Sponsor

4 Cara Ampuh Memilih dan Membeli Laptop Terbaik

Penulis Herfia
Sponsor

Kamu bingung memilih laptop? Berikut cara ampuh memilih dan membeli laptop terbaik agar kamu mendapat perangkat yang awet di pakai bertahun - tahun tanpa lemot.

Sudah sangat umum, ketika kamu berencana membeli suatu barang, tentunya kamu akan mencari referensi ke berbagai tempat maupun media, agar mendapatkan barang yang terbaik. Begitu juga dengan laptop, yang merupakan benda elektronik, memilih laptop harus penuh dengan pertimbangan.

Tren penjualan laptop mengalami pasang surut, namun kebutuhan akan teknologi komputer sudah semakin di rasakan pada hampir semua aspek kehidupan. Mulai dari kalangan pelajar, pengusaha, pekerja bahkan bidang pemerintahan pun saat ini tidak lepas dari teknologi komputer.

Laptop mampu mempermudah aktivitas kehidupan manusia sehari - hari. Hal ini sejalan dengan perkembangan zaman, dimana hampir semua aktivitas sudah beralih ke sistem digital yang lebih efisien.

Tujuan Memilih Laptop Terbaik

Tujuan Memilih dan Membeli Laptop Terbaik

Membeli laptop baru atau bekas tergatung kepada kondisi dan budget yang kamu miliki. Namun, saya lebih menyarankan untuk membeli laptop model baru saja. Selain kualitas nya terjamin, ketahanan dan performanya masih bagus karena sebelumnya tidak pernah digunakan.

Memilih laptop terbaik dengan penuh pertimbangan tentunya bertujuan agar kamu bisa mendapatkan barang dengan kualitas bagus dan tahan lama. Selain itu, masih banyak keuntungan lain yang bisa kamu rasakan jika memilih laptop secara hati - hati.

Berikut tujuan memilih laptop terbaik :

  • Mendapatkan laptop dengan kualitas yang terjamin
  • Memperoleh spesifikasi laptop yang tinggi dengan harga murah
  • Mendapatkan laptop dengan performa kecepatan yang maksimum
  • Memperoleh laptop yang tahan lama dan bisa di pakai bertahun -- tahun

Untuk mendapat laptop terbaik, sebaiknya kamu melakukan komparasi antara merk yang satu dengan lainnya. Selain itu, bandingkan juga spesifikasi antar merk dan terakhir sesuaikan harganya.

Cara Ampuh Memilih Laptop Terbaik

Cara Memilih Laptop Terbaik

Nah, kali ini saya akan membahas bagaimana caranya agar kamu bisa memilih laptop terbaik. Jangan tergesa - gesa ketika akan membeli laptop, baik di toko dekat tempat tinggal kamu ataupun melalui online shop.

Inti dari pemilihan laptop terbaik yaitu membandingkan perangkat laptop tersebut dari berbagai merk. Namun, kamu harus mengetahui apa saja kriteria yang harus di bandingkan sehingga tujuan kamu membeli komputer yang bagus tercapai.

1. Perhatikan Media Penyimpanan Laptop

Media penyimpanan laptop merupakan urutan pertama yang harus kamu perhatikan. Perangkat penyimpanan internal komputer umumnya berupa Hardisk, eMMC dan SSD ( Solis State Drive ).

Storage atau tempat penyimpanan merupakan salah satu bagian penting yang ada dalam laptop yang berguna untuk menyimpan semua data - data. Media penyimpanan untuk laptop mengalami kemajuan yang cukup pesat.

Perbedaan kecepatan baca tulis pada media penyimpanan laptop :

  • Hardisk, merupakan teknologi lama yang memiliki kecepatan baca tulis yang rendah.
  • eMMC, merupakan media penyimpanan yang memiliki kecepatan baca tulis tinggi, biasanya sudah di tanamkan secara bawaan dari pabrik untuk laptop tertentu keluaran baru.
  • SSD, merupakan media penyimpanan laptop dimana kecepatan baca tulisnya paling tinggi untuk saat ini.

Nah, sebelum kamu membeli laptop, perhatikan tempat penyimpan internal. Pilih laptop yang sudah tertanam eMMC atau SSD. Laptop merk terbaru biasanya memiliki penyimpanan eMMC, namun kamu bisa menambahkan SSD untuk penyimpanan tambahan.

Misal, kamu membeli laptop dengan spesifikasi sangat tinggi dan RAM juga besar, namun masih menggunakan Hardisk. Maka akan terjadi yang namanya Bottleneck, dimana kecepatan baca tulis Hardsik tidak mampu mengimbangi performa Processor dan RAM berkecepatan tinggi.

Nah, coba kamu perhatikan teman sekeliling, mereka mungkin membeli laptop baru. Tetapi kita sering mendengar keluhan bahwa laptop mereka terasa lambat. Padahal processornya kencang dan RAM 4 Gb atau 8 GB atau 16 Gb.

Kecepatan membaca data yang paling rendah pada SSD ( Solid State Drive ) adalah sekitar 8 kali lipat lebih kencang daripada Hardisk.

Keuntungan menggunakan SSD ( Solid State Drive ) :

  • Kecepatan booting laptop meningkat, hanya beberapa detik sudah tampil desktop.
  • Kecepatan multitasking meningkat secara signifikan, membuka banyak aplikasi sangat ringan.
  • Baterai laptop akan lebih awet.
  • Tidak bising dan tidak menimbulkan suara ketika beroperasi.

Jadi, tinggalkan laptop yang masih menggunakan Hardisk dan pilih laptop yang sudah memakai SSD.

2. Perhatikan Kapasitas RAM Laptop

Kapasitas RAM Laptop Terbaik

Pada dasarnya, processor dan RAM keluaran terbaru sudah memiliki performa yang kencang meskipun kamu memilih tipe terendah, karena sudah menggunakan teknologi terbaru. Jadi tidak usah khawatir jika kamu hanya memakai laptop untuk office saja.

Setelah kamu memilih SSD, selanjutnya pilih laptop yang memiliki kapasitas RAM minimal 4GB atau lebih. Kombinassi SSD dan RAM 4GB keatas sudah cukup untuk mengakomodir tugas-tugas yang berkaitan dengan office tanpa mengalami kendala yang berarti.

Khusus untuk laptop yang nantinya dipakai video editing dan gaming, pastikan untuk memperhatikan tipe processor yang tinggi dan RAM minimal 8 GB.

3. Perhatikan Sistem Operasi Laptop

Kombinasi Solid State Drive ( SSD ) dan RAM 4 Gb sudah mampu melibas Sistem Operasi Windows keluaran terbaru, apalagi linux. Engga percaya? Coba saja laptop teman kamu dan rasakan kecepatan nya.

Laptop yang dijual saat ini pada umumnya sudah terpasang Windows 10. Bagi sebagian orang, Windows 7 masih menjadi andalan, termasuk saya. Alasan nya klasik yaitu lebih kencang dan lebih mudah daripada Windows 10.

Versi Sistem Operasi sesuai selera saja, tidak ada patokan. Saya sendiri memakai Elementary OS ( linux ) juga.

4. Perhatikan Merk Laptop

Nah, merk laptop juga tidak kalah penting. Pilihlah brand yang terpercaya dimana kualitas merk sudah di akui secara internasional. Mereka biasanya memproduksi barang dengan kualitas yang bagus, kontrol produksi yang ketat, uji ketahanan baru kemudian di pasarkan ke seluruh dunia.

Yang namanya barang elektronik tetap saja ada kalanya yang tidak sempurnya. Merk laptop yang terpecaya memiliki jaringan pelayanan servis dan garansi yang baik.

Beberapa merk laptop yang sudah ternama :

  • Samsung, kualitas laptop keluaran samsung cukup baik.
  • Asus, terkenal dengan keawetan nya, tipe Asus Rog juga sangat terkenal
  • Acer, service center cukup banyak di indonesia, pengguna kebanyakan kalangan pelajar
  • Dell, merk dell juga tidak kalah bagus dengan kompetitornya
  • Lenovo, laptop saya lenovo, harga lebih murah dan kualitas oke
  • HP ( Hewlett Packard ), bagus juga terbukti banyak teman yang pakai laptop HP awet
  • Toshiba, laptop toshiba bagus namun kurang begitu terkenal di indonesia.
  • Apple, merk ekslusif dan istimewa.

Masih banyak merk lain yang tentunya tidak kalah dengan yang saya sebutkan di atas. Yang membedakan mungkin hanya spesifikasi dan harga yang di tawarkan saja.


Kesimpulan :

Untuk memperoleh laptop terbaik perlu memperhatikan beberapa hal, seperti media penyimpanan yang sudah memakai Solid State Drive ( SSD ), kapasitas RAM minimal 4 GB dan sistem operasi sebaiknya memakai Windows 7 atau Linux.

Dengan demikian kamu akan mendapat performa laptop yang kencang bahkan bisa mengakomodir pembaharuan Sistem Operasi selama bertahun - tahun, tetapi performa laptop kamu akan tetap kencang. Selain itu, pilih merk laptop yang sudah terpercaya saja.

Langkah terakhir kamu tinggal membandingkan laptop dari berbagai merk memakai petimbangan diatas. Dan akhirnya selamat membeli laptop baru. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi yang baik untuk sahabat herfia.

Artikel terkait lainnya :

Sponsor