4 Aplikasi Chat Android Terbaik Yang Wajib Kamu Coba

Mungkin ada Aplikasi Chat Android keren yang belum kamu ketahui, berbeda dari yang sudah ada selama ini. Mau tahu?

Chatting (obrolan atau interaksi diantara dua orang atau lebih yang saling berjauhan) pada awalnya populer di perangkat komputer dengan aplikasi Yahooo Messenger. Pada saat itu, hampir semua pengguna PC pasti memasang aplikasi chatting tersebut.

Yahoo Messenger sudah resmi ditutup, karena perubahan minat pengguna komputer yang beralih ke Smartphone. Perkembangan zaman ini mempengaruhi tren berbagi pesan beralih ke perangkat mobile.

Android mampu menggebrak dominasi OS mobile seperti symbian, ios dan windows phone. Kemudian menjadi OS paling populer sejagat.

Nah, aplikasi chatting android cukup banyak dengan kompetisi yang ketat. Beberapa diantaranya mampu meraih jutaan pengguna di seluruh dunia. Mungkin kamu sudah mengetahui sebagian aplikasi chatting dan ada juga yang belum diketahui.

Mengirim pesan singkat melalui sms sudah mulai ditingggalkan, karena keterbatasan dan biaya yang relatif mahal jika dibandingkan dengan chatting. Saat ini, sms hanya digunakan untuk mengetahui nomor telepon sendiri, mengecek sisa kuota atau pesan resmi dalam pekerjaan.

Keuntungan aplikasi chatting daripada sms konvensional :

  • Biaya yang relatif lebih murah daripada sms konvesional.
  • Jumlah karakter pesan di dalam chatting tidak di batasi, sedangkan karakter pesan sms terbatas.
  • Chatting mendukung isi pesan yang lebih baik, tidak hanya teks saja, melainkan bisa mengirim gambar, emoticon, audio, dokumen, foto, video dan lokasi.
  • Aplikasi chatting mendukung panggilan suara dan panggilan video.
  • Biaya hanya dikenakan untuk paket internet, sedangkan sms dikenakan biaya setiap pesan dikirim.
  • Kemudahan dan keunggulan lain lebih banyak di aplikasi chatting.
  • Chatting merupakan tren masa depan yang menggantikan sms.

Berikut beberapa aplikasi chatting android terbaik pilihan herfia.

1. Hike

aplikasi chat android hike

Hike merupakan aplikasi chatting android terbaik menurut pendapat herfia. Mendukung moment yang menjadi ciri khas Black Berry Messenger, stiker yang menjadi andalan Line dan fitur chat setara WhatsApp. Semuanya di gabung menjadi Hike.

Hike menyediakan emoticon standar WhatsApp dan emoticon lucu lain yang baru pertama kali saya lihat. Mau tahu? Cek saja sendiri, yang pasti lucu-lucu juga keren abis.

Stiker pada Hike cukup banyak, lucu dan bervariasi. Tidak kalah dengan aplikasi chat sejenis. Ada beberapa stiker yang mejadi favorit saya. Terdapat 30.000 lebih stiker yang bisa kamu pasang gratis. Woww...keren. Ada lagi gan, apapun yang kamu ketik bisa di konversi menjadi stiker secara otomatis.

Tersedia juga menjawab pesan secara cepat, pesan berbintang, pesan pribadi jika kamu ingin obrolan yang tersembunyi. Komunikasi di dalam Hike di enkripsi dengan teknologi AES 128-bit dan 2048 RSA.

2. WhatsApp

Aplikasi Chat Android WhatsApp

WhatsApp merupakan aplikasi chat android sejuta umat, yang paling populer di muka bumi ini dan sudah dimiliki oleh Facebook.

Untuk whatsapp sepertinya sudah tidak perlu saya jelaskan secara terperinci. Sebagian besar orang sudah mengetahui perihal aplikasi ini.

Secara garis besar, whatsapp bisa mengirim pesan teks, emoticon, gambar, foto, stiker, lokasi, melakukan panggilan suara dan video serta mengirim dokumen.

WhatsApp menambah beberapa fitur andalan sepperti grup dan whatsapp web.

Baca :

3. Telegram

aplikasi chat android telegram

Kepopuleran Telegram sempat naik daun ketika WhatsApp pernah mengalami gangguan atau di blokir sementara oleh pemerintah karena suatu hal tertentu.

Telegram merupakan aplikasi chat android yang lebih fokus pada kecepatan dan keamanan. Tampilan yang simpel, sederhana tetapi mudah di gunakan. Sepetinya menjadi kompetitor WhatsApp.

Mungkin kamu salah satu yang memasang WhatsApp dan Telegram sekaligus.

Kelebihan yang paling saya rasa yaitu memiliki Telegram versi desktop bukan web. Dapat berjalan di semua sistem operasi seperti Windows, Mac OS dan Linux. Selain itu, telegram paling handal dalam management grup.

Grup memungkinkan anggota lebih dari 200 ribu orang, dimana pengguna dapat menemukan dan bergabung grup tertentu dengan mencarinya langsung melalui telegram. Menjadi media yang bagus untuk hosting komunikasi online dan mengkoordinasikan kerja tim.

Telegram tidak membatasi ukuran file yang dikirim, dimana seluruh riwayat percakapan tidak akan memakan ruang di dalam ponsel kamu. Karena tersimpan aman di cloud telegram selama kamu membutuhkannya. Keren bukan. Selain itu, isi pesan di enkripsi untuk menjaga privasi kamu.

4. Viber

aplikasi chat android viber

Viber merupakan aplikasi chat gratis untuk android. Kamu bisa mengirim pesan teks, gambar, foto, video dan stiker. Selain itu, viber mendukung panggilan suara maupun video.

Sama seperti aplikasi chat sejenis, pesan yang dikirim akan di enkripsi secara otomatis. Grup mendukung perserta sebanyak 250 orang. Aplikasi ini cepat dan ringan dengan tampilan antar muka yang sederhana seperti yang lain.


Kesimpulan :

WhatsApp dan Telegram memang paling banyak dipakai di negara indonesia. Namun, tidak ada salahnya jika kamu mencoba aplikasi chat yang lain. Saya hanya memilih 4 yang terbaik saja.

Masih ada Line ( sayang agak berat ), We Chat ( saat ini sudah jarang peminat ) dan beberapa aplikasi chat yang lain.

Demikian penjelasan mengenai 4 Aplikasi Chat Android Yang Wajib Kamu Coba, semoga bisa menjadi referensi sahabat herfia.

Artikel lain :

Penulis Herfia

"Sebagian kata atau kalimat mungkin merupakan opini pribadi. Jika ada isi konten maupun gambar yang memiliki Hak Cipta, dapat menghubungi kami melalui halaman Kontak, agar dapat kami perbaiki."

Copyright 2019 Herfia