Menu Tutup

Aplikasi Penghemat Kuota dan Cara Menghemat Kuota

aplikasi-penghemat-kuota-cara-menghemat-kuota-herfia

Mau tahu aplikasi penghemat kuota yang paling keren? Bagaimana cara menghemat kuota internet kamu agar tidak boros?

Teknologi internet semakin maju dengan kecepatan yang jauh lebih besar daripada sebelumnya. Berawal dari GPRS dan EGDE, kemudian 3G/HSDPA dan jaringan yang paling baru sekarang ini ialah 4G LTE. Bukan itu saja, bahkan teknologi 5G sudah di kembangkan untuk menggantikan jaringan 4G.

Kebutuhan akan data internet sudah menjadi kebutuhan wajib di zaman yang serba modern ini. Namun kebanyakan penyedia layanan data di Indonesia membatasinya dengan Kuota.

Tarif layanan data di indonesia termasuk mahal jika dibandingkan dengan negara lain. Banyak orang yang tetap rela mengeluarkan biaya mahal untuk membeli kuota karena kebutuhan untuk aktifitas sehari-hari termasuk untuk menunjang pekerjaan.

Oleh karena itu, aplikasi penghemat kuota banyak dicari karena memang sangat penting untuk memonitor pemakaian data internet yang tidak terkontrol.

Berikut Aplikasi Penghemat Kuota Terbaik Menurut Herfia


1. Aplikasi Bawaan HP

Ponsel android sekarang ini sebenarnya sudah mempunyai fitur bawaan untuk memonitor penggunaan kuota atau data internet. Saya lebih menyarankan untuk memakai aplikasi bawaan saja daripada menambah beban ponsel dengan memasang aplikasi penghemat kuota pihak ketiga.

Saya memakasi HP Xiaomi (bukan promosi), berikut cara menggunakannya :

  • Pada ponsel masuk Setting >> Sim Card & Mobile >> Set Data Plan [ setiap ponsel mungkin memiliki pengaturan berbeda ]
  • Cara kedua cari icon Security  di Home Screen >> pilih Data Usage
    Aplikasi penghemat kuota bawaan xiaomi membolehkan anda membatasi penggunaan data secara harian, mingguan atau bulanan. Juga membolehkan anda mengatur aplikasi apa saja yang dilarang mengambil data internet. Fitur lainnya yaitu mebolehkan anda melihat rincian aplikasi mana saja yang banyak menggunakan data internet.
    Penghemat-Kuota-1-Herfia.com
  • Pilih Restrict data usage, anda dapat mengatur aplikasi mana saja yang tidak diperbolehkan menggunakan data internet. Misalnya aplikasi office atau game dapat dijadikan pilihan untuk dilarang menggunakan data.
    Penghemat-Kuota-Herfia
  • Pilih Data usage stats, anda dapat melihat detail berapa banyak sebuah aplikasi sudah menghabiskan data internet. Cukup bermanfaat bukan?
    Penghemat-Kuota-Herfia.com

Catatan : “Pada ponsel jenis lain mungkin memiliki pengaturan yang berbeda.”

2. Datally – by Google LLC

Penghemat Kuota Internet

Jika ponsel anda tidak memiliki fitur pengelolaan data, maka Datally bisa menjadi alternatif aplikasi penghemat kuota internet.

Datally merupakan aplikasi pihak ketiga yang berfungsi untuk pengelolaan data selular yang dapat membantu anda dalam menghemat, memonitor dan mengontrol keluar masuk data selular. Aplikasi penghemat kuota Datally hanya berjalan di android Lolipop ke atas.

  • Lisensi            : Gratis
  • Pengembang : Google LLC
  • Sistem            : Android 5 keatas
  • Web Resmi    : Play Store

Aplikasi pengendali kuota internet ini di klaim dapat menghemat data selular sebesar kurang lebih 30%.

Dalam memilih sebuah aplikasi, saya selalu melihat siapa pengembangnya, apa fitur yang di tawarkan dan perbadingan dengan aplikasi lain yang sejenis. Disini saya hanya menulis aplikasi terbaik saja, dan menurut saya Datally pantas untuk disebut sebagai aplikasi penghemat kuota internet terbaik (aplikasi pihak ketiga terbaik).

Banyak memang aplikasi sejenis, tetapi cukuplah memakai fitur bawaan ponsel atau cukup membahas aplikasi pihak ketiga yang terbaiknya saja.


Cara Menghemat Kuota Internet Yang Ampuh

Tidak ada salahnya kita belajar mengetahui bagaimana caranya agar kita bisa menghemat kuota internet. Yah,…. Kuota Internet.

Ada slogan hemat kuota sama dengan hemat uang. Tapi bukan berarti anda harus membatasi ruang gerak dengan menonaktifkan semua fitur ponsel. Tapi jadilah pengguna yang cerdas.

Menggunakan internet saat ini merupakan kebutuhan utama, penggunaan data selular untuk browsing, social media, email, video streaming dan game online sudah tidak dapat dihindarkan. Beragam kemudahan dan kecepatan jaringan internet yang di sediakan provider membuat layanan internet semakin di sukai dan terus tumbuh setiap tahun nya.

Berikut tips ampuh cara menghemat kuota internet :

1. Batasi Penggunaan Data di Latar Belakang

Salah satu penyebah borosnya kuota internet yaitu background data yang terlalu besar serta tidak terkontrol. Misalnya aplikasi mail akan berjalan di background dan melakukan sinkronisasi data secara berkala untuk mengecek apakah ada email baru atau tidak.

Aplikasi mail, messenger dan social media tidak perlu dimatikan karena memang butuh digunakan. Hanya caranya ialah gunakan aplikasi secara seperlunya. Jangan memasang aplikasi yang tidak diperlukan.

Tahukah anda? Sebagian game yang anda pasang suka ada yang berjalan di latar belakang dengan melakukan sinkronisasi data. Nah, aplikasi yang saya ulas diatas bisa menjadi solusi untuk melarang game melakukan sinkronisasi data, kecuali game online.

2. Mengatur Peringatan Batas Data

Lakukan pengaturan data menggunakan salah satu aplikasi yang sudah saya jelaskan diatas. Anda bisa mengontrol mau berapa penggunaan data selular dalam sebulan.

3. Beralih ke Game Offline

Game online menawarkan grafis dan pengalaman yang memukau para penggunanya. Game online juga bisa menyebabkan kecanduan. Ada baiknya anda beralih ke game offline, untuk grafis dan pengalaman pengguna juga tidak kalah dengan game online.

Ada game offline yang memiliki ukuran besar, hal ini tidak menjadi masalah. Karena anda hanya akan mengunduh game sekali saja. Untuk kemudian bisa anda mainkan berulang kali tanpa menggunakan data selular.

4. Gunakan Mode Offline Pada Map

Anda mungkin sudah tahu google map, aplikasi ini sebenarnya bisa juga di jalankan secara offline. Anda cukup memilih lokasi yang ingin anda gunakan. Kemudian anda cukup unduh map tersebut agar bisa digunakan secara offline.

Belum tahu caranya? Googling.

5. Gunakan Wifi Untuk Update Aplikasi

Aplikasi biasanya akan melakukan update serta perbaikan secara berkala. Notifikasi update atau pembaruan biasanya muncul di Play Store. Anda bisa menunda pembaruan aplikasi yang kurang penting, dan sebaiknya hanya perbaharui aplikasi ketika menggunakan koneksi Wifi.

Tips update melalui wifi sangat berpengaruh terhadap penghematan kuota internet.


Anda bisa menyimak ulasan artikel saya yang lain yaitu 10 Cara Menghemat Baterai Android agar Awet dan Tahan Lama.

Demikian ulasan sederhana dari saya, barangkali ada yang ingin di tanyakan silahkan di sampaikan atau melalui kolom komentar. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *