Sponsor
Aplikasi Kesehatan Keluarga

3 Aplikasi Kesehatan Keluarga Terbaik Edisi 2020

Penulis Herfia
Sponsor

Aplikasi Kesehatan Keluarga - Sehat merupakan suatu kondisi tubuh yang terkadang di anggap sepele. Makan dan minum sembarangan, tidak berolah raga, serta kurangnya istirahat seringkali dilakukan oleh sebagian orang. Padahal gaya hidup yang seperti ini tentunya bersiko tinggi terhadap datangnya suatu penyakit.

Dan ketika sakit tiba, barulah kita sadar betapa berharganya kesehatan itu. Menyembuhkan suatu penyakit membutuhkan biaya yang mahal. Oleh karena itu, marilah biasakan menjaga pola hidup agar kita semua diberikan anugerah berupa badan yang sehat.

Kemajuan teknologi dapat merubah berbagai kondisi yang salah satunya tentang kesehatan. Kini, dengan berbekal smarphone di tangan, kita dapat memantau kondisi tubuh, memiliki panduan dalam berolah raga, berkonsultasi dengan dokter dan memperoleh beragam referensi artikel mengenai tata cara hidup sehat.

Nah, beberapa aplikasi kesehatan keluarga terbaik bisa kamu manfaatkan untuk memantau kondisi tubuh agar tetap bugar setiap harinya. Kita juga dapa mengedukasi anggota keluarga lain dengan memanfaatkan fitur yang ada pada aplikasi tersebut. Yuk, kita simak review selengkapnya.

Halodoc

Halodoc - Aplikasi Kesehatan Keluarga

Halodoc merupakan aplikasi kesehatan keluarga yang cukup terkenal di Indonesia, dimana pihak developer sendiri rajin melakukan promosi di berbagai media baik online maupun offline. Aplikasi ini menawarkan layanan beragam layanan kesehatan seperti tanya dokter, beli obat, cek lab dan kunjungi rumah sakit.

Halodoc mampu memangkas dan menyederhanakan layanan kesehatan yang sebelumnya berbelit - belit menjadi lebih ringkas. Pengguna hanya perlu mengakses lewat gadget dari rumah tanpa khawatir dengan beragam birokrasi layaknya layanan konvensional.

Berikut beberapa fitur yang terdapat pada aplikasi Halodoc :

  • Chat Dokter, berupa layanan untuk pengguna yang sedang mempunyai masalah kesehatan atau membuttuhkan informasi tertentu, dimana mereka dapat melakukan chat atau percakapan langsung dengan dokter umum maupun spesialis.
  • Beli Obat berupa layanan pemesanan obat yang akan diantar langsung dalam kondisi tersegel rapi. Pengguna dapat membeli beragam obat, vitamin dan cream perawatan wajah maupun kulit. Oiya, kamu dapat mengupload resep dan membeli lewat Halodoc, hal ini dapat dilakukan untuk menghindari kesalahan jika membeli sendiri.
  • Cek Lab merupakan layanan khusus cek lab di rumah yang lebih mudah dan simpel, dimana kamu dapat memilih Prodia yang telah bekerjasama dengan Halodoc.
  • Kunjungi Rumah Sakit berupa layanan untuk mencari dan membuat janji dengan dokter tertentu melalui Halodoc, sehingga pengguna tidak perlu antri antri adiminstrasi dan bisa langsung masuk ruang konsultasi dokter.
  • Catatan Kesehatan berupa riwayat mengenai semua aktivitas kamu, misalnya percakapan dengan dokter, pembelian obal, hasil pemeriksaan lab. Semuanya tercatat rapi yang dapat kamu akses sewaktu - waktu.
  • Fitur reminder yang akan mengingatkan kamu mengenai jadwal minum obat, dapat diatur sesuai dengan kebutuhan.
  • Terdapat beragam artikel kesehatan yang akan menambah pengetahuan kamu, dimana informasi yang disajikan berasal dari sumber terpercaya.

Semua transaksi dan percakapan akan di jaga kerahasiaannya oleh pihak Halodoc. Jadi, kamu tidak perlu khawatir mengenai hal tersebut. Selain itu, transaksi pada Halodoc memiliki beberapa metode pembayaran yang dapat kamu pilih sesuai keinginan.

Halodoc memperoleh rating tinggi pada Google Play Store yaitu sekitar 4.8 bintang. Dengan jumlah unduhan telah mencapai 1 juta lebih. Sepertinya aplikasi ini memang cukup digemari oleh para penggunanya.

YesDok

YesDok - Aplikasi Kesehatan Keluarga

Yesdok merupakan aplikasi kesehatan keluarga yang akan mempermudah pasien untuk menanyakan penyakit yang di alami kepada dokter, sehingga pengguna tidak perlu menempuh perjalanan ke rumah sakit serta menunggu antrian. Aplikasi ini menawarkan konsultasi dokter selama 24 jam, yang bisa dilakukan melalui video dan live chat.

Berikut beberapa fitur yang terdapat pada aplikasi Yesdok :

  • Layanan konsultasi bersama dokter selama 24 jam melalui panggilan video, telepon dan chat. Jenis informasi yang bisa kamu tanyakan misalnya mengenai alergi, batuk, pilek berkelanjutan, perihal bayi dan anak, vaksin, kehamilan atau kandungan, darah tinggi, diabetes, masalah kulit, sakit pinggang dan sebagainya.
  • Fitur riwayat konsultasi dimana tim dokter yang bekerjasama dengan Yesdok, akan secara otomatis memberikan catatan medis secara terstulis setiap kali kamu berkonsultasi. Pencatatan medis sendiri terdiri dari perkiraan diagnosis, penanganan pertama, rekomendasi obat, hal yang perlu diperhatikan dan rekaman konsultasi.
  • Pembelian obat secara langsung melalui Yesdok yang akan diantar ke tempat tinggal pasien. Jadi, kamu tidak perlu repot pergi ke apotik.
  • Beragam artikel dan informasi seputar kesehatan yang terpercaya dan bermanfaat untuk menambah pengetahuan kamu.
  • Fitur singkronisasi dengan Smart Watch agar kamu mampu memantau akhivitas harian dalam rangka meningkatkan kondisi tubuh agar tetap bugar dan sehat.

Apliksi Yesdok ini mampu mencapai perolehan rating sebesar 5 bintang, dengan jumlah unduhan sekitar 100 ribu lebih, berdasarkan informasi dari Play Store. Cocok deh untuk membantu mempermudah informasi kesehatan kamu.

Lily Tracker

Lili Tracker - Aplikasi Kalender Menstruasi

Lily Tracker merupakan aplikasi kesehatan keluarga yang di khususkan bagi kaum wanita, membahas seputar periode datang bulan yang biasa dialami oleh perempuan. Secara garis besar, aplikasi ini akan membantu kamu untuk mengetahui dan memantau siklus haid, masa subur, ovulasi dan kemungkinan terjadinya kehamilan.

Berikut beberapa fitur yang terdapat pada aplikasi Lily Tracker :

  • Melacak siklus dan masa haid kaum wanita.
  • Fitur pencatatan tanggal mulai, selesai dan alur datang bulan.
  • Terdapat kalender kesuburan sebagai bahan informasi dan referensi perihal kehamilan.
  • Fitur analisis siklus haid terkini dan terdahulu untuk pelacakan menstruasi.
  • Terdapat kalkulator untuk memprediksi masa haid yang akan datang.

Nah, jika kamu adalah seorang wanita, sepertinya penting untuk mempunyai aplikasi Lily Tracker ini. Penggunanya cukup banyak sekitar 5 juta lebih dengan nilai rating sebesar 4.8 bintang.

Tanya Jawab

FAQ Aplikasi Kesehatan Keluarga
  • Bagaimana Cara Memilih Aplikasi Kesehatan Terbaik?

    Dalam dunia kesehatan, kita tidak boleh mengambil informasi secara sembarangan, apalagi dari sumber yang tidak terpercaya. Sehat itu penting, cara untuk memilih aplikasi kesehatan keluarga terbaik yaitu lihat dulu sumbernya, siapa pembuat aplikasi dan rating yang diperoleh pada Play Store.

  • Manakah Aplikasi Kesehatan Terbaik?

    Setelah melakukan pencarian dan analisa pada beragam aplikasi kesehatan di Google Play Store. Herfia memilih dan merekomendasikan aplikasi kesehatan keluarga terbaik yaitu Halodoc, Yesdoc dan Lily Tracker.

Kesimpulan

Kemajuan teknologi smartphone, akhirnya mampu mempermudah aktivitas manusia termasuk dalam bidang kesehatan. Para pengembang perangkat lunak bekerjasama dengan tenaga medis, meluncurkan sebuah aplikasi kesehatan keluarga, yang nantinya bermanfaat untuk membantu umat manusia.

Nilai postitifnya adalah kemudahan untuk berkonsultasi, mendapat informasi, membeli keperluan obat secara resmi dari resep dokter dan beragam hal lain yang berhubungan dengan kesehatan. Cukup menarik bukan?

Penulis memilih dan merekomendasikan tiga aplikasi kesehatan keluarga terbaik yang pantas untuk kamu lirik yaitu Halodoc, yesdok dan Liliy Tracker. Kira - kira, manakah yang akan kamu pilih atau sudahkan kamu mencoba salah satunya?

Demikian pembahasan kali ini, semoga dapat menjadi referensi dan bermanfaat untuk semua sahabat Herfia.

Sponsor

Tentang Penulis

" Mungkin tidak banyak kebaikan yang bisa kulakukan, hanya sedikit goresan pena ini yang berharap bisa bermanfaat untuk semuanya. By Herfia."

rocket linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram