cara-ampuh-memperbaiki-baterai-hp-yang-drop

Cara Ampuh Mengatasi Baterai HP Ngedrop Edisi 2020

Herfia
Sponsor

Mengatasi Baterai HP Ngedrop - Permasalahan pada baterai ponsel seringkali di jumpai pada pengguna smartphone android. Kita bisa melihat, saat ini produsen ponsel gencar merilis model baru dengan kondisi baterai tanam.

Penggantian dan perbaikan salah satu komponen dengan tipe baterai tanam, mengharuskan kita untuk membongkar perangkat tersebut. Seiring berjalannya waktu dengan pemakaian yang cukup lama, tentunya kemampuan dari baterai hp akan menurun.

Faktor lain juga bisa berpengaruh, seperti bermain game Mobile Legend pada saat ponsel di charge. Nah, berbagai gangguan pada batera sering kita jumpai, misalnya baterai cepat habis, kondisi HP mudah panas bahkan nge-drop atau bahasa lainnya yaitu mendadak padam.

Jika baterai anda tiba-tiba habis atau kemampuannya sudah menurun, maka sepertinya anda perlu melakukan Kalibrasi Baterai. Apa itu Kalibrasi?

Kalibrasi bertujuan untuk mengembalikan kemampuan baterai android agar berfungsi seperti baru. Sudah banyak yang membuktikan bahwa kalibrasi baterai cukup efektif memperbaiki kondisi baterai yang ngedrop.

Status Baterai Android

Status Baterai Normal

Batery Status ialah salah satu fitur android yang berfungsi mengumpulkan informasi  tentang detail baterai ponsel. Fitur ini memberikan laporan data secara terperinci seperti penggunaan daya, penggunaan baterai jangka waktu tertentu. Terkadang ponsel anda tidak menunjukan data yang akurat mengenai konsumsi dan pemakaian daya pada ponsel.

Jika hal ini terjadi, baterai mungkin menunjukan daya yang tersimpan masih 70% tapi dalam beberapa menit tiba-tiba turun drastis bahkan sampai 0%.  Kondisi ini dinamakan Baterai HP Ngedrop atau Drop. Nah, pada kondisi ini, kalibrasi baterai sangat dibutuhkan.

Setelah dilakukan kalibrasi, ponsel akan melakukan reset informasi status baterai sehingga informasi yang tampil lebih akurat.

Persyaratan sebelum kalibrasi baterai :

  • Kondisi fisik baterai tidak mengalami kebocoran ( tahu bukan batre bocor itu bagaimana )
  • Kondisi fisik baterai tidak menggembung, seringkali kondisi seperti ini akan merusak casing ponsel.
  • Baterai tidak terkena air atau terendam air, jika terjadi segera jemur sampai benar - benar kering.
  • Bebas dari kerusakan fisik lainnya dalam arti batre HP harus dalam keadaan baik sebelumnya.

Kalibrasi Baterai HP Ngedrop

Kalibrasi Baterai

Semua orang pastinya akan dibuat pusing ketika mengalami kendala pada batre ponsel mereka. Mobilitas dan kegiatan kamu sehari - hari terganggu, namun jangan sampai di saat genting malah Smartphone kamu ngedrop.

Mungkin kamu sudah melakukan berbagai cara untuk mengatasi baterai yang cepat habis secara tiba-tiba, tetapi sampai saat ini tidak membuahkan hasil apapun, maka kalibrasi merupakan cara terakhir untuk mengatasinya.

Ada dua cara untuk melakukan kalibrasi baterai yaitu :

  1. Kalibrasi tanpa melakukan akses root dengan bantuan aplikasi tertentu.
  2. Kalibrasi dengan menggunakan akses root, hasil nya tentu akan lebih maksimal.

Dengan kalibrasi, diharapkan ponsel kamu akan menunjukan angka yang real perihal jumlah daya yang tersimpan sekitar berapa persen misalnya sisa baterai 70%, sehingga kemungkinan terjadinya drop bisa di kurangi.

Kalibrasi Baterai Secara Manual

Kalibrasi Baterai Manual

Kalibrasi baterai HP secara manual merupakan teknik paling aman, dimana kamu tidak membutuhkan bantuan aplikasi pihak ketiga. Selain itu, tidak membutuhkan hak akses root terhadap Smartphone.

Langsung saja, berikut cara manual kalibrasi baterai ponsel :

  • Nyalakan HP anda, charge sampai penuh 100%, kemudian matikan ponsel ketika sudah penuh ( pastikan batre sudah terisi penuh ).
  • Dalam kondisi mati, charge kembali sekitar 1 sampai 2 jam ( ingat jangan di nyalakan sampai waktu yang ditentukan ).
  • Dalam kondisi charger terpasang (tidak dicabut), nyalakan kembali ponsel anda (kondisi 100%).
  • Ketika sudah menyala, cabut kabel charger kemudian gunakan ponsel sampai kehabisan baterai.
  • Ketika baterai habis total dan HP mati, diamkan ponsel sekitar 15 menit (jangan di charge).
  • Setelah 15 menit, charge ponsel dalam keadaan mati (tidak di nyalakan).
  • Tunggu hingga 100%, jika sudah, nyalakan kembali tanpa mencabut kabel charger.
  • Kalau sudah menyala, cabut charger dan gunakan smartphone seperti biasa (kalau low batre, charge biasa jangan sampai kehabisan baterai).
  • Selamat, kalibrasi selesai, selanjutnya pakai perangkan HP pintar kamu seperti biasa.

Nah, itulah cara kalibrasi baterai HP yang ngedrop tanpa root, pastikan kamu melakukannya sesuai dengan urutan yang sudah dijelaskan. Jika tidak sesuai nomor urut, harap ulangi langkah dari awal.

Kalibrasi Baterai Lewat Aplikasi

Kalibrasi baterai lewat aplikasi

Kalibrasi baterai ponsel menggunakan aplikasi termasuk cara yang paling simpel. Namun, sebelumnya ponsel anda harus sudah dalam keadaan root. Cara root setiap ponsel berbeda-beda.

  • Pasang Aplikasi Advanced Battery Calibrator.
  • Buka aplikasinya dalam keadaan internet menyala.
  • Pilih Callibrate Now.
  • Ikuti instruksinya, aplikasi akan mendeteksi root atau tidak.
  • Root atau tanpa Root bisa.
  • Selamat anda sudah selesai kalibrasi.
  • Hapus kembali aplikasinya ketika selesai digunakan.

Note : aplikasi ini sudah tidak ada pada Google Play Store, sebaiknya lakukan kalibrasi secara manual saja. Alternatif bisa pakai penghemat batre seperi Accu Battery agar baterai Hp awet dan tahan lama.


Itulah Cara Ampuh Memperbaiki Baterai HP Ngedrop dengan cara melakukan kalibrasi baterai. Baterai ponsel anda akan kembali ke performa terbaiknya, diharapkan daya batre kamu akan menunjukan angka real pada ponsel.

Jika cara ini masih tidak berhasil, ada kemungkinan kondisi fisik dan cell baterai yang sudah rusak atau lemah, sebaiknya ganti baterai. Demikian, semoga bisa menjadi referensi dan memberi manfaat untuk semua sahabat Herfia.

Tentang Penulis

" Mungkin tidak banyak kebaikan yang bisa kulakukan, hanya sedikit goresan pena ini yang berharap bisa bermanfaat untuk semuanya. By Herfia."

enterlaptop-phonerocket linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram