamu. Segera blokir perangkat tersebut, bagaimana caranya?

Baca : Cara Mengatur Bahkan Memutuskan Koneksi Wifi Orang Lain

3. Ubah Pengaturan DNS Android atau Komputer

Percaya atau tidak, DNS dapat mempengaruhi kecepatan internet secara signifikan. Komputer dan Android secara otomatis memakai DNS bawaan operator atau ISP. Kecuali jika kamu merubahnya sendiri.

Trafik yang sangat tinggi akan menyebabkan DNS operator Drop. Itulah kenapa kita sebaiknya mengaturnya sendiri. Keuntungan lainnya yaitu bisa membuka akses yang di blokir oleh operator.

Daftar DNS yang sudah populer :

Google Public DNS:
Primary: 8.8.8.8
Secondary: 8.8.4.4

OpenDNS
Primary: 208.67.222.222
Secondary: 208.67.220.220

Cloudflare
Primary: 1.1.1.1
Secondary: 1.0.0.1

Mengubah DNS pada Komputer

Saya hanya akan mengulas cara mengubah DNS pada Komputer dengan sitem operasi Windows. Untuk linux saya lewati, user linux biasanya sudah tahu.

  • Buka Control Panel >> Network And Internet
  • Pilih Network And Sharing Center >> Change Adapter Settings
  • Klik Kanan pada jaringan Wifi yang digunakan, klik Properties
  • Klik Use The Following DNS Server Adresses
  • Masukan DNS yang diinginkan

Mengubah DNS pada Ponsel Android

Kamu harus melakukan rooting pada ponsel android jika ingin mengganti DNS bawaan Operator Selular. Tetapi saya hanya akan membahas cara mengubah DNS ketika memakai jaringan WIFI. Tidak perlu rooting HP Android.

  • Nyalain Wifi Android, hubungkan ke jaringan
  • Misal jaringan wifi Herfia
  • Buka pengaturan wifi nya
  • Pilih Ip Settings
  • Ganti dari DHCP menjadi Static
  • Masukan DNS yang diinginkan

4. Atur Channel Jaringan Wifi

Kesalahan dalam mengatur channel wifi dapat berakibat buruk untuk kecepatan internetnya. Di lingkungan rumah dan kantor biasanya banyak yang menggunakan wifi hotspot. Hal ini bisa berpengaruh pada kualitas sinyal karena pengaruh interverensi

https://en.wikipedia.org/wiki/File:2.4_GHz_Wi-Fi_channels_%28802.11b,g_WLAN%29.svg

Sumber Gambar

Pada gambar diatas, sinyal pada channel 1 dan 2 akan saling bersinggungan. Pemilihan yang benar ialah channel 1, 6 dan 11 tidak saling bersinggungan dan tidak menyembabkan interverensi.

Saya sudah membuktikannya, ternyata manjur untuk mendapatkan koneksi stabil.

5. Perbaharui Aplikasi Browser Internet

Pastikan kamu memperbaharui sooftware browser ke versi terkini. Pembaruan pada peramban biasanya bertujuan untuk memperbaiki bug, juga meningkatkan kecepatan render website.

Peramban versi lama rentan terhadap keamanan, selain itu biasanya menggunakan enggine lama untuk merender sebuah website.

6. Gunakan VPN atau SSH

vpn mempercepat koneksi internet

VPN merupakan koneksi antara satu jaringan dengan jaringan lain secara pribadi melalui jaringan internet publik. Sedangkan SSH merupakan protokol jaringan yang memungkinkan pertukaran data antara dua perangkat jaringan melalui saluran yang aman.

VPN dan SSH memungkinkan kamu memperoleh bandwidth maksimal yang diberikan oleh operator internet, terkadang meskipun quota sudah habis masih bisa akses.

VNP dan SSH mampu mempercepat koneksi internet kamu.


Demikian beberapa cara mempercepat koneksi internet yang dapat kamu terapkan dan rasakan perbedaan nya.

Tentang Herfia

Menggunakan Elementary OS dalam keseharian, suka nonton Movie Animation 3D.

Herfia

Kami berusaha memberi informasi seakurat mungkin, apabila ada kesalahan penulisan dapat di informasikan kepada kami.