Sponsor
Aplikasi Lowongan Kerja

Baru : 4 Aplikasi Lowongan Kerja Terbaik Edisi 2020

Penulis Herfia
Sponsor

Apakah kamu sedang menganggur dan bingung mencari pekerjaan? Tidak perlu khawatir, kini pada smartphone android telah ada aplikasi lowongan kerja yang bisa di manfaatkan semaksimal mungkin.

Mencari dan menemukan pekerjaan yang tepat, memang tidak semudah membalikan telapak tangan. Belum lagi, jumlah lapangan pekerjaan lebih sedikit dibanding dengan calon karyawan yang hendak melamar. Hanya mereka yang beruntung dan berpotensi akan mempunyai kesempatan besar untuk di panggil interview.

Sebelum kita membahas lebih jauh, berikut beberapa hal yang sebaiknya dipersiapkan ketika mencari lowongan kerja :

  • Buatlah surat lamaran kerja yang baik dan benar serta disesuaikan dengan kondisi saat ini.
  • Buat desain Curriculum Vitae yang menarik, unik serta berbeda dari yang lain. Beragam contoh CV bisa kamu manfaatkan, jika kamu masih bingung tinggal melihat website yang menyediakan Template Curriculum Vitae.
  • Tambahkan berkas pendukung lain nya, kemudian susunlah sampai rapi.
  • Kirimkan berkas lamaran kepada perusahaan yang dituju, sebagian lembaga sudah menggunakan metode kirim surat lamaran kerja via email.

Berikut beberapa jabatan yang sering terpasang pada lowongan kerja yaitu Customer Service, Sales, Staf Administrasi, Bagian Keuangan, Supervisor, Manager dan sebagainya. Manakah yang kamu pilih?

Nah, kali ini Herfia akan membahas beberapa aplikasi lowongan kerja terbaik untuk jenis lapangan pekerjaan wilayah Indonesia. Yuk, kita manfaatkan kesempatan ini, siapa tahu kamu berjodoh dengan salah satu posisi yang diinginkan.

Indeed

Indeed - Aplikasi Lowongan Kerja

Indeed merupakan aplikasi lowongan kerja yang digadang sebagai mesin pencari pekerjaan paling lengkap. Hanya dengan satu kali pencarian, Indeed akan menawarkan akses gratis ke jutaan lowongan kerja yang tersedia pada ribuan perusahaan.

Pengguna Indeed tergolong besar mencakup berbagai negara di dunia, bahkan di Indonesia saja telah di unduh lebih dari 100 juta kali. Bukan hanya itu, rating yang dicapai aplikasi ini juga cukup memuaskan sekitar 4.5 bintang pada Google Play Store.

Berikut beberapa fitur yang terdapat pada aplikasi Indeed :

  • Database lowongan kerja cukup besar yang mencakup lebih dari 60 negara dan 28 bahasa.
  • Fitur pencarian lowongan di sekitar tempat tinggal atau kota terdekat melalui akses lokasi.
  • Filter pencarian menurut beragam kriteria seperti jabatan, tanggal terbaru, full time, part time, kontrak, freelance, magang, dan sebagainya.

Indeed menyediakan fitur untuk membuat CV secara langsung di dalam aplikasi. Keuntungannya, kamu bisa memonitor kira - kira berapa banyak perusahaan yang melihat CV milik kamu. Namun, saya lebih menyarankan untuk membuat secara manual saja.

Oiya, pihak perusahaan dapat membuat akun indeed dan memasang iklan lowongan kerja secara mudah dan gratis. Indeed membantu mempertemukan perusahaan dengan jutaan pekerja setiap hari.

Jora

Jora - Aplikasi Lowongan Kerja

Jora merupakan salah satu aplikasi lowongan kerja yang mempunyai desain cukup elegan. Aplikasi ini akan menampilkan beragam iklan lowongan yang di rangkum dari berbagai situs karir, loker dan rekrutmen.

Jora sendiri dikenal sebagai perusahaan startup pengumpul data dari situs - situs loker yang telah ada. Layanan dari jora ini bisa menjadi pesaing dari beberapa aplikasi lain yang sejenis.

Kamu bisa mendapatkan info loker yang ada di wilayah Indonesia, atau kota terdekat di sekitar tempat tinggal kamu. Fitur pencarian tergolong cepat dan mudah. Jora merupakan mesin pencari lowongan kerja yang memiliki algoritamanya sendiri.

Jora Indonesia memperoleh rating 4.4 bintang dengan jumlah unduhan sekitar 1 juta lebih. Aplikasi ini tegolong populer di berbagai negara dan kini hadir di tanah air.

Jobstreet

JobStreet - Aplikasi Lowongan Kerja

JobStreet merupakan salah satu aplikasi lowongan kerja terbaik yang mencakup wilayah Indonesia, Malaysia, Singapura dan Philipina. Dimana, lebih dari 230.000 perusahaan mancanegara telah memasang iklan loker pada JobStreet.

Pada awalnya, JobStreet berasal dari Malaysia dan sudah menjadi sebuah portal pencarian sejak tahun 1997. Hingga dikenal sebagai salah satu platform pencarian lowongan terbesari di Asia Tenggara.

Berbagai review pernah saya lihat di berbagai artikel internet, beberapa diantara mereka akhirnya mendapat pekerjaan melalui infomasi dari JobStreet. Mungkin, bagi kalangan anak - anak kampus sudah tidak asing lagi dengan aplikasi ini.

Aplikasi ini cukup banyak diminati di negara kita dengan jumlah unduhan mencapai 5 juta lebih dan rating sekitar 4.3 bintang, berdasarkan data dari Play Store. Situs utama JobStreet banyak memberikan beragam tips seputar pekerjaan.

Trovit Jobs

Trovit Jobs - Aplikasi Lowongan Kerja

Trovit Jobs merupakan aplikasi lowongan kerja yang menyajikan ribuan iklan loker yang di rangkum dari berbagai situs. Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk menyaring hasil pencarian, sehingga iklan pekerjaan yang tampil benar - benar sesuai dengan keinginan.

Kamu memiliki dua pilihan ketika ingin melamar pekerjaan :

  • Pertama, kunjungi semua situs loker atau memasang beragam aplikasi lowongan kemudian mencarinya satu persatu.
  • Kedua, cukup mengandalkan Trovit Jobs, ketikan jabatan yang ingin kamu tuju di kolom pencarian dan biarkan aplikasi ini menemukan iklan yang cocok serta relevan.

Trovit Jobs memang cukup bagus, tapi sisi tampilan kurang begitu diperhatikan. Saya sendiri tidak nyaman melihat tulisan berwarna hijau. Jumlah pengguna tergolong lumayan, dimana lebih dari 5 juta orang telah mengunduh aplikasi ini dan memperoleh rating 4.3 bintang pada Play Store.

Tanya Jawab

FAQ Aplikasi Lowongan Kerja
  • Dimanakah Mendapat Info Lowongan Kerja Terbaru?

    Informasi loker terbaru bisa kamu peroleh dari Dinas Tenaga Kerja, beragam situs karir dan aplikasi lowongan kerja yang lebih simpel.

  • Manakah Aplikasi Lowongan Kerja Terbaik Menurut Penulis?

    Herfia merekomendasikan beberapa aplikasi lowongan kerja pilihan yaitu Indeed, Jora, JobStreet dan Trovit Jobs. Namun, yang pantas menduduki peringkat teratas adalah Indeed. Mengingat fitur dan jumlah pengguna paling banyak dari semua aplikasi lain.

  • Bagaimankah Cara Paling Efektif Mencari Kerja Lewat Aplikasi?

    Cara mudah menjaring pekerjaan lewat aplikasi lowongan kerja yaitu cari posisi jabatan yang kamu inginkan sebanyak - banyaknya. Sebar semua lamaran, langsung dari aplikasi tersebut atau kirimkan melalui email. Selanjutnya tinggal tunggu respon dari pihak perusahaan.

Kesimpulan

Teknologi Smartphone memberikan kemudahan bagi para calon karyawan untuk menemukan lowongan kerja secara cepat dan efisien. Hanya dengan setuhan ibu jari dan beberapa langkah saja, kita sudah bisa mencari beragam posisi di berbagai perusahaan yang sedang membutuhkan pegawai.

Beberapa aplikasi lowongan kerja terbaik pilihan herfia yaitu Indeed, Jora, JobStree, dan Trovit Jobs. Aplikasi ini khusus merangkum ribuan iklan loker dari berbagai perusahaan. Kamu bisa menemukan jabatan yang ingin di lamar dan perusahaan dapat memasang iklan lowongan secara gratis.

Perlu kamu ketahui, saat ini jumlah ketersediaan lapangan kerja tidak sebanding dengan jumlah pencari kerja. Oleh karena itu, siapkan semua potensi terbaikmu untuk dapat bersaing dengan calon pegawai lainnya. Mulai dari pendidikan, penampilan, berkas lamaran, keterampilan dan kemampuan berkomunikasi, agar kesempatan kamu lolos interview semakin besar.

Demikian pembahasan kali ini, semoga dapat menjadi referensi dan bermanfaat untuk semua sahabat Herfia. Selamat mencari pekerjaan dan semoga berhasil !

Sponsor

Tentang Penulis

" Mungkin tidak banyak kebaikan yang bisa kulakukan, hanya sedikit goresan pena ini yang berharap bisa bermanfaat untuk semuanya. By Herfia."

rocket linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram