Aplikasi Perekam Layar Android

4 Aplikasi Perekam Layar Terbaik di Android 2020

Penulis Herfia

YouTuber dan Gamer seringkali mengabadikan konten mereka melalui aplikasi perekam layar atau biasa disebut Screen Recorder. Hasil rekaman biasanya di publikasikan ke berbagai media di internet.

Tahukah kamu, Screen Recorder merupakan kegiatan merekam segala aktivitas yang terjadi pada layar Smartphone. Jenis konten yang direkam biasanya berupa tutorial, panduan dan gaming.

Fitur recoding layar ini, pada sebagian perangkat ponsel baru memang sudah dibenamkan secara bawaan dari pihak produsen, dengan fitur yang sederhana. Namun, ada juga ponsel yang belum memiliki aplikasi tersebut, sehingga kita perlu untuk memasang aplikasi perekam layar pihak ketiga.

Hal yang harus diperhatikan ketika mengaktifkan Screen Recording :

  • Lakukan pengaturan pada resolusi minimal High Definition yaitu 720p HD.
  • Set pengaturan fram rate video minimal 30fps atau di atasnya agar kualitas rekaman semakin halus.
  • Sesuaikan kualitas video minimal 4.0 M atau diatasnya.

Nah, kali ini Herfia memiliki beberapa aplikasi perekam layar terbaik yang sudah dipilih serta dianalisa, sehingga menghasilkan 4 aplikasi screen recoder yang pantas untuk kamu lirik. Yuk, simak penjelasan lengkapnya.

Xrecorder

Xrecorder - Aplikasi Perekam Layar

Xrecorder merupakan aplikasi perekam layar terbaik yang pantas menduduki peringkat pertama. Mengapa demikian? Berdasarkan penilaian Herfia, tampilan antar muka Xrecorder cukup elegan, simpel, mudah dan sederhana. Namun, dibekali dengan beragam fitur yang mumpuni.

Selain itu, Xrecorder juga mempunyai jumlah pengguna yang tidak kalah banyak dengan Mobizen, yaitu sekitar 50 juta orang telah mengunduh aplikasi ini. Tapi, rating yang di capai jauh melampaui target sekitar 4.7 bintang, keren bukan! Nilai rating relatif dapat berubah sewaktu - waktu berdasarkan data dari Play Store.

Berikut beberapa fitur yang terdapat pada Xrecorder :

  • Tidak ada batasan waktu atau durasi untuk melakukan perekaman.
  • Hasil rekaman tidak disertai dengan Watermark, ini penting dan diperlukan oleh para pengguna.
  • Terdapat pengaturan kualitas rekaman dengan resolusi maksimal Full HD yaitu 1080p, 12.0 Mbps dan 60fps.
  • Fitur video editing ringan yang langsung bisa di proses dari aplikasi Xrecorder.

Dengan beragam keunggulan Xrecorder ini, pantas saja banyak pengguna yang mengulas dan memberi review bagus pada Play Store. Dan kami juga mengakui kehebatan Xrecorder.

AZ Screen Recorder

AZ Screen Recorder

AZ Screen Recorder bisa menjadi alternatif lain untuk aplikasi perekam layar di Android. Beragam fitur yang ditawarkan tidak kalah dengan aplikasi sejenis lainnya. Hampir semuanya gratis, namun jika kamu ingin mendukung pengembang cukup dengan memberikan donasi saja.

Berikut beberapa fitur yang terdapat pada AZ Screen Recorder :

  • Proser perekaman tanpa batas waktu dan durasi yang bisa di pakai sesuai kebutuhan pengguna.
  • Tidak ada Watermark pada hasil rekaman yang akan menguntungkan kamu.
  • Terdapat pengaturan mengenai kualitas audio dan video pada rekaman dengan resolusi maksimal Full HD yaitu 1080p, 12.0 Mbps, 60fps.

Informasi data dari Play Store menunjukan bahwa AZ Screen Recorder telah di unduh lebih dari 10 juta orang, dengan perolehan rating sebesar 4.6 bintang.

Screen Recorder

Screen Recorder - Aplikasi Perekam Layar

Screen Recorder by Kimcy929 merupakan aplikasi perekam layar yang bebas iklan, sehingga pengguna lebih leluasa ketika melakukan proses merekam. Namun jangan salah, aplikasi ini menawarkan fitur yang paling lengkap daripada yang lainnya.

Screen Recorder menawarkan tiga jenis mesin perekaman diantaranya Default Engine yang lebih stabil, Advance Engine dengan fitur pause dan Advance Engine 2 yang memakai semua fitur dengan frame rate tinggi. Kamu bisa memilih salah satu model ini, sekaligus memasukan set pengaturan lain secara manual. Canggih bukan!

Berikut beberapa fitur yang terdapat pada Screen Recorder :

  • Tidak terdapat iklan yang bagi sebagian orang cukup mengganggu.
  • Hasil rekaman halus tanpa disertai dengan Watermark sehingga video cukup bersih.
  • Pengaturan set audio dan video paling lengkap dibandingkan dengan aplikasi lain resolusi video, bit rate audio, frame rate, video encoder, audio sample rate, audio channel, audio encoder dan sebagainya.
  • Mampu menghasilkan rekaman HD, Full HD bahkan di atasnya jika diperlukan.

Tampilan antarmuka Screen Recorder sangat simpel dengan dominasi latar putih, namun masih tetap terlihat elegan. Selain itu, aplikasi ini telah di unduh lebih dari 10 juta kali dengan perolehan rating 4.4 bintang.

Mobizen

Mobizen - Aplikasi Perekam Layar

Bicara soal pengguna, Mobizen mungkin bisa dikatakan paling unggul dari aplikasi perekam layar lainnya. Tengok saja, Mobizen Screen Recorder telah di unduh lebih dari 100 juta kali berdasarkan data dari Play Store, dengan perolehan rating 4.2 bintang. Angka ini relatif berubah seiring penambahan pengguna dan riview, yang akan mempengaruhi nilai rating tersebut.

Pengguna baru, harus menyesuaikan mengenai tampilan Mobizen ini yang agak kurang ramah bagi pemula. Selain itu, diperlukan sedikit pengetahuan perihal pengaturan video recording agar hasil rekaman memiliki kualitas yang bagus, jernih dan halus.

Berikut beberapa fitur yang terdapat pada Mobizen Screen Recorder :

  • Pengaturan kualitas rekaman yang tergolong lengkap dengan resolusi maksimal Full HD yaitu 1080p, kualitas 12.0 Mbps dan 60 fps.
  • Fitur merekam audio di dalam perangkat ponsel dan suara pengguna dengan mengaktifkan Face Cam.
  • Mampu menyimpan rekaman langsung di kartu memori sehingga kamu lebih bebas melakukan aksi recording.

Versi gratis mobizen masih menyisakan Watermark yang bagi sebagian orang cukup mengganggu. Untuk menghilangkannya, kamu harus membeli Mobizen Pro.

Tanya Jawab

FAQ Aplikasi Perekam Layar Android
  • Manakah Aplikasi Perekam Layar Terbaik?

    Herfia telah memilih dan merekomendasikan empat aplikasi perekam layar yaitu Xrecorder, AZ Screen Recerder, Screen Recorder by Kimcy929 dan Mobizen. Nah, aplikasi terbaik yang pantas menduduki peringkat pertama ialah Xrecorder yang menawarkan beragam fitur unggulan seperti resolusi video Full HD dan tanpa watermark.

  • Apakah Screen Recorder Dapat Merekam Video?

    Ya, aplikasi screen recorder mampu merekam seluruh aktivitas pada layar ponsel termasuk merekam video, audio internal dan external yang di kombinasikan dengan Face Cam.

  • Adakah Aplikasi Perekam Layar Tanpa Watermark?

    Ada, aplikasi perekam layar tanpa watermak bisa kamu gunakan secara gratis diantaranya Xrecorder dan AZ Screen Recording.

Kesimpulan

Aksi merekam keseluruhan aktivitas pada smartphone bisa kamu lakukan dengan aplikasi Screen Recording yang sudah tersedia pada Google Play Store. Beberapa aplikasi terbaik yang direkomendasikan Herfia yaitu Xrecorder, AZ Screen Recorder, Screen Recorder by Kimcy929 dan Mobize.

Sebagian aplikasi menyisakan Watermark pada hasil rekaman, namun banyak juga yang bersih tanpa menyisakan tanda air sedikitpun. Dan jika kamu ingin aplikasi perekam layar tanpa iklan bisa memakai Screen Recorder by kimcy929. Biasanya konten kreator seperti youtuber dan gamer membutuhkan aplikasi tersebut.

Satu hal yang perlu kamu ingat bahwa kualitas video hasil recording tergantung pada pengaturan bit rate, frame rate, encoder, dan berbagai pengaturan lain. Jadi jangan lupa untuk set parameter dengan benar.

Demikian pembahasan singkat kali ini, semoga dapat menjadi referensi dan bermanfaat untuk semua sahabat Herfia. Kira - kira mana yang akah kamu pilih? Selamat membuat video dengan Screen Recorder.

Tentang Penulis

" Mungkin tidak banyak kebaikan yang bisa kulakukan, hanya sedikit goresan pena ini yang berharap bisa bermanfaat untuk semuanya. By Herfia."

rocket linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram