Hal Yang Wajib Anda Ketahui Sebelum Rooting HP

hal-yang-wajib-anda-ketahui-sebelum-rooting-hp-herfia

Root ponsel android lebih mudah dilakukan tanpa menggunakan komputer, relatif aman dan memiliki resiko yang kecil. Caranya pun lebih simpel daripada root menggunakan PC.

Tahukah anda apa itu root? Root atau rooting HP android ialah sebuah tindakan permintaan akses agar memiliki akses izin sebagai root atau administrator pada perangkan yang berjalan pada sitem operasi berbasis android. Dengan akses root, pengguna akan mendapatkan kontrol yang lebih tinggi pada perangkat.

Apa saja Hal Yang Wajib Anda Ketahui Sebelum Rooting HP ?

Dengan diperolehnya akses root, pengguna akan memiliki hak akses penuh terhadap perangkat sehingga bebas melakukan modifikasi atau tweak terhadap ponsel tersebut. Bahkan dapat menggantri ROM atau membuat porting ROM android sendiri.

Cara-Root-min

Pada dasarnya, ponsel android yang dikeluaran oleh pihak produsen tidak memiliki akses root. Fungsi dan kegunaan nya dibatasi berdasarkan konfigurasi sistem yang diberikan oleh pihak produsen pemegang merk masing-masing.

Baca Juga :

Nah, dengan alasan kebebasan kontrol yang lebih tinggi, para pengguna ponsel android banyak yang merubah kondisi ponsel yang semula non root menjadi root.

Kelebihan Rooting Android

  1. Dapat mengatur perizinan dari semua aplikasi yang di pasang.
    Setiap aplikasi yang terpasang pada ponsel android biasanya meminta perizinan tertentu, bahkan aplikasi bawaan seperti Play Store juga. Misalnya, play store meminta hak perizinan untuk mengakses lokasi anda, mengakses daftar nama kontak, mengakses pesan sms dan lainnya.Nah, dengan akses root, anda dapat mengatus perizinan dari semua aplikasi bawaan, aplikasi yang di pasang sendiri maupun perizinan dari sebuah game. Anda dapat mengatur apa yang boleh dan tidak boleh di akses, privasi anda ialah milik anda sendiri.
  2. Dapat melakukan update sistem operasi sendiri.
    Nah, ini dia yang paling banyak dikeluhkan oleh semua pengguna android di dunia. Bayangkan ketika sistem operasi android di ponsel anda hanya mentok di kitkat, mentok di lolipop atau mentok di marshmallow.Hampir semua produsen mengabaikan update sistem operasi pada ponsel lama. Jika anda ingin mempunyai ponsel dengan android versi terbaru, maka anda di paksa harus membeli ponsel baru. Trik proodusen ponsel.Nah, dengan akses root, anda dapat melakukan update sistem operasi android sendiri ke versi yang paling baru tanpa harus membeli ponsel baru.
  3. Mengatur, mengubah tampilan dan memodifikasi ROM bawaan.
    Terkadang, rom android bawaan pabrik mempunyai tampilan yang kurang menarik atau memiliki aplikasi bawaan yang banyak sekali dan tidak berguna buat anda atau rom bawaan pabrik terasa lambat sekali padahal aplikasi yang terpasang hanya sedikit.Nah, lagi-lagi dengan akses root anda dapat merubah tampilan bawaan pabrik, anda dapat membuang dan menonaktifkan aplikasi bawaan pabrik yang kurang berguna, anda juga dapat melakukan pengaturan untuk mempercepat rom bawaan pabrik.
  4. Dapat memakai aplikasi yang membutuhkan akses root.
    Ada beberapa aplikasi tertentu yang hanya bisa digunakan jika ponsel anda sudah dalam keadaan root. Nah, dengan begitu anda dapat memasang aplikasi apapun yang anda inginkan tanpa mengalami kendala.

Kekurangan Rooting Android

Apa-itu-root(1)

Melakukan rooting pada ponsel android juga memiliki kekurangan nya. Nah berikut ulasannya :

  1. Garansi ponsel hilang.
    Setiap perbuatan rooting android biasanya akan menghilangkan garansi HP anda. Produsen akan menolak segala klaim garansi jika ponsel dalam keadaan root. Untuk masalah garansi ini, sebaiknya anda memikirkannya secara matang sebelum memutuskan untuk rooting HP.
  2. Ponsel menjadi bootloop atau mati total.
    Kesalahan ketika melakukan rooting akan mengakibatkan ponsel anda bootloop atau yang lebih parah mati total.Ketika ponsel bootloop, anda harus melakukan flash ulang. Tapi, jika ponsel mati total lebih rumit lagi, bahkan flash ulang pun tidak bisa dilakukan, harus dengan cara lain.
  3. Keamanan yang kurang terjamin.
    Resiko keamanan pada ponsel yang sudah di rooting cukup tinggi. Bahaya keamanan ini patut di waspadai. Ketika sebuah aplikasi jahat mengambil akses root, maka resikonya apapun bisa terjadi pada ponsel anda ketika aplikasi jahat tersebut beroperasi.

Cara Rooting HP Android

  • Rooting tanpa menggunakan komputer.
    Cara rooting ini biasanya hanya menggunakan aplikasi rooting saja. Rooting tanpa menggunakan komputer merupakan cara paling cepat, paling simpel dan paling mudah.
  • Rooting dengan menggunakan komputer.
    Rooting dengan menggunakan komputer ditempuh jika cara pertama tanpa komputer gagal. Itu berarti ponsel anda memiliki proteksi keamanan yang cukup kuat. Siapkan kabel data, driver ponsel dan bahan lainnya untuk melakukan rooting lewat komputer.

Nah, setelah membaca ulasan saya diatas, anda dapat mempertimbangkan baik dan buruknya melakukan rooting HP. Bacalah baik-baik langkah demi langkah perihal rooting ponsel, sesuai dengan tipe ponsel yang anda miliki, jika anda memutuskan untuk root HP. Karena cara rooting berbeda untuk setiap tipe ponsel.

Demikian sedikit penjelasan dari saya, semoga dapat memberi wawasan untuk anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *