Cara Mudah Log Out Akun Gmail di HP

Jika kamu akan mengganti HP Android, sebaiknya jangan lupa untuk untuk keluar atau Log Out dari akun Gmail. Hal ini akan membuat privasi akun kamu lebih terjaga.

Gmail sendiri merupakan layanan google yang bersifat universal. Maksudnya, hanya dengan satu akun gmail, kamu bisa menggunakan seluruh layanan google seperti Youtube, Google Drive, Google Docs, Play Store, Google Forms dan layanan lainnya. Kamu tidak harus membuat banyak akun dan password, cukup menggunakan Gmail saja.

Apa jadinya jika tidak Log Out dari Gmail? Contoh kecil, teman saya menjual HP Android lama, kemudian membeli HP baru yang menurutnya lebih bagus. Dia lupa untuk keluar dari akun Gmail, dan Game Mobile Legend yang sudah terhubung dengan Google Play Games akhirnya dimainkan oleh orang lain.

Baca Juga : Cara Membuat Akun Moonton Mobile Legend

Nah, masalahnya masih banyak orang yang belum mengetahui pentingnya keluar akun gmail atau menghapusnya dari perangkat yang akan di jual.

Google melalui situs resminya, sudah menginformasikan bahwa untuk Log Out Akun Gmail hanya dapat dilakukan dengan dua cara. Yaitu menghapus akun melalui pengaturan HP atau beralih antar akun yang berbeda.

Menghapus akun Gmail dari HP ini maksudnya hanya menghapus dari ponsel, bukan menghapus gmail secara permanen. Jadi, kamu masih bisa memakai kembali akun tersebut pada perangkat lain misalnya ponsel baru, komputer atau Ios.

Berpindah akun Mobile Legend bisa dilakukan dengan cara beralih antar akun Gmail. Tapi saya lebih menyarankan membuat akun Moonton saja.

1. Log Out Akun Gmail Melalui Aplikasi

keluar akun gmail

Standar perangkat smartphone yang memakai sistem operasi android biasanya sudah terpasang Aplikasi bernama Gmail. Jadi, apapun merk ponsel kamu, Gmail pastinya sudah terpasang selama ROM yang terinstall bukan Custom ROM.

Nah, untuk keluar dari Gmail cukup mudah, berikut langkahnya :

  • Buka aplikasi Gmail pada ponsel kamu, icon gambar surat.
  • Di kanan atas, tap gambar profil kamu.
  • Tap Kelola Akun di Perangkat Ini.
  • Pilih akun yang akan di hapus.
  • Pada bagian bawah, tap Hapus Akun.

2. Log Out Akun Gmail Melalui Pengaturan HP

Selain lewat aplikasi, Log Outa atau keluar akun gmail juga bisa dilakukan melalui pengaturan pada smartphone android kamu. Tinggal pilih mau pakai cara pertama atau kedua.

Baca Juga : Cara Mudah ScreenShot di HP Xiaomi.

Berikut saya beri contoh log out akun gmail pada HP Xiaomi :

  • Masuk Settings atau pengaturan ponsel xiaomi kamu.
  • Pilih tab Sync kemudian pilih akun Google.
  • Tap nama email yang akan kamu hapus.
  • Tap Remove Account.
Cara Log Out Akun Gmail di HP

Catatan : Setiap merk ponsel memiliki antar muka pengaturan yang sedikit berbeda. Tapi, pada prinsipnya tetap sama. Kamu cukup masuk pengaturan ponsel untuk menghapus atau keluar akun gmail.

Baca Juga : Memasang Dua Akun Whatsapp Dalam Satu HP Android.


Menghapus Gmail dari ponsel maupun tablet, tidak akan menghapus akun kamu secara permanen. Artinya, kamu tetap dapat menggunakan akun Gmail tersebut pada komputer atau perangkat ponsel yang lain.

Log Out akun gmail sangat cocok jika kamu ingin menghapus informasi pribadi dari perangkat yang sedang di pakai, sebelum menjual atau memberikannya kepada orang lain.

Apakah ada cara lain yang lebih mudah untuk keluar akun gmail? Sayangnya belum ada cara lain yang lebih mudah, begitu menurut penjelasan yang saya baca dari situs resmi google.

Keluar akun gmail hanya bisa dilakukan dengan kedua cara diatas tanpa melihat merk ponsel. Baik itu Hp Xiaomi, Oppo, Vivo, Samsung, Huawei, Acer, Asus, LG, Lenovo maupun merk lainnya. Demikian, semoga dapat bermanfaat buat kamu.

Penulis Herfia

"Sebagian kata atau kalimat mungkin merupakan opini pribadi. Jika ada isi konten maupun gambar yang memiliki Hak Cipta, dapat menghubungi kami melalui halaman Kontak, agar dapat kami perbaiki."

Copyright 2019 Herfia