Sponsor
Aplikasi Kehamilan Terbaik

3 Aplikasi Kehamilan Terbaik di Android Edisi 2020

Penulis Herfia
Sponsor

Aplikasi Kehamilan - Ketika pasangan yang baru menikah mengetahui bahwa istrinya sedang mengandung anak pertama, tentunya fakta ini menjadi kabar bahagia. Sang ibu dan ayah akan memberitahu kepada anggota keluarga lainnya, kemudian memulai jadwal konsultasi ke dokter kandungan.

Calon ibu tersebut akan mulai membatasi makanan tertentu, memperhatikan nutrisi dan kesehatan untuk diri serta janin yang di kandungnya. Tahukah kamu, pemanfaatan teknologi smartphone sudah merambah ke dunia kesehatan.

Nah, melalui aplikasi kehamilan yang dipasang pada HP, bunda akan mendapat informasi perihal kandungan dan perkembangan kesehatan seputar kehamilan tersebut. Namun, yang patut diperhatikan adalah aplikasi hanya bersifat informatif dan tidak dapat menggantikan peran dokter profesional.

Kali ini, Herfia akan merekomendasikan beberapa aplikasi kehamilan terbaik yang dapat bunda pakai. Karena aplikasi ini bersifat kesehatan, kami mempertimbangkan kriteria dengan ketat, sebagai unsur waspada dan hati - hati.

Berikut beberapa kriteria kami dalam pemilihan aplikasi kehamilan :

  • Aplikasi kesehatan harus dibuat oleh sumber yang terpercaya, kami memilih developer perusahaan atau komunitas, bukan perorangan. Karena saat ini, siapa saja memang bisa membuat aplikasi android, dengan mengedepankan sebuah lembaga, paling tidak informasi yang tersedia bersifat relatif akurat sesuai dengan fakta.
  • Rating pada toko resmi Google Play Store harus bagus, perolehan rating yang rendah langsung saya eliminasi.
  • Tampilan antar muka, kemudahan pemakaian aplikasi dan sebagainya menjadi nilai plus yang akan saya pertimbangkan.

Nah, berdasarkan kriteria yang saya sebutkan di atas, akhirnya terpilih aplikasi kehamilan terbaik untuk ponsel android sebagai berikut.

Kehamilan +

Kehamilan +

Kehamilan+ merupakan aplikasi kehamilan terbaik yang pantas menduduki peringkat satu dari sederet aplikasi kehamilan yang ada di Play Store. Tahukah kamu, bahwa Kehamilan+ dikembangkan oleh sebuah perusahaan internasional yaitu Philips Comsumer Lifestyle B.V.

Philips Comsumer Lifestyle sendiri ialah divisi dari perusahaan elektronik berskala multinasional yang berasal dari Belanda yaitu Philips. Gimana, baru tahu kan? Pastinya aplikasi tersebut dibuat secara profesional dengan isi konten yang terpercaya.

Kehamilan+ telah dilengkapi dengan saran dari para dokter sehingga bunda dapat mengetahui perkembangan bayi. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga dilengkapi dengan artikel blog harian dan tips perawatan untuk para ibu.

Terkadang sebagian bunda merasa kewalahan dengan banyaknya saran kehamilan diluar sana. Nah, aplikasi ini akan memandu calon ibu melalui masa kehamilan dan memberi informasi tentang perkembangan bayi.

Berikut beberapa fitur yang bisa mama peroleh dari aplikasi Kehamilan + :

  • Informasi panduan kehamilan mingguan yang terperinci, untuk memberitahukan kepada bunda perihal apa yang diharapkan dalam perkembangan buah hati.
  • Dapat melihat perkembangan bayi yang tersedia dalam model interaktif tiga dimensi.
  • Ada juga Informasi kehamilan harian, bunda makin rajin deh membuka Kehamilan+.
  • Fitur penghitung tendangan, dan waktu kontraksi serta kalender kehamilan.
  • Fitur catatan berat badan, 1000 nama bayi, daftar belanja perlengkapan bayi dan perkiraan tanggal persalinan.

Oiya, bunda bisa mempelajari lebih lanjut mengenai olahraga, makanan dan perubahan gaya hidup yang disarankan untuk calon ibu. Bukan hanya itu, kita juga bisa mendapatkan tips kira - kira kapan mulai mengambil cuti melahirkan, dan apa yang harus dihindari saat hamil.

Jumlah pengguna aplikasi Kehamilan+ cukup banyak sekitar 10 juta pengguna, namun pihak pengembang mengklaim telah membantu lebihdari 30 juta calon ibu yang memakai aplikasi tersebut. Rating yang diperoleh juga sangat bagus yaitu 4.7 bintang. Gimana, apakah kamu tertarik?

The Asian Parent

TheAsianParents - Aplikasi Kehamilan

Aplikasi TheAsianParent dikembangkan oleh komunitas dan perusahaan media berbasis teknologi yang memiliki cabang di 12 negara. Visinya ialah membantu orangtua untuk menjalani kehamilan dan membesarkan anak - anak yang sehat.

Beragam fasilitas dan fitur tersedia dengan lengkap pada TheAsianParent, yang akan memberikan detail informasi yang bermanfaat untuk orangtua, dalam menjalani masa kehamilan bunda ataupun pasca kelahiran dalam hal pola asuh anak. Oiya, theAsianparent berkembang berdasarkan komunitas parenting yang di klaim terbesar di dunia.

Berikut fitur yang ada di aplikasi The Asian Parent :

  • Pemantau kehamilan calon ibu maupaun bayi untuk memastikan bunda dan buah hati selalu sehat serta bahagia.
  • Melacak dan mengetahui perkembangan bayi setiap hari hingga usia 7 tahun.
  • Kalender kehamilan agar bunda tahu mengenai apa yang diharapkan setiap hari.
  • Berbagai tips pengasuhan anak, perawatan bayi, jadwal menyusui, ntrisi, saran makanan dan beragam tip lain yang bisa kita pelajari.
  • Fitur mencari nama calon buah hati yang keren sebagai referensi untuk orangtua.

The Asian Parent memperoleh pencapaian rating 4.8 bintang dengan jemlah pengguna sekitar 1 juta lebih. Selain itu, aplikasi ini telah di review sekitar 61 ribu pengguna, berdasarkan data dari Play Store.

Hallo Bumil

Hallo Bumil - Aplikasi Kehamilan

Hallo Bumil merupakan aplikasi kehamilan interaktif buatan Indonesia yang dikembangkan oleh PT Cakra Radha Mustika. Aplikasi ini akan membantu mendampingi bunda dalam melewati persiapan masa kehamilan dan tumbuh kembang anak.

Hallobumil melakukan pendekatan yang berbeda yaitu memberikan informasi dengan gaya yang unik, seolah - olah bunda seperti diajak ngobrol oleh sang buah hati, mengenai tumbuh kembangnya sejak di dalam kandungan sampai lahir ke dunia.

Berikut beberapa fitur yang bisa bunda peroleh dari aplikasi Hallo Bumil :

  • Fitur kalender kesuburan yang memperkirakan masa subur dalam persiapan kehamilan.
  • Timeline kehamilan membantu bunda mendapatkan detail perkembangan kehamilan secara mingguan.
  • Timeline perkembangan anak akan membantu memberikan informasi tepat guna sesuai dengan fase dan pertumbuhan perkembangan yang sedang dihadapi oleh bunda.
  • Fitur trancker pertumbuhan, tidur dan menyusui.
  • Beragam tips dan artikel yang menarik untuk menambah wawasan mama.

Hallobumil memperoleh pencapaian rating 4.4 bintang, dengan 10 ribu lebih ulasan. Bukan hanya itu, aplikasi ini telah di pasang sekitar 1 juta pengguna.

Tanya Jawab

FAQ Aplikasi Kehamilan
  • Aplikasi Kehamilan Manakah Yang Terbaik?

    Herfia memilih dan merekomendasikan aplikasi Kehamilan+ yang menduduki peringkat satu. Pertimbangannya, aplikasi tersebut dibuat oleh pengembang tercpercaya yaitu Philips Comsumer Lifestyle, sehingga konten yang ada tentunya relatif dapat dipercaya.

  • Apakah Aplikasi Kehamilan Tersebut Berbahasa Indoensia?

    Tentu saja semua aplikasi yang penulis jelaskan sudah mendukung bahasa indonesia.

  • Bagaimana Cara Menggunakan Aplikasi Ibu Hamil?

    Bunda cukup pasang salah satu aplikasi seperti Kehamilan+, theAsianparent dan Hallobumil.

Kesimpulan

Dalam memakai aplikasi kesehatan diperlukan adanya sikap waspada, dengan hanya memasang aplikasi yang dibuat oleh lembaga atau perusahaan. Hal ini bertujuan agar kita lebih yakin bahwa isi kontennya memang dapat dipercaya.

Nah, penulis memilih beberapa aplikasi yang pantas direkomendasikan yaitu Kehamilan+, theAsianparents dan hallo bumil. Dengan demikian, mama akan mendapat informasi kehamilan yang lebih detail. Satu hal yang perlu di garis bawahi adalah aplikasi hanya bersifat informatif, tidak untuk menggantikan peran dokter kandungan.

Demikian pembahasan kali ini, semoga dapat menjadi referensi dan bermanfaat untuk semua sahabat Herfia. Kira - kira mana yang kamu pilih? Selamat berbahagia untuk bunda di rumah.

Sponsor

Tentang Penulis

" Mungkin tidak banyak kebaikan yang bisa kulakukan, hanya sedikit goresan pena ini yang berharap bisa bermanfaat untuk semuanya. By Herfia."

rocket linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram