Sponsor
Browser Terbaik dan Tercepat Untuk Android

5 Browser Terbaik dan Tercepat Untuk Android 2020

Penulis Herfia
Sponsor

Browser Terbaik - Peramban adalah aplikasi selular yang di rancang untuk menampilkan konten web versi mobile. Ukuran perangkat lunak biasanya lebih ringan dan efisien agar dapat mengakomodasi kapasitas memori rendah dan bandiwdth kecil.

Situs internet saat ini di rancang dengan sedemikian rupa, agar dapat tampil sempurna pada perangkat smartphone. Oleh karena itu, sebaiknya developer website membuat konten yang mobile friendly atau mendukung versi AMP ( Accelerated Mobile Pages ).

Mengapa demikian? Sebagian besar situs selular yang tidak mendukung AMP atau Mobile Friendly, membutuhkan waktu cukup lama agar seluruh isi konten dapat tampil pada smartphone yaitu sekitar 7 detik lebih. Sedangkan, kebiasaan pengunjung biasanya akan meninggalkan website jika dalam waktu 3 detik isi kontennya tidak tampil.

Browsing merupakan aktivitas yang rutin dilakukan oleh para pengguna ponsel saat ini. Bahkan bisa menghabiskan waktu berjam - jam hanya untuk mencari berbagai informasi yang diperlukan.

Nah, untuk melengkapi kebutuhan kamu dalam mengakses dunia maya, kali ini Herfia merangkum beberapa mobile browser terbaik untuk Android.

Kriteria Browser Terbaik

Kriteria Browser Terbaik Untuk Android

Mau tahu peramban selular apa saja yang bagus buat ponsel kamu? Gampang gan, tinggal cobain satu - persatu lalu pilih mana yang nyaman di pakai. Sebagian orang memasang beberapa aplikasi browser, sebaiknya cukup satu saja agar tidak membebani kinerja smartphone.

Saya menerapkan beberapa kriteria untuk menentukan mobile browser terbaik, kemudian memilih hanya 5 aplikasi yang layak untuk di rekomendasikan. Berikut kriterianya :

  • Aman, peramban yang boleh masuk rekomendasi harus memiliki keamanan yang bagus. Agar dapat menangkal serangan dari situs yang berbahaya.
  • Cepat, kecepatan peramban harus bagus, yang bisa membuka berbagai isi konten lebih kencang. Baik itu artikel, audio, video maupaun web app.
  • Brand, rekam jejak dan developer terpercaya, dimana peramban telah di kembangkan dalam waktu yang cukup lama.
  • Tampilan, antar muka peramban simpel, rapih dan mudah digunakan.

Daftar Browser Terbaik dan Tercepat

Android secara bawaan pastinya sudah terpasang aplikasi peramban atau browser. Sebagian orang memang lebih senang menggunakan peramban bawaan android ini. Namun, saya pribadi hampir tidak pernah pakai dan lebih memilih Browser pihak ketiga.

Nah, dari beberapa kriteria yang sudah saya jelaskan, akhirnya terpilihlah beberapa peramban selular yang pantas untuk kamu coba.

1. Google Chrome

Google Chrome Android

Google Chrome merupakan browser yang dikembangkan secara resmi oleh Google Developer, di rancang untuk Android. Peramban ini sangat mudah digunakan, aman dan cepat. Antar muka cukup simpel, serta telah dilengkapai fitur terjemah.

Chrome akan menerjemahkan seluruh halaman situs ke dalam bahasa kamu dengan sekali tap. Sangat membantu ketika membuka konten bahasa asing.

Oiya, tersedia juga fitur pengemat data yang di klaim dapat mengurangi pemakaian kuota internet hingga 60%. Chrome akan melakukan kompresi teks, gambar, video dan situs tanpa menurunkan kualitasnya.

Chrome cukup aman jika di pakai untuk urusan transaksi internet banking. Sebaiknya fitur hemat data di nonaktifkan jika kamu mengakses konten perbankan.

2. Opera Browser

Opera Browser Android

Opera Browser merupakan peramban berkualitas untuk perangkat ponsel android yang dilengkapi dengan banyak fiitur bawaan. Peramban ini dikembangkan dari sumber kode Chromium. Sepak terjang pengembang Opera sudah tidak diragukan lagi.

Kamu bisa berselancar dengan Mode Malam yang memberikan opsi pencahayaan dan dapat diakses dengan mudah pada menu utama. Selain itu, tersedia fitur VPN yang ditanamkan secara bawaan. Tahu kan apa itu VPN?

Salah satu manfaat yang akan kamu peroleh jika menyalakan fitur VPN yaitu alamat IP Ponsel akan otomatis diganti dengan yang virtual, sehingga mampu menyembunyikan lokasi asli perangkat kamu.

Kamu juga bisa menyalakan fitur penghemat data di pengaturan peramban Opera. Peramban ini tidak kalah keren mengingat nama besar Opera yang sudah mendunia.

3. Firefox

Firefox Browser Android

Mozilla tidak mau ketinggalan dengan membuat Firefox Mobile untuk perangkat Android. Firefox Browser menjadi alternatif lain yang bisa kamu coba.

Fitur yang diberikan tidak jauh berbeda dengan browser pihak ketiga lainnya seperti keamanan privasi, keamanan dari situs berbahaya, songkronisasi, akses ke situs favorit dan lainnya. Singkatnya, Firefox merupakan peramban yang cepat dan handal dalam mengakomodir kebutuhan kamu dalam berselancar di dunia maya.

Satu hal yang tidak bisa kamu temukan pada Firefox yaitu tidak adanya fitur penghemat data. Namun, hal ini tidak terlalu mengganggu mengingat browser ini memang bukan untuk menghemat kuota.

4. Opera Mini

Opera Mini Android

Opera Mini merupakan peramban sang legenda yang telah hadir sejak lama. Menemani perkembangan perangkat selular hingga saat ini. Ukuran aplikasi ini cukup kecil, ringan dan cepat ketika di pakai untuk berselancar.

Satu hal yang menjadi ciri khas Opera Mini yaitu penghemat data yang sudah menjadi fitur wajib sejak dulu. Peramban ini memang hanya di tujukan untuk browsing ringan saja, hindari berselancar dengan konten video streaming, audio streaming dan sejenisanya.

Saya selalu memasang Opera Mini pada setiap ponsel yang pernah dimiliki. Enteng dan mantap, coba saja.

5. Firefox Lite

Firefox Lite Android

Firefox Lite merupakan peramban selular yang ringan, cepat dan aman untuk menjelajahi konten internet. Ukuran browser ini hanya sekitar 6MB saja, cukup kecil bukan!

Ukuran instalasi mini tersebut mampu menghemat ruang telepon kamu. Selain itu, terdapat fitur mode turbo yang di klaim mampu mempercepat pengalaman menjelajahi dunia maya.

Selama yang saya ketahui, pengguna firefox lite ini cukup banyak. Versi lite tidak di sarankan untuk mengunduh file yang besar.

6. Uc Browser

Uc Browser hanya di khsususkan sebagai peramban untuk mengunduh berbagai konten di internet. Memang keunggulan ini pantas untuk di perhitungkan. Kecepatan proses pengnduhan file besar terasa lebih baik di peramban UC Browser ini.

Namun, beberapa kelemahan yang saya temukan diantaranya yaitu :

  • Selalu berjalan di latar belakang atau background yang membebani ram, baterai dan processor ponsel.
  • Sering muncul iklan dari uc browser yang cukup mengganggu.
  • Kurangnya keamanan dalam menangkal situs berbahaya.

Kesimpulan

Browser terbaik yang mampu menjelajahi semua konten di dunia maya yaitu Google Chrome, Opera dan Firefox. Semua jenis konten seperti artikel, video streaming, audio streaming, web app dan lainnya mampu ditampilkan secara baik oleh browser tersebut.

Jika kamu memilih browser yang ringan sebaiknya memakai Opera Mini atau Firefox Lite. Dan terakhir, UC Browser hanya unggul untuk urusan pekerjaan mengunduh konten saja, selebihnya kurang begitu aman.

Demikian pembahasan mengenai Browser Terbaik dan Tercepat Untuk Android, semoga dapat menjadi referensi dan bermanfaat untuk semua sahabat Herfia. Mana yang kamu pilih? Selamat berselancar !

Artikel rekomendasi lainnya :

Sponsor