Sponsor
midrop-kirim-file-cepat-wifi

3 Aplikasi Terbaik Untuk Kirim File Lewat WiFi 2020

Penulis Herfia
Sponsor

Mau transfer file dengan kecepatan super? Kirimlah melalui jaringan Wi-Fi, tanpa menggunakan paket data operator.

Zaman sekarang sudah tidak asing lagi berbagi file lewat wifi, selain karena kemudahannya juga karena kecepatan transfer data yang bisa di bilang "wowww". Sudah banyak sekali aplikasi yang bisa digunakan untuk transfer file lewat wifi.

Pengiriman file melalui jaringan wifi terbagi menjadi 2 jenis :

  1. Wifi Direct yaitu pengiriman file melalui koneksi secara langsung atau Peer to Peer. Koneksi wifi direct ini tidak menggunakan wifi hotspot. Tidak semua perangkat handphone memiliki fitur wifi direct.
  2. Wifi Hotspot yaitu pengiriman file yang hanya menggunakan portable hotspot sebagai jalurnya. Semua perangkat android bisa menggunakannya, saya lebih merekomendasikan cara kedua ini.

Pada zaman dahulu, pengiriman file pada ponsel biasanya memakai koneksi infrared atau bluetooth. Namun, teknologi ini sudah tidak relevan dengan kondisi saat ini. Karena tidak mampu mengakomodir file dengan ukuran besar.

Nah, selanjutnya WiFi menjadi jalan keluar terbaik yang mampu mengirim file jumbo dalam waktu singkat. Baik antar sesama ponsel ataupun antara smartphone dengan komputer.

Mengirim file lewat jaringan Wifi mempunyai kelebihan sebagai berikut :

  • Jauh lebih cepat daripada mengirim melalui bluetooth.
  • Dapat mengirim file dengan ukuran yang sangat besar dalam waktu singkat.
  • Lebih mudah daripada menggunakan bluetooth.
  • Tanpa menggunakan koneksi internet.

Nah, masalahnya ialah sudah banyak sekali aplikasi transfer file yang menggunakan Wifi ( bukan wifi direct ). Dari banyaknya pilihan tersebut, tentunya kita hanya memakai aplikasi transfer file terbaik saja.

Nah, kali ini saya telah memilih beberapa aplikasi terbaik untuk kirim file lewat wifi. Yuk simak penjelasan nya!

3. Shareit

Transfer File Share It

Aplikasi Shareit mungkin sudah tidak asing lagi terdengar di telinga kita, yang cukup populer pada awal kemunculan sistem operasi Android. Pemakai aplikasi Shareit sangat banyak, mengapa demikian?

Setau saya, shareit lah yang menjadi pelopor pertama yang mempopulerkan pengiriman file lewat android. Shareit menjadi legenda di masa kejayaannya, sempat viral untuk jangka waktu yang cukup lama.

Pada awalnya, aplikasi shareit memiliki user interface yang simple dan elegan. Semakin kesini kualitas shareit menurun, banyak iklan nya dan suka berjalan di background.

Urusan kecepatan pengiriman file memang nomor satu. Fitur yang diberikan nya pun bisa di bilang serba bisa. Namun, seperti yang sudah saya ungkapkan bahwa kelemahan Shareit sehingga banyak ditinggal penggemarnya ialah iklan dan selalu running di background.

2. Xender

Transfer File Xender

Xender merupakan aplikasi pengirim file melalui jaringan wifi yang sudah dikenal sejak dulu. Namun, kecepatan transfer file xender masih kalah jauh daripada shareit.

Saya sudah pernah mencobanya dan ternyata shareit masih lebih cepat. Selain itu, jumlah pengguna xender lebih sedikit dan jarang ada yang pakai. Kalau dilihat dari segi fitur, aplikasi ini memang mampu meengirim file antar ponsel, tablet dan komputer.

Xender suka berjalan di background dan ada iklan nya juga. Jadi, saya tidak membahas apilkasi ini secara lebih mendalam.

1. Mi Drop - Share Me

Transfer File WIFI

Nah ini dia yang saya pakai, rekomendasi banget deh buat semuanya. Kemudahan oke, kecepatan pengiriman mantap, tampilan antar muka keren dan penggunanya juga banyak. Yuk, simak ulasannya.

Mi Drop atau Share Me ( Berubah Nama ) di buat oleh Xiaomi. Tampilan antarmuka MIUI dan fiturnya yang dibuat Team Xiaomi sudah mulai di akui di dunia. Pada awalnya Mi Drop hanya tersedia untuk handphone Xiaomi saja, tetapi sekarang sudah bisa di pakai di semua jenis handphone android.

Berikut antar muka aplikasi kirim file cepat Mi Drop.

transfer file cepat - mi drop

Berikut kelebihan dari aplikasi Mi Drop :

  • Dapat di install di semua jenis perangkat android, selain xiaomi bisa.
  • Tampilan UI atau antarmuka yang bersih juga simpel.
  • Tidak ada iklan pada aplikasi, ini nih yang paling saya suka.
  • Tidak suka berjalan sendiri di background, hemat RAM hemat CPU.
  • Bekerja tanpa menggunakan paket data internet, canggih bukan.
  • Dapat mengirim dan menerima segala jenis file yaitu aplikasi, video, musik, photo dan berkas lain.
  • Jauh lebih cepat dari bluetooth, sekitar 200x lebih cepat.
  • Ketika transfer gagal, dapat melanjutkan transfer file tanpa mengulang dari awal, keren.
  • Tidak membuat perangkat android menjadi lambat.
  • Jumlah pengguna tidak kalah dengan aplikasi lain.

Nah, banyak kan kelebihan yang bisa di peroleh jika menggunakan aplikasi Mi Drop. Coba saja bandingkan sendiri. Selain itu, Mi Drop juga mampi melakukan pengiriman file dari ponsel ke PC.

Cara mudah menggunakan Mi Drop / Share Me:

  • Pengirim menginstal Mi Drop / Share Me
  • Penerima menginstal Mi Drop / Share Me
  • Pengirim pilih kirim, pilih file nya
  • Penerima pilih terima
  • Tunggu beberapa saat sampai proses pengiriman file selesai
  • Done
NamaShare Me
DeveloperXiaomi Inc.
JenisAplikasi Transfer File
Rating4.8 Bintang
Ulasan494 Ribu Orang
Unduhan100 Juta Lebih

Terkadang, terjadi kegagalan pengiriman atau perangkat teman kamu tidak terdeteksi. Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa menutup aplikasi Share Me kemudian membukanya kembali dari awal.

Cara cepat menghubungkan perangkat kamu dengan ponsel teman ialah dengan melakukan scan barcode pada aplikasi Share Me.

Mi Drop sudah berubah nama menjadi Share Me. Itulah sedikit ulasan dari saya, semoga dapat bermanfaat dan dapat memberi pengetahuan untuk anda. Selamat mencoba!

Artikel Rekomendasi Lainnya :

Sponsor

Tentang Penulis

" Mungkin tidak banyak kebaikan yang bisa kulakukan, hanya sedikit goresan pena ini yang berharap bisa bermanfaat untuk semuanya. By Herfia."

rocket linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram