Sponsor
Browser Terbaik dan Tercepat Untuk PC

4 Aplikasi Browser Terbaik PC & Tercepat Edisi 2020

Penulis Herfia
Sponsor

Browser Terbaik PC - Mungkin saat ini kamu tidak puas dengan performa browser bawaan komputer ketika berselancar di internet. Di sisi lain, masih banyak software web browser terbaik pihak ketiga yang bisa kamu coba untuk sensasi menjelajahi website lebih cepat.

Browser atau peramban adalah sebuah perangkat lunak yang berfungsi untuk menjelajahi sumber informasi yang ada di internet, dapat berupa konten halaman web, gambar, video, audio, game berbasis web, aplikasi berbasis web atau jenis konten lainnya.

Akses informasi internet, yang saat ini dapat kamu rasakan manfaatnya melalui software browser memiliki sejarah yang amat panjang. Namun, seiring berkembangnya teknologi, web browser terus diperbaharui dan diperbaiki agar bisa menampilkan konten web dengan baik serta mendukung multimedia.

Nah, berselancar di dunia maya merupakan kegiatan yang rutin dilakukan sehari - hari pada era digital saat ini. Bahkan, pemakaian browser sendiri melebar ke pekerjaan. Beberapa perusahaan dan perbankan memakai software browser untuk mengakomodir pekerjaan mereka.

Kriteria Browser Terbaik PC

Kriteria Browser Terbaik dan Tercepat

Ketika kamu menjelajahi website melalui software web browser, kira - kira apa yang kamu prioritaskan? Apakah mengedepankan kecepatan render halaman web, kemananan dalam berselancar atau fleksibilitas browser dengan banyaknya add-on.

Kalau saya memilih semuanya, terkadang saya perlu mengakses akun mobile internet banking yang tentunya membutuhkan keamanan yang terjamin. Di lain waktu, saya membutuhkan kecepatan software browser untuk mengakses berbagai informasi yang dibutuhkan. Serta saya juga menambahkan beberapa add-on yang cocok untuk menambah fitur pada browser komputer.

Kriteria browser terbaik pc menurut herfia :

  • Software browser harus sudah di kembangkan dalam waktu yang lama agar lebih terjamin dalam pemakaian sehari - hari.
  • Memiliki engine yang cepat dalam menampilkan konten website.
  • Mempunyai fitur yang lengkap dari segi kecepatan, keamanan dan mendukung add-on.

Nah, selanjutnya kamu bisa menambahkan kriteria sendiri sesuai dengan keinginan. Saya hanya mengutamakan tiga syarat yang diatas saja.

Daftar Browser Terbaik PC

Seringkali orang sudah merasa nyaman dengan browser yang selama ini mereka pakai pada laptop. Mungkin karena sudah terbiasa atau belum menyadari bahwa masih ada web browser lain yang lebih baik serta layak untuk dicoba.

Herfia sudah memilih dan merangkum beberapa browser terbaik dan tercepat berdasarkan kriteria yang sudah disebutkan sebelumnya.

1. Firefox

Browser Terbaik dan Tercepat PC Firefox

Rekam jejak Mozilla Firefox sejak pertama kali kemunculannya mampu membuat perubahan dalam berselancar di internet. Menawarkan paket lengkap berupa keamanan menjelajahi web, kecepatan render konten halaman serta dukungan add-on yang cukup banyak.

Mozilla Firefox cukup cepat ketika di pakai pada laptop standar, tidak terlalu banyak memakan RAM. Firefox merupakan software penjelajah yang ramping, menggunakan sedikit RAM tetapi tetap bekerja pada kecepatan tinggi.

Hal ini menguntungkan untuk kamu dalam hal multitasking, kamu bisa membuka banyak tab tanpa kendala. Tidak terasa lambat dan tetap stabil kinerjanya.

Selain itu, firefox memiliki engine yang cukup baik dalam menjalankan game 3D yang mampu menangani kecepatan yang mendekati asli. Mampu mengurangi kelambatan, mempercepat waktu ping serta mengoptimalkan gameplay secara keseluruhan.

Pihak pengembang juga mengutamakan mengenai privasi. Bersifat open source sehingga tidak ada dorongan dari pengembang untuk menjual statistik data kamu dalam pemakaian browser.

Engine dan source code firefox terus di kembangkan, diperbaiki dan diperbaharui secara berkala. Kualitas dan kemampuan Mozilla Firefox sudah tidak dapat di pandang sebelah mata. Browser legenda dengan segudang fitur di dalamnya.

2. Opera

Browser Terbaik dan Tercepat PC Opera

Browser Opera juga termasuk salah satu pemain lama yang patut untuk diperhitungkan. Mendukung banyak platform seperti Windows, Mac, Linux dan Mobile. Memang, sebelumnya identik dengan pemakaian pada Ponsel dengan hadirnya Opera Mini yang melegenda.

Antar muka Opera Browser cukup simpel, minimalis dengan tambahan sidebar pada bilah sisinya. Salah satu fitur yang saya suka yaitu Opera Turbo. Bekerja dengan mengecilkan dan memadatkan lalu lintas web yang di proses melalui server opera, kemudian di tampilkan pada halaman browser kamu.

Opera Turbo mampu mengurangi pemakaian data internet, sangat bermanfaat ketika koneksi lambat atau untuk menghemat kuota internet kamu. Fitur lainnya bisa kamu coba sendiri, yang pastri Opera sangat hebat.

3. Chromium

Browser Terbaik dan Tercepat PC Chromium

Chromium Browser merupakan peramban yang bersifat open source yang selanjutnya menjadi cikal bakal lahirnya Google Chrome. Bahkan base code chromium dipakai pada beberapa browser lainnya.

Chromium memiliki tampilan yang ringan dan sangat sederhana. Namun dengan tetap menjaga kehandalan, keamanan dan kenyamanan pengguna. Tampilan bawaan browser ini sangat simpel, tidak banyak pernak pernik yang mengganggu pandangan mata. Mungkin hal ini juga yang membuat chromium terasa cepat saat di buka maupun di tutup.

Tahukah kamu, chromium bertujuan untuk meningkatkan teknologi web browser yang mengarah pada pengalaman pengguna yang lebih baik. Beberapa browser lain yang memakai base chromium yaitu Opera, Vivaldi, Baidu, Microsoft Edge, UC Browser dan masih ada yang lainnya.

Nah, menurut saya hal diatas sudah cukup membuktikan bahwa Chromium merupakan salah satu browser terbaik yang pantas kamu coba.

4. Google Chrome

Browser Terbaik dan tercepat Chrome - PC

Siapa sih yang tidak kenal Google? Raksasa internet yang menguasai berbagai bidang, yang salah satunya menggarap perambah yang bernama Google Chrome.

Chrome memiliki kecanggihan dan dan kecepatan yang kamu perlukan dalam menjelajahi konten internet. Baik itu sekedar bermain - main mencari informasi ataupun menyelesaikan pekerjaan via browser. Tampilan yang sederhana menjadi ciri khas produk yang di keluarkan oleh Google.

Chrome mampu mengoptimalkan pemakaian Memori dan Reponsifitas ketika membuka banyak Tab secara sekaligus. Browser ini dioptimalkan untuk berbagai layanan dari Google seperti Gmail, Youtube, GDrive, Gdoc, dan layanan lainnya.

Segi keamanan juga lebih terjamin, dimana Chrome mampu melindungi kamu dari berbagai situs berbahaya yang mungkin bisa mencuri sandi atau menginfeksi komputer.


Kesimpulan

Pengguna sistem operasi komputer terbagi menjadi tiga bagian yaitu Mac OS, Windows dan Linux. Masing - masing OS biasanya sudah terpasang browser bawaan misalnya Safari pada MacOS dan Microsoft Edge pada Windows.

Nah, sebenarnya masih banyak browser lain yang bisa kamu coba. Malahan kemampuan dan kecepatan nya mampu melebihi web browser bawaan sistem operasi.

Browser terbaik pc yang herfia rekomendasikan yaitu Mozilla Firefox, Opera, Chromium dan Chrome. Browser tersebut sudah teruji dalam jangka waktu yang cukup lama. Sudahkah kamu mencoba salah satunya?

Semoga pembahasan kali ini dapat menjadi referensi dan memberi manfaat untuk semua sahabat Herfia. Selamat berselancar di dunia maya.

Artikel rekomendasi lainnya :

Sponsor