Sponsor
Aplikasi Pemutar Video Android

3 Aplikasi Pemutar Video Terbaik di Android 2020

Penulis Herfia
Sponsor

Aplikasi Pemutar Video - Perkembangan tayangan video melalui smartphone kian menunjukan tren yang positif, dimana hampir semua aktivitas termasuk multimedia lebih banyak di akses lewat ponsel. Apalagi, saat ini teknologi internet 4G dan 5G menawarkan kecepatan yang mumpuni, sehingga video streaming pada HP semakin lancar.

Tahukah kamu, beragam format video telah banyak beredar dengan kelebihan dan kekurangannya masing - masing. Namun, sebagian diantaranya menjadi populer dan bertahan hingga kini seperti mp4, hevc, mkv dan webp ( jenis format terbaik dengan kualitas jernih serta ukuran file kecil ).

Aktivitas merekam momen berharga, nonton film dan streaming tentunya baru bisa kita nikmati apabila ditunjang dengan aplikasi pemutar video. Smartphone memang telah dibekali video player bawaan dengan fitur yang seadanya. Seringkali video player bawaan ponsel tidak mendukung banyak format, akibatnya sebagian film favorit tidak bisa di putar.

Oleh karena itu, aplikasi pemutar video pihak ketiga dapat menjadi pilihan alternatif yang pantas kamu lirik. Kali ini herfia mempunyai beberapa aplikasi rekomendasi sebagai berikut.

VLC for Android

VLC Android - Aplikasi Pemutar Video

VLC pada awalnya merupakan software open source yang sudah tekenal bagi para pengguna komputer. Baik itu yang memakai sistem operasi Windows maupun Linux. Nah, setelah sukses pada platform PC, maka Videolabs sebagai pengembang merilis VLC for Android.

VLC media player ini merupakan pemutar multimedia gratis yang bersifat cross platform dan mendukung sebagian besar format video. Aplikasi ini dikembangkan oleh sukarelawan di seluruh dunia, yang ditujukan untuk dipakai semua orang.

Kamu dapat memutar file audio dan video apapun yang berukuran besar atau kecil. Oiya, VLC for Android bisa mengakomodir film yang memiliki subtitle. Mantap bukan!

Berikut beberapa fitur yang terdapat pada aplikasi VLC :

  • Dapat memutar semua jenis audio, video, dvd dan streaming melalui jaringan internet.
  • Mendukung semua jenis format audio video termasuk mkv, mp4, avi, mov, ogg, flac, ts, m2ts, wv dan aac.
  • Mendukung pemutaran subtitle, teleteks, dan teks tertutup, fitur inilah yang dibutuhkan pemakai ponsel.
  • Semua codec telah terpasang secara bawaan tanpa memerlukan pemasangan yang terpisah.
  • Dukungan terhadap jenis audio multi track dan ekualizer.
  • Beberapa fitur lain seperti rotasi otomatis, kontrol volume, kecerahan dan pencarian.
  • VLC ini bebas dari iklan, sehingga kamu lebih nyaman memakainya.

Kepopuleran vlc for android mampu mencapai rating 4.4 bintang, dengan jumlah review mencapai 1 juta lebih. Selain itu, vlc ini telah di pasa lebih dari 100 juta pemakai di seluruh dunia.

KM Player

KM Player - Aplikasi Pemutar Musik Android

KM Player merupakan aplikasi pemutar video untuk android yang mendukung smartphone dan tablet. Sama seperti VLC, KM Player juga sebelumnya terkenal dengan software multimedia pada komputer.

Bagusnya lagi, baik VLC maupun KM Player sama - sama bebas dari iklan yang bagi sebagian orang cukup mengganggu. Selain itu, tampilan aplikasi multimedia ini paling keren. Saya sendiri nyaman menonton film favorit dengan memakai KM Player. Tampilan dan kemudahan nya itu lho yang bikin saya betah.

Berikut beberapa fitur yang terdapat pada aplikasi KM Player :

  • Mampu memainkan film yang beresolusi tinggi seperti HD, Full HD, UHD, 4K dan 8K.
  • Fitur pengaturan warna, penyesuaian kecerahan, kontras, rona, saturasi dan penyesuaian gamma.
  • Kamu dapat mengatur ekualizer agar keluaran suara semakin empuk.
  • Mendukung semua jenis subtitle yang bisa di sesuaikan baik ukuran huruf, warna, dan letak tulisan.
  • Beragam fungsi lainnya seperti tombol cepat, zoom video, pengaturan playlist, dan kontrol pemutaran.
  • Jenis format audio video yang di dukung yaitu mp4, avi, mp3, wav, aac, mov, wmv, rmvb, flac, 3gp, m4v, mkv, ts, mpg dan flv.

KM Player memperoleh rating 4.4 bintang, dengan jumlah pengguna yang berpartisipasi dalam review sekitar 300 ribu orang. Selain itu, aplikasi ini telah di pasang oleh lebih dari 10 juta pemakai di seluruh dunia.

MX Player

MX Player - Aplikasi Pemutar Video Android

MX Player merupakan salah satu aplikasi pemutar video terbaik untuk android, yang mendukung semua format audio video, akselerasi hardware dan subtitle. Kompabilitas dengan perangkat keras ponsel, membuat aplikasi ini banyak digemari oleh pengguna di seluruh dunia.

Untuk urusan multimedia, MX Player memang jagonya. Namun, terkadang iklan yang muncul pada saat film di Pause sangat mengganggu. Tampilan antar muka cukup simpel, dengan pengoperasian yang mudah.

Berikut beberapa fitur yang terdapat pada aplikasi MX Player :

  • Mendukung semua jenis format audio dan video termasuk AC-3, MP3, AAC dan sebagainya.
  • Terdapat fitur decoder multi inti yang di klaim mampu meningkatkan performa sebesar 70 persen, sehingga pemutaran file multimedia semakin halus.
  • Dapat menyesuaikan tampilan subtitle seperti ukuran huruf, warna, dan letak tulisan. Khusus untuk film yang bukan berjenis hardsub.

Kesuksesan MX Player pantas untuk di pertimbangkan, mengingat lebih dari 500 juta orang telah mengunduh secara resmi pada Google Play Store. Selain itu, pemutar video ini memperoleh rating 4.4 bintang, dengan jumlah pengguna yang berpartisi dalam review sebanyak 8 juta lebih.

Tanya Jawab

Tanya Jawab Pemutar Video
  • Manakah Aplikasi Pemutar Video Terbaik?

    Google Play Store menyimpan segudang aplikasi yang bisa kita coba, namun saya memilih tiga aplikasi pemutar video terbaik yaitu VLC for Android, KM Player dan MX Player.

  • Adakah Aplikasi Pemutar Video Android Tanpa Iklan?

    VLC dan KM Player merupakan aplikasi multimedia yang bisa kamu gunakan dengan gratis, tanpa perlu terganggu dengan iklan. VLC bersifat open source disertai segudang fitur dan kelebihan. Sedangkan KM Player memang gratis yang disertai dengan tampilan antar muka yang paling keren.

  • Bagaimana Cara Mengatasi File Video Yang Tidak Dapat Di Putar?

    Video player bawaan ponsel seringkali hanya dibekali fitur yang terbatas, beberapa format video tertentu memang tidak dapat di putar. Untuk mengatasinya, kamu dapat memasang aplikasi multimedia pihak ketiga yang sudah saya jelaskan seperti VLC For Android, KM Player dan MX Player.

  • Bagaimana Cara Memutar Video dengan Subtitle?

    Buka file film yang ingin kamu tonton, kemudian buka melalui aplikasi pemutar video pihak ketiga yeng mendukung semua format multimedia. Terkadang subtitle yang terpisah perlu di open secara manual.

Kesimpulan

Kemajuan teknologi selular semakin memanjakan kita dalam menikmati tayangan multimedia melalui ponsel, seperti kegiatan menonton film dan streaming secara online. Namun, video player bawaan smartphone seringkali tidak dapat memutar tayangan dalam format tertentu.

Oleh karena itu, kami merekomendasikan tiga aplikasi pemutar video terbaik untuk android seperti VLC, KM Player dan MX Player. Semua aplikasi tersebut mendukung semua file multimedia yang berisi subtitle. Tiap aplikasi yang sudah saya jelaskan memiliki kelebihan dan kekurangan masing - masing.

Mana yang kamu pilih? Sesuaikan saja dengan kebutuhan serta selera kamu. Demikian pembahasan kali ini, semoga dapat menjadi referensi dan bermanfaat untuk semua sahabat Herfia. Selamat menonton!

Sponsor

Tentang Penulis

" Mungkin tidak banyak kebaikan yang bisa kulakukan, hanya sedikit goresan pena ini yang berharap bisa bermanfaat untuk semuanya. By Herfia."

rocket linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram